Comscore Tracker

5 Museum Batik di Indonesia, Wisata sambil Edukasi, nih!

Kalian bisa mengenal sejarah dan beragam macam batik di Indonesia

Batik, memang menjadi salah satu warisan budaya nenek moyang negara Indonesia. Sejak UNESCO menetapkan batik sebagai salah satu Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi, setiap tanggal 2 Oktober Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. 

Tak hanya di Indonesia, batik bahkan dikenal di mancanegara, lho. Oleh sebab itu, banyak turis asing yang memiliki minat tinggi terhadap kain batik. Meski begitu, kamu juga bisa mengenal lebih dalam seputar batik dengan berkunjung ke deretan museum berikut ini, lho.

1. Museum Batik Yogyakarta

5 Museum Batik di Indonesia, Wisata sambil Edukasi, nih!Pengunjung Museum Batik Yogyakarta (instagram.com/museumbatikyogyakartaofficial)

Jangan lupa untuk menyempatkan diri mampir ke Museum Batik Yogyakarta. Di museum ini, kamu tidak hanya sekadar berkunjung saja, tetapi kamu bisa lebih mengenal lagi varian motif dan corak dari budaya batik.

Museum Batik Yogyakarta terletak di Jalan Dr.  Sutomo No. 13A Bausasran Yogyakarta. Di tempat ini kamu juga bisa mengikuti pelatihan membatik juga, lho.

Harga tiket masuk dikenakan biaya Rp20 ribu per orang, sementara untuk mengikuti pelatihan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp40 ribu per orang. Untuk jam buka, Museum Batik Yogyakarta buka setiap Senin sampai Sabtu mulai pukul 10.00 WIB sampai 15.00 WIB.

2. Museum Batik Danar Hadi Surakarta

5 Museum Batik di Indonesia, Wisata sambil Edukasi, nih!Kunjungan Museum Danar Hadi (instagram.com/museumdanarhadi)

Museum ini menjadi salah satu museum batik yang paling banyak diketahui oleh publik. Museum tersebut terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 261 Sriwedari Kecamatan Laweyan Kota Surakarta.

Di museum ini, kamu juga bisa menemukan berbagai macam motif dan corak batik, serta pengalaman pembuatan batik secara langsung. Tiket masuk museum ini pun sangat terjangkau, untuk pelajar hanya dikenakan biaya Rp8 ribu per siswa, dan Rp35 ribu per orang untuk umum. Museum Danar Hadi Surakarta buka setiap hari Jumat hingga Sabtu pukul 10.00 WIB sampai 17.00 WIB.

3. Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

5 Museum Batik di Indonesia, Wisata sambil Edukasi, nih!Bale Nitik Rengganis di Museum Ullen Sentalu (instagram.com/ullensentalu)

Museum yang masih berada di provinsi Yogyakarta ini, tepatnya di Jalan Boyong Kaliurang, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Ada dua pilihan paket tur untuk tiket masuknya, pertama paket tur Adiluhung Mataram seharga Rp50 ribu per orang, dan paket Vorstenlanden sebesar Rp100 ribu per orang.

Museum ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu pukul 08.30 WIB hingga 16.00 WIB.

Baca Juga: Graha Mangrove Bontang, Destinasi Wisata Menarik Penuh Edukasi

4. Museum Batik Pekalongan

5 Museum Batik di Indonesia, Wisata sambil Edukasi, nih!Petugas Museum Batik Pekalongan sedang membersihkan Museum (instagram.com/museumbatikpekalongan)

Tempat ini tidak hanya bisa menjadi tempat rekreasi semata, kamu juga bisa mengenal lebih dalam tentang batik. Museum ini berlokasi di Jalan Jatayu No. 3, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Pekalongan.

Harga tiket museum ini pun terbilang murah, untuk dewasa hanya dikenakan Rp5 ribu, untuk pelajar dikenakan Rp 1.000 rupiah. Sedangkan untuk turis asing dikenakan Rp10 ribu per orang. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

5. Museum Seni Neka Ubud Bali

5 Museum Batik di Indonesia, Wisata sambil Edukasi, nih!Museum Seni Neka Ubud Bali (indonesia.travel.id)

Tidak lengkap rasanya jika ke Bali tanpa mengunjungi Museum Seni Neka Ubud Bali. Museum yang terletak di Jalan Raya Sanggingan, Campuhan, Kedewataan, Ubud, Bali ini memang memiliki beragam macam barang antik dan seni yang dapat kita lihat.

Selain itu, tempat ini kerap menyelenggarakan pameran internasional, lho. Tak lupa juga, di sini ada beragam jenis motif dan corak batik khas Bali yang dapat kalian lihat. Tempat ini bisa jadi salah satu referensi ketika liburan ke Bali, museum ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WITA sampai 17.00 WITA.

Nah, ada banyak, kan, ternyata museum di Indonesia yang memamerkan batik khas Nusantara? Yuk, sembari berwisata gak ada salahnya kalian turut belajar mendalami mengenai batik sebagai bentuk dukungan melestarikan budaya Indoensia.

Baca Juga: Sensasi Wisata Kuliner di Kebun Edukasi Lamsel, Ada Apa Aja Ya?

Ade Oktiana Photo Verified Writer Ade Oktiana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya