Comscore Tracker

Keren Banget! 5 Museum Ini Wajib Dikunjungi Saat Melancong ke Dubai

Gak melulu ke Burj Khalifa atau mall yang megah dan mewah!

Dubai merupakan salah satu primadona dari Uni Emirat Arab yang menawarkan berbagai keindahan bagi para pelancong. Dubai identik dengan gaya hidup mewah yang membuat turis berdecak kagum. Sayangnya kebanyakan wisatawan sering kali kurang tertarik dengan sejarah yang tidak kalah mengesankan dari kemegahan Dubai. 

Bisa jadi cara baru buat kamu menikmati waktu berlibur, berikut beberapa museum yang wajib kamu sambangi di Dubai. Dijamin bakal takjub dan terpesona deh dengan sejarahnya!

1. Museum Dubai

Keren Banget! 5 Museum Ini Wajib Dikunjungi Saat Melancong ke Dubaigetyourguide.com

Museum Dubai dulu bernama Benteng Al Fahidi yang terletak di kota tua Bur Dubai. Museum ini berada di antara beberapa pusat peninggalan Dubai yang terkenal seperti pasar tradisional tekstil dan jalur perdagangan laut yang ada sejak zaman dulu.

Museum Dubai adalah rumah bagi sejarah budaya dan tradisinya di Dubai. Museum ini bercerita tentang masa lalu dan bagaimana perkembangan serta visi dan kepemimpinan saat ini.

Di bagian depan museum kita akan disambut oleh koleksi perahu kuno dan senjata pertahanan yang dulu digunakan prajurit. Terdapat juga suasana perkebunan kurma di padang pasir  yang dilengkapi dengan sistem pengairan tradisional.

Kamu bisa menikmati keindahan museum yang buka sejak pukul 08.30-20.30 ini dengan membayar tiket seharga 3 Dirham atau kurang lebih senilai Rp12.000 saja lho!

2. Sheikh Saeed Al Maktoum House

Keren Banget! 5 Museum Ini Wajib Dikunjungi Saat Melancong ke Dubaiarabianbusiness.com

Seperti namanya tempat ini adalah bekas kediaman keluarga raja Sheikh Saeed Al Maktoum yang telah didirikan sejak 1894 dan dihuni hingga tahun 1958. Rumah yang kini jadi museum itu terletak di tepi Dubai Creek tepatnya di wilayah pemukiman Al Shindaga.

Museum ini berisi artefak dan gambar-gambar Dubai tempo lama yang bisa mewakili bagaimana keadaan perdagangan, arsitektur hingga perhiasan dan koin yang digunakan pada masa itu. 

Bagi kamu pecinta fotografi dijamin akan puas dan mendapatkan hasil foto yang apik di tempat yang satu ini, apalagi jika kalian mengabadikan momen terbaik pada saat malam hari. Biaya tiket masuknya juga sangat murah, yaitu sekitar 2 Dirham untuk orang dewasa dan 1 Dirham untuk anak-anak. 

Baca Juga: Wajib Dikunjungi, 6 Museum Unik Ini Cuma Ada di Pulau Jeju Lho!

3. Sharjah Natural History Museum

Keren Banget! 5 Museum Ini Wajib Dikunjungi Saat Melancong ke Dubainewasianfoodny.com

Sharjah adalah pusat sejarah untuk bagian seni, budaya dan alam yang menyenangkan serta memanjakan mata. Ketika masuk kita akan melewati bagian atraktif yang menampilkan miniatur luar angkasa. Tempat ini sangat cocok bagi orang tua yang membawa anaknya untuk berlibur sambil belajar. 

Bukan cuma berisi sejarah dan tempat kuno, museum ini juga memiliki cagar alam yang berisi satwa liar Arab. Para pengunjung bahkan bisa melihat sekilas bagaimana satwa-satwa berada di habitat aslinya, seperti cheetah, macan tutul, burung elang, serigala gurun dan burung flamingo.

Buat kamu yang gak sabar mau bermain di sini, siapkan budget sekitar 15 Dirham bagi orang dewasa dan untuk anak-anak tidak dipungut biaya alias gratis!

4. Museum Peradaban Islam Sharjah

Keren Banget! 5 Museum Ini Wajib Dikunjungi Saat Melancong ke Dubaiclicknetherfield.com

Kalau waktu liburanmu gak mau terbuang sia-sia coba deh sisihkan sedikit kocek sekitar 5-10 Dirham untuk berkunjung ke Museum Peradaban Islam Sharjah. Arsitektur museum ini dirancang seperti sebuah masjid yang lengkap dengan kubah besar yang megah. 

Para pengunjung akan disambut dengan pemandu wisata lokal yang ada dan diajak berjelajah melewatis setiap keindahan bagian bangunan seperti perpustakaan kuno, koleksi seni museum dan galeri ilmu pengetahuan serta teknologi. Bangunan yang megah dan luas ini dijamin bikin koleksi feed sosial media kalian jadi cantik!

5. Museum Nasional Al Ain

Keren Banget! 5 Museum Ini Wajib Dikunjungi Saat Melancong ke Dubaioffroadtoursad.ae

Qasr al-Ain atau yang lebih dikenal sebagai Al Ain National Musem menempuh waktu kurang lebih satu jam perjalanan dari Abu Dhabi. Museum ini termasuk salah satu budaya yang sangat dilestarikan oleh pemerintah karena memiliki kekayaan histori yang luar biasa. 

Tempat ini adalah kediaman almarhum Syekh Zayed bin Sultan Al Nahyan. Sebelum menjalani perbaikan di tahun 1966 istana ini masih dipamerkan dengan kondisi aslinya. Disini kamu juga bisa mencicipi teh dan kurma khas Arab yang diberikan secara gratis oleh pihak Museum. Gaya hidup hingga peralatan masak zaman dulu juga tersimpan dalam museum yang mengenakan tarif 3 Dirham bagi para pengunjungnya tersebut. 

Biar gak hanya membawa foto sebagai oleh-oleh kamu bisa banget nih mengunjungi ke berberapa museum di atas tadi. Dijamin gak akan menyesal deh bawa pulang sejarah dan wawasan baru!

Baca Juga: 7  Rooftop Terbaik di Dubai, Cara Unik Menikmati Kemewahan Kota

alys Photo Community Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You