Comscore Tracker

Tak Kalah Indah dengan Rinjani, Coba Daki 5 Bukit di Sembalun Ini

Alternatif pendakian Lombok selain Gunung Rinjani #LokalIDN

Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat menyimpan beragam tempat wisata yang indah dan bisa jadi destinasi liburanmu .Pulau yang satu ini selain dikelilingi dengan pantai-pantai yang indah, juga punya pesona Gunung Rinjani yang selalu memikat para pencinta alam dan pendaki gunung. 

Di kaki gunung Rinjani yang megah ini, kamu bisa menemukan sebuah surga kecil bernama Desa Sembalun yang berjarak sekitar 110 km atau kurang lebih 2 jam dengan kendaraan bermotor dari Mataram, ibu kota Nusa Tenggara Barat. Di sini kamu bisa merasakan kesegaran dan keindahan lahan pertanian di kaki Gunung Rinjani dari atas bukit-bukit yang mengelilingi tempat ini.

Berikut ini 5 bukit di Sembalun yang bisa kamu daki.

 

1. Bukit Pergasingan 

Tak Kalah Indah dengan Rinjani, Coba Daki 5 Bukit di Sembalun Iniinstagram.com/ariel_bm1

Bukit Pergasingan adalah salah satu bukit yang bisa kamu daki di Desa Sembalun. Bukit ini dinamakan pergasingan karena dulunya merupakan tempat para raja dan bangsawan dari berbagai penjuru lombok menggelar permainan gasing, namun alasan mengapa puncak bukit ini yang dipilih sebagai lokasi masih menjadi misteri.

Bukit yang satu ini biasa dimanfaatkan sebagai salah satu tempat pemanasan sebelum naik ke Gunung Rinjani atau alternatif pendakian saat jalur pendakian Gunung Rinjani ditutup.

Dengan ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, kamu membutuhkan waktu sekitar 3 jam mendaki bukit ini melewati jalur yang cukup curam. Namun semua rasa lelah akan terbayarkan saat sampai di puncak dengan pemandangan Desa Sembalun dan Gunung Rinjani.  

2. Bukit Anak Dara 

Tak Kalah Indah dengan Rinjani, Coba Daki 5 Bukit di Sembalun Iniinstagram.com/kakiberuang

Sama seperti bukit sebelumnya, kamu memerlukan tenaga ekstra mendaki bukit ini. Kamu membutuhkan waktu 2-3 jam perjalanan untuk sampai ke puncak bukit ini.

Di awal trek jalur pendakian gunung ini terlihat menyenangkan dan cukup landai dengan jalur ilalang dan hutan yang cukup lebat. Namun setelah itu, semakin mendekati puncak jalanan menuju puncak bukit ini semakin terjal sehingga kamu harus berhati-hati saat melewatinya.

Kamu juga akan menemukan beberapa camping ground untuk kamu yang ingin mendirikan tenda di sekitar bukit ini.

Baca Juga: 5 Lokasi Terbaik di Lombok untuk Melakukan Hiking, Rekomen Banget!

3. Bukit Nanggi 

Tak Kalah Indah dengan Rinjani, Coba Daki 5 Bukit di Sembalun Iniinstagram.com/riyanap_03

Menjulang tinggi di bagian timur wilayah sembalun, bukit Nanggi yang memiliki ketinggian 2300 meter di atas permukaan laut ini merupakan bukit tertinggi dalam deretan perbukitan di Sembalun. Meski dinamakan bukit, kamu butuh stamina ekstra untuk mencapai puncak bukit yang satu ini karena jalurnya yang cukup terjal dan tinggi. 

Tidak jauh berbeda dengan bukit lainnya, bukit Nanggi menawarkan pemandangan megahnya Gunung Rinjani dan hamparan pertanian di Desa Sembalun yang sangat memesona dan membuatmu takjub.

Kamu juga bisa mendirikan tenda dan memandang pemandangan senja atau pagi hari di tempat ini dan merasakan berada di atas awan.

4. Bukit Selong 

Tak Kalah Indah dengan Rinjani, Coba Daki 5 Bukit di Sembalun Iniinstagram.com/jobyrusendi

Buat kamu yang merasa tak sanggup mendaki Bukit Pengasingan, Bukit Nanggi, atau Bukit Anak Dara tapi ingin tetap menikmati Sembalun dari ketinggian, kamu tak perlu khawatir karena kamu bisa ke Bukit Selong. Kamu akan dimudahkan dengan anak tangga di awal pendakian.

Meski bukit ini lebih rendah dari bukit-bukit lain yang sudah disebutkan, bukit ini juga menawarkan pemandangan Sembalun yang tak kalah indahnya. 

5. Bukit Tangkok

Tak Kalah Indah dengan Rinjani, Coba Daki 5 Bukit di Sembalun Iniinstagram.com/semuuttt_

Tidak jauh dari Bukit Selong, kamu juga bisa menemukan Bukit Tangkok. Dari atas bukit tangkok ini kamu dapat melihat pemandangan Sembalun dengan latar perbukitan di sekitarnya yang lebih tinggi dan petak-petak lahan pertanian yang terlihat rapi.  Kamu juga bisa menemukan beberapa spot untuk kamu yang suka berswafoto di bukit yang satu ini.

Nah, itulah beberapa pilihan bukit yang bisa kamu daki dan bisa menjadi alternatif pendakian di  Lombok selain ke Rinjani. Kamu bisa memilih sesuai dengan waktu serta kemampuan yang kamu miliki.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu mematuhi dan memerhatikan protokol kesehatan setiap bepergian ya! 

Baca Juga: 10 Wisata Bukit di Indonesia Tengah dan Timur, Indahnya Bikin Terpana

Agithyra Nidiapraja Photo Verified Writer Agithyra Nidiapraja

https://www.instagram.com/nidiapraja/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya