Comscore Tracker

Wisata Sejarah, Ini 5 Benteng di Serbia yang Bisa Kamu Kunjungi

Salah satu negara bebas visa di Eropa bagi WNI

Buat kamu yang bingung ingin ke Eropa tapi tidak mau susah-susah mengurus visa, Serbia bisa menjadi pilihanmu. Negara ini merupakan satu dari dua negara bebas visa bagi WNI di Eropa.

Kamu bisa menemukan banyak hal menarik di negara Eropa yang satu ini, salah satunya adalah wisata sejarah dengan mengunjungi benteng-benteng dari masa lalu. Berikut ini 5 benteng di Serbia yang menarik untuk kamu kunjungi nanti. 

 

1. Benteng Golubac 

Wisata Sejarah, Ini 5 Benteng di Serbia yang Bisa Kamu Kunjungiinstagram.com/serbiatourism

Berdiri megah di pinggir Sungai Danube, benteng yang satu ini berada dekat Serbia Timur dekat perbatasan dengan Rumania. Dibangun pada abad ke 14, benteng yang memiliki sepuluh menara ini menjadi saksi dari banyak pertempuran antara Serbia dan Turki Ottoman.

Selain melalui jalur darat, kamu juga bisa melakukan perjalan dengan perahu melalui Sungai Danube untuk mencapai benteng yang satu ini. 

2. Benteng Ram 

Wisata Sejarah, Ini 5 Benteng di Serbia yang Bisa Kamu Kunjungitovg.org

Benteng yang satu ini dapat kamu lihat di Desa Ram. Benteng ini sudah berdiri sejak abad ke 15  di pinggir Sungai Danube dan menjadi saksi perebutan supremasi Kristen dan Islam.

Di masa lalu benteng ini merupakan garis pertahanan Turki dari Hongaria dan sempat dikuasai Austria di abad ke 18. Benteng berbentuk persegi panjang ini memiliki lima buah menara. 

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Wajib Mengunjungi Serbia Minimal Sekali Seumur Hidup

3. Benteng Smederevo

Wisata Sejarah, Ini 5 Benteng di Serbia yang Bisa Kamu Kunjungiinstagram.com/serbiatourism

Benteng ini dibangun pada abad ke 15 atas perintah penguasa Serbia saat itu, Durad Brankovic di Kota Smederevo. Benteng ini didirikan sebagai benteng pertahanan melawan invasi Turki saat itu. Walaupun begitu, benteng ini akhirnya berhasil ditaklukan Ottoman pada tahun 1459.

Kamu dapat melihat dan berjalan-jalan di sekitar benteng atau naik ke salah satu dari 25 menara dimana kamu bisa menikmati pemandangan Sungai Danube. Setiap musim panas di sekitar benteng ini selalu diadakan festival teater yang menarik untuk kamu kunjungi.

 

4. Benteng Beogard

Wisata Sejarah, Ini 5 Benteng di Serbia yang Bisa Kamu Kunjungiwikimedia.org

Benteng ini merupakan salah satu tempat wisata populer di Beograd yang merupakan Ibukota Serbia. Benteng yang satu ini memiliki sejarah panjang selama berabad-abad menjadi rebutan kerajaan-kerajaan masa lalu mulai dari Bizantium hingga ke masa Turki Ottoman.

Salah satu hal menarik di Benteng ini adalah kamu bisa menemukan Damat Ali Pasha yang didirikan pada tahun 1784, ini merupakan satu-satunya contoh arsitektur pemakaman Islam yang tersisa di Beograd.

Selain mengagumi benteng dan belajar sejarahnya, kamu juga bisa berjalan-jalan di Taman Kalemegdan yang terletak di dalam benteng. Kamu bisa menemukan banyak tempat-tempat menarik juga di sekitar halaman ini mulai dari paviliun seni hingga museum.

5. Benteng Petrovaradin 

Wisata Sejarah, Ini 5 Benteng di Serbia yang Bisa Kamu Kunjungiinstagram.com/serbiatourism

Benteng Petrovaradin berada di pinggir Sungai Danube di Kota Novi Sad. Benteng ini dibangun dari tahun 1692 hingga 1780 ini merupakan benteng terbesar kedua di Eropa.

Salah satu bagian menarik dari benteng ini adalah sebuah menara jam yang memiliki jarum kecil menunjukan menit dan jarum besar yang menunjukkan jam agar orang-orang dapat membaca waktu dari jarak yang sangat jauh.

Kamu bisa menemukan gudang senjata, paviliun pejabat, rumah sakit, hingga kota di bawah tanah. Kamu bisa berjalan di ruang bawah tanah sepanjang 16 kilometer yang berbentuk seperti labirin. Menariknya setiap bulan Juli, benteng ini selalu menjadi tempat berlangsungnya Festival Musik Exit.

Nah, itulah beberapa benteng yang menarik untuk kamu lihat saat mengunjungi Serbia. Masih banyak benteng-benteng lain juga yang bisa jadi pilihan wisata buat kamu yang suka dengan wisata sejarah di negara yang satu ini. Apa kamu tertarik untuk mengunjungi negara yang satu ini?

Baca Juga: 10 Hidangan Lezat Khas Serbia Ini Wajib untuk Dicoba, Bikin Nagih!

Agithyra Nidiapraja Photo Verified Writer Agithyra Nidiapraja

https://www.instagram.com/nidiapraja/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya