Comscore Tracker

Kaliningrad, Saksi Bisu Antara Perang Dunia dan Piala Dunia

#WorldCup2018 Kota penuh sejarah nih

Rusia sebagai tuan rumah piala dunia 2018 bisa dibilang sebagai negara yang memiliki sejarah yang panjang, terutama bagi kota-kota yang berbatasan atau berdekatan dengan tetangganya seperti kota Kaliningrad. Kota yang bersejarah ini menjadi dua saksi sejarah dunia yaitu perang dunia kedua dan piala dunia 2018 yang tengah berlangsung.

Berikut fakta-fakta menarik tentang kota bersejarah Kaliningrad:

1. Saksi bisu perang dunia kedua

Kaliningrad, Saksi Bisu Antara Perang Dunia dan Piala Duniahistoryonthenet.com

Kaliningrad awalnya merupakan sebuah kota milik kerajaan Jerman dengan nama Königsberg, Namun berdasarkan keputusan Potsdam Conference, Königsberg diberikan kepada Uni Soviet (Rusia) atas kemenangannya atas Nazi dan Fasisme. Peristiwa ini memakan 28 juta jiwa selama perang dunia kedua, sebelum akhirnya pada tahun 1945 resmi memiliki nama sebagai kota Kaliningrad.

2. Lebih dekat ke Berlin daripada Moskow

Kaliningrad, Saksi Bisu Antara Perang Dunia dan Piala DuniaUnsplash/Ricardo Gomez Angel

Sebuah fakta menarik bahwa berkendara dari Kaliningrad ke Ibukota Jerman lebih dekat daripada ke Ibukota Rusia, yakni hanya 570km ke Berlin dan 1200 km ke Moskow.

3. Tempat lahir Immanuel Kant

Kaliningrad, Saksi Bisu Antara Perang Dunia dan Piala Duniaunsplash/Giammarco Boscaro

Kaliningrad juga menjadi tempat kelahiran salah satu tokoh penting dunia Immanuel Kant, salah satu filsuf dan pemikir penting di dalam bidang filosofi modern. Saking dekatnya Immanuel Kant dengan Kaliningrad, makamnya pun berada pada Kaliningrad Cathedral.

4. Tempat digelarnya 4 pertandingan piala dunia 2018

Kaliningrad, Saksi Bisu Antara Perang Dunia dan Piala Duniaindependent.co.uk

Selain menjadi saksi perang dunia kedua, kaliningrad juga menjadi saksi perhelatan akbar sepak bolan dunia yaitu piala dunia 2018 Rusia. Kaliningrad Stadium dipercaya menggelar 4 pertandingan piala dunia, satu di antaranya adalah saat Inggris bertemu dengan Belgia pada 28 Juni 2018.

5. Kaliningrad Stadium menjadi venue yang multi-purpose

Kaliningrad, Saksi Bisu Antara Perang Dunia dan Piala Duniawelcome2018.com

Selain menjadi venue pertandingan sepak bola, ternyata Kaliningrad Stadium juga bisa dijadikan venue untuk event olahraga lain hingga gelaran konser. Setelah piala dunia 2018 usai, kaliningrad Stadium akan kembali menjadi markas tim sepak bola FC Baltika Kaliningrad.

Agung Destian Putra Photo Community Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You