Comscore Tracker

8 Kota Menawan di Cote d'Azur, Prancis yang bak Negeri Dongeng

Cote d'Azur juga dikenal sebagai French Riviera

Terletak di tepi pantai Mediterania, Cote d'Azur merupakan hidden gem yang wajib dikunjungi di Prancis. Ada banyak pelabuhan dengan kapal pesiar, hotel berbintang, restoran mewah, hingga pantai pribadi menyebabkan citra kehidupan mewah melekat di tempat ini.

Tak hanya itu, Cote d'Azur alias French Riviera pun memiliki beragam kota menarik yang dapat kamu datangi. Salah satunya adalah Cannes, kota tempat diselenggarakannya Cannes Film Festival yang populer. Berikut 8 kota menawan di Cote d'Azur, Prancis.

1. Briançon

8 Kota Menawan di Cote d'Azur, Prancis yang bak Negeri DongengBriancon di Cote d'Azur (instagram.com/cridu83)

Tak hanya indah, Briançon juga merupakan kota tertinggi di Prancis. Aneka bangunan tua sejak abad ke-14 memenuhi kota ini, seperti rumah, gereja, alun-alun, dan jalan-jalan sempit di dalamnya.

Briançon pun dikelilingi oleh benteng megah yang dibangun pada abad ke-18 hingga 20. Serasa berada dalam kastil negeri dongeng, nih!

2. Menton

8 Kota Menawan di Cote d'Azur, Prancis yang bak Negeri DongengMenton di Cote d'Azur (instagram.com/hello_france)

Kota pesisir ini cocok dikunjungi untuk rehat sejenak dari hingar bingar Prancis. Terletak di tepi laut, Menton dapat dibilang sepi dibandingkan dengan kota-kota Prancis lainnya.

Kerumunan turis tak akan kamu temui dalam gang-gang kecil penuh pertokoan di sini. Bahkan, banyaknya pantai di Menton pun tak dipadati pelancong, lho!

3. Marseille

8 Kota Menawan di Cote d'Azur, Prancis yang bak Negeri DongengVieux Port di Marseille, Cote d’Azur (instagram.com/croisieresmarseillecalanques)

Vieux-Port, pelabuhan tua yang populer di Prancis ini terdapat di jantung Marseille. Daya tarik lain kota ini ialah adanya kontras antara daerah penuh bangunan tua serta wilayah metropolitan yang modern.

Biara, balai kota, menara, dan aneka bangunan kuno ala Eropa lainnya masih dapat kamu temui di kota ini. Virgin of Notre Dame de la Garde Basilica lengkap dengan patung emasnya juga sayang untuk dilewatkan.

4. Antibes

8 Kota Menawan di Cote d'Azur, Prancis yang bak Negeri DongengAntibes di Cote d’Azur (instagram.com/exception.francaise)

Pemandangan kota abad pertengahan yang dikelilingi benteng di tepi laut akan kamu saksikan di Antibes. Kota ini juga memiliki vila-vila cantik bak istana lengkap dengan kolam renang, taman, dan ruang dansa.

Kunjungi pula Cap d'Antibes, sudut pantai indah di kota ini yang dihuni aneka spesies tanaman unik.

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata Cantik nan Menarik di Lyon, Prancis!

5. Avignon

8 Kota Menawan di Cote d'Azur, Prancis yang bak Negeri DongengPlace de l’Horloge di Avignon, Cote d’Azur (instagram.com/nicolesignanini)

Selain indah, kota ini juga kaya akan sejarah. Place de l'Horloge merupakan balai kota yang dibangun pada 1845 di lahan bekas istana. Benteng, menara tua, pertokoan, hingga kafe juga melengkapi tempat ini.

Popes' Palace yang dibangun pada abad ke-13 juga sayang dilewatkan. Dibangun oleh paus Benediktus XII dan Clement VI, kemegahan istana ini dijamin membuatmu takjub.

6. Cannes

8 Kota Menawan di Cote d'Azur, Prancis yang bak Negeri DongengCannes Film Festival 2021 di Cannes (instagram.com/galafr)

Kota ini terkenal dengan festival filmnya yang mendunia. Terletak di perbukitan, Cannes dipenuhi dengan pelabuhan, vila dan hotel mewah, kasino, hingga pasar bunga internasional. Jangan lupa untuk mampir ke Palais des Festivals, tempat diselenggarakannya agenda tahunan Cannes Film Festival.

7. Sisteron

8 Kota Menawan di Cote d'Azur, Prancis yang bak Negeri DongengBaume Rock di Sisteron (instagram.com/melly__vi)

Terletak di Napoleon Road, benteng dari abad pertengahan akan menyambutmu kala tiba di Sisteron. Kota yang dihuni aneka bangunan bergaya Romawi, alun-alun kecil, perumahan cantik, hingga museum ini memiliki gunung batu dengan bentuk super unik bernama Baume Rock.

Baume Rock, batu kapur dengan bentuk unik yang dijamin akan membuatmu takjub. Pemandangan indahnya dapat kamu saksikan dari atas benteng yang mengelilingi Sisteron.

8. Arles

8 Kota Menawan di Cote d'Azur, Prancis yang bak Negeri DongengAmfiteater kuno di Arles (instagram.com/toristadefrancia)

Daya tarik utama Arles ialah amfiteater Romawi kuno yang terletak di tengah kota. Bak adegan film, pertandingan banteng masih berlangsung di amfiteater ini, lho.

Lebih dari 20 ribu orang dapat memenuhi tempat ini untuk menyaksikan pertandingan secara langsung. Tertarik untuk ikut menontonnya?

Wah, rasanya ingin segera bersiap untuk liburan, ya? Dari 8 kota di atas, manakah yang paling ingin kamu kunjungi kala berlibur ke Cote d'Azur? 

Baca Juga: 9 Pesona Île de Batz, Destinasi Seru di Prancis yang Menyegarkan Mata

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya