Comscore Tracker

9 Destinasi Wisata Cantik nan Menarik di Lyon, Prancis!

Sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Prancis!

Jika mendengar kata Prancis, pasti yang terbesit di kepala ialah keindahan kota Paris dengan menara Eiffel, museum Louvre, hingga Arc de Triomphe nya yang menawan. Eits, tak hanya Paris, Prancis pun memiliki kota-kota lain yang tak kalah indah, lho!

Salah satunya adalah Lyon, kota yang juga memiliki segudang destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari museum, katedral, lorong rahasia, hingga taman kota terbesar di Prancis terdapat di sini. Yuk, simak ulasannya!

1. Vieux Lyon

9 Destinasi Wisata Cantik nan Menarik di Lyon, Prancis!instagram.com/vieuxlyon

Dahulu, Lyon pernah menjadi kota pusat industri sutra di Eropa pada abad ke-15 hingga 17. Banyak pedagang dari negara-negara lain yang berkunjung, bahkan menetap di Lyon. Mereka pun membangun pemukiman dengan gaya gotik dan klasik.

Hingga kini, pemukiman ini masih dapat kamu lihat di Vieux Lyon yang disebut juga dengan kota tua Lyon. Menarik banget untuk dikunjungi, nih!

2. Traboules of Lyon

9 Destinasi Wisata Cantik nan Menarik di Lyon, Prancis!visite-lyon.fr

Ingin merasakan berjalan di lorong rahasia bak film Holywood? Traboules of Lyon ialah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Kota Lyon memiliki sekitar 400 traboules alias lorong tertutup rahasia, tetapi tak semuanya dibuka untuk umum.

Pada abad ke-19, lorong-lorong ini pernah digunakan sebagai jalan pintas bagi para pekerja tekstil agar dapat tiba di tujuan lebih cepat dan terlindung dari cuaca buruk. Lalu, Traboules of Lyon beralih fungsi sebagai tempat pertemuan rahasia saat perang dunia ke-2, lho!

3. Musée des Confluences

9 Destinasi Wisata Cantik nan Menarik di Lyon, Prancis!jung.de

Museum yang satu ini merupakan salah satu ikon kota Lyon. Bagaimana tidak, bangunan berbentuk unik dengan kaca transparan yang melapisinya pasti mencuri perhatian siapapun yang melihatnya.

Musée des Confluences merupakan jenis museum yang menampilkan koleksi barang berbau sains dan humaniora. Dalam museum inilah kamu dapat mempelajari tentang planet bumi, teori evolusi, manusia, dan sejarah alam.

4. Basilica Notre-Dame of Fourvière

9 Destinasi Wisata Cantik nan Menarik di Lyon, Prancis!placesonline.fr

Gereja megah nan klasik dengan gaya arsitektur bizantium, gotik, dan romawi ini dibangun pada tahun 1872. Gereja ini pun memiliki 4 buah menara setinggi 48 meter, lho! Kubah dan kaca yang melapisi menara-menara tersebut menambah keindahan Basilica Notre-Dame of Fourvière. 

Bagian dalam bangunan ini pun dilapisi marmer dan granit berbagai warna serta aksen perak dan emas yang membuat gereja ini makin megah. Keindahan dan nilai sejarah gereja ini berhasil membuat Basilica Notre-Dame of Fourvière terdaftar sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Keren banget, ya!

 

Baca Juga: 5 Hidangan Pendamping dari Prancis yang Beragam dan Pastinya Enak

5. Musée des Beaux-Arts de Lyon

9 Destinasi Wisata Cantik nan Menarik di Lyon, Prancis!boutiquedemusees.fr

Terletak di jantung kota Lyon, Musée des Beaux-Arts de Lyon merupakan sebuah museum yang memamerkan berbagai macam karya seni yang pasti memanjakan mata para pecinta seni. Tahun 1801 menandai berdirinya museum megah yang satu ini.

Berbagai macam lukisan, pahatan, barang antik, medali, koleksi koin, hingga batu permata pun terdapat di museum ini, lho! 

6. Parc de la Tete d’Or

9 Destinasi Wisata Cantik nan Menarik di Lyon, Prancis!thisislyon.fr

Bukan sembarang taman, Parc de la Tete d’Or merupakan taman kota terbesar di Prancis, lho! Dibangun pada tahun 1857, taman ini cocok banget untuk melepaskan penat setelah lelah berjalan-jalan seharian.

Parc de la Tete d’Or  juga dilengkapi dengan kebun binatang, rumah kaca yang menyimpan berbagai jenis taman, danau dengan perahu, hingga miniatur rel kereta api. Ada banyak banget aktivitas yang dapat kamu lakukan di sini.

7. The Presqu'île

9 Destinasi Wisata Cantik nan Menarik di Lyon, Prancis!lyon.fr

The Presqu'île merupakan kawasan jantung kota Lyon yang terletak di antara sungai Rhône dan Saône. Pertokoan, restoran, teater, hingga museum seperti Musée des Beaux-Arts de Lyon pun terdapat di kawasan ini, lho! Tak hanya itu, terdapat pula bangunan, monumen, dan air mancur khas abad ke-19 di sini. Lengkap banget, deh!

8. Opéra de Lyon

9 Destinasi Wisata Cantik nan Menarik di Lyon, Prancis!hisour.com

Opéra de Lyon merupakan sebuah gedung teater bergaya kontemporer yang direnovasi pada tahun 1993 oleh arsitek Jean Nouvel. Bangunan dengan atap silinder yang dilapisi kaca ini pasti mencuri perhatianmu kala melihatnya. 

Bila sedang ada pertunjukan, atap kaca tersebut akan menyala dengan warna merah. Aula utama yang gedung ini mampu menampung 1.100 penonton di dalamnya, lho! Pecinta teater wajib merasakan sensasi menonton pertunjukkan di gedung teater ini, nih!

9. Cathédrale St-Jean-Baptiste

9 Destinasi Wisata Cantik nan Menarik di Lyon, Prancis!lankaart.org

Katedral klasik bergaya romawi dan gotik ini terletak di kawasan Vieux Lyon. Cathédrale St-Jean-Baptiste dibangun dalam kurun waktu lebih dari 3 abad, lho! Selesai dibangun pada tahun 1480, arsitektur megah nan klasik katedral ini cocok diacungi jempol

Terdapat pula sebuah jam astronomi dari abad ke-16 yang menarik untuk dilihat. Dalam Cathédrale St-Jean-Baptiste ini pun terdapat deretan jendela berkaca patri yang memiliki cerita di setiap ukirannya.

Itulah 9 destinasi wisata di Lyon yang sayang untuk dilewatkan kala melancong ke Prancis. Tempat manakah yang paling ingin kamu kunjungi, nih?

Baca Juga: 10 Makanan Khas Prancis yang Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidup

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya