Comscore Tracker

8 Destinasi Wisata Kece di Saitama, Jepang yang Beragam Banget!

Museum, taman hiburan, hutan, semua ada!

Keindahan negara Jepang sudah terkenal di seluruh dunia. Negeri Sakura ini pun memiliki kota-kota populer yang kerap menjadi destinasi wisata, seperti Tokyo, Kyoto, Osaka, dan Nagoya. Tak hanya itu, terdapat pula sebuah prefektur alias wilayah bagian di Jepang yang tak kalah indah dan mengasyikkan, lho!

Inilah Saitama, prefektur yang memiliki kesamaan nama dengan karakter Saitama dalam serial One Punch Man. Kamu dapat berkunjung ke museum kereta api, taman hiburan, hingga wisata es yang menakjubkan.

Kamu pun dapat merasakan suasana Jepang pada zaman dahulu, lho! Yuk, simak ulasannya!

1. Railway Museum

8 Destinasi Wisata Kece di Saitama, Jepang yang Beragam Banget!en.japantravel.com

Kereta api merupakan alat transportasi yang kerap digunakan masyarakat Jepang dalam aktivitas sehari-hari. Sebuah perusahaan kereta api di Jepang, JR EAST, membuka sebuah museum kereta api pada tahun 2007 yang bernama Railway Museum. Sejarah perkeretaapian di Jepang dapat kamu saksikan di museum ini.

Koleksi gerbong kereta dari zaman ke zaman dan penjelasan mengenai perkembangan teknologi kereta api terdapat di museum ini. Bahkan, kamu dapat mencoba simulasi mengendarai kereta api dalam lokomotif, lho!

2. Koedo Kawagoe

8 Destinasi Wisata Kece di Saitama, Jepang yang Beragam Banget!tokyocheapo.com

Apakah kamu pernah membayangkan kehidupan di Jepang pada zaman Edo, sekitar tahun 1600-1800? Koedo Kawagoe, yang juga dikenal sebagai Little Edo, merupakan kawasan yang akan membuatmu serasa hidup dalam 400 tahun lalu. Gedung kayu tua, bangunan bersejarah, hingga menara lonceng yang masih berdenting hingga sekarang terdapat di kawasan ini.

Bahkan, ada pula puluhan toko permen yang menjual manisan tradisional khas Jepang, lho! Ternyata, pada zaman Edo pun terdapat lebih banyak lagi toko permen di kawasan ini yang mengalami masa kejayaan dahulu. Proses pembuatan permen secara tradisional dapat kamu saksikan pula di tempat ini. 

3. Seibuen Amusement Park

8 Destinasi Wisata Kece di Saitama, Jepang yang Beragam Banget!instagram.com/seibuenyuuenchi

Taman hiburan ialah salah satu destinasi wisata favorit karena terdapat banyak aktivitas seru yang dapat dilakukan. Saitama memiliki taman hiburan juga, lho! Namanya adalah Seibuen Amusement Park. Beragam atraksi seperti komedi putar, bianglala, sky swinger, hingga wahana air pun terdapat di sini, lho!

Terdapat pula sebuah wahana baru yang menyerupai gedung bioskop kuno Jepang pada tahun 1960-an. Bahkan, proses berjalannya wahana ini pun diawasi oleh seorang sutradara dan ahli efek visual asal Jepang yang bernama Takashi Yamazaki, lho!

4. Totoro Forest

8 Destinasi Wisata Kece di Saitama, Jepang yang Beragam Banget!travel.gaijinpot.com

Penggemar anime Jepang pasti tak asing dengan Totoro, salah satu karakter dalam film animasi yang diproduksi oleh Studio Ghibli. 

Totoro Forest ialah sebuah hutan seluas 3.500 hektar di Saitama yang memiliki patung Totoro besar di dalamnya. Hutan ini memiliki banyak jalan setapak yang dapat kamu jelajahi sambil menikmati pemandangan rimbunnya hutan dengan latar danau dan pegunungan.

Tak perlu takut tersesat, Totoro Forest telah dilengkapi dengan peta dan penunjuk arah yang siap menuntunmu. Kamu pun dapat melihat sejumlah spesies pohon langka di hutan ini, lho! Cocok banget untuk refreshing, deh!

Baca Juga: Jelajah Kawagoe di Jepang, Kunjungi 5 Spot Wisata Ini dalam Sehari

5. Chichibu Night Festival

8 Destinasi Wisata Kece di Saitama, Jepang yang Beragam Banget!matcha-jp.com

Jika kamu hendak berlibur ke Jepang pada akhir tahun, jangan lupa untuk mampir ke Saitama pada tanggal 2 dan 3 Desember, ya! Setiap tahunnya pada tanggal tersebut, digelar sebuah festival meriah yang bertajuk Chichibu Night Festival. Festival ini menampilkan kendaraan hias yang dilengkapi lentera, kain indah, hingga ukiran kayu berlapis emas.

Alunan musik dari drum dan seruling turut meramaikan festival ini. Terdapat pula penjual makanan di sepanjang jalan yang membuat Chichibu Night Festival makin menarik untuk dikunjungi. Pertunjukan kembang api pun membuat suasana malam hari makin meriah.

6. Metropolitan Area Outer Underground Discharge Channel

8 Destinasi Wisata Kece di Saitama, Jepang yang Beragam Banget!thegate12.com

Bukan gedung atau museum, pilar-pilar raksasa ini merupakan penopang saluran pembuangan air bawah tanah. Metropolitan Area Outer Underground Discharge Channel merupakan saluran pembuangan air yang dibangun untuk mencegah banjir yang sebelumnya kerap terjadi di Kasukabe, wilayah dibangunnya saluran ini.

Ruang dengan kedalaman 177 meter yang ditopang oleh 59 pilar dengan berat masing-masing 500 ton ini dijamin akan membuatmu takjub. Seorang pemandu akan mengajakmu tur berkeliling Metropolitan Area Outer Underground Discharge Channel sembari memahami sejarah, proses pembuatan, dan cara kerja saluran ini.

7. Johnson Town

8 Destinasi Wisata Kece di Saitama, Jepang yang Beragam Banget!travel.gaijinpot.com

Jepang rasa Amerika. Itulah ungkapan yang cocok menggambarkan Johnson Town yang terletak di Saitama. Kompleks ini memiliki gaya bangunan ala Amerika pada tahun 1950-an. Kala itu, lokasi ini merupakan tempat tinggal para perwira Amerika yang ikut dalam perang Korea. Maka, kompleks ini dibangun agar para perwira tersebut merasa seperti di rumah.

Selain sebagai tempat wisata, lingkungan ini kini juga dilengkapi dengan restoran, kafe, dan toko barang antik. Johnson Town cocok banget dikunjungi buat kamu yang ingin merasakan atmosfer kehidupan Amerika pada tahun 1950-an, nih!

8. Icicles of Ashigakubo

8 Destinasi Wisata Kece di Saitama, Jepang yang Beragam Banget!travel.gaijinpot.com

Siapa sangka pemandangan es yang menakjubkan ini ternyata buatan, lho! Icicles of Ashigakubo merupakan salah satu destinasi wisata di Saitama yang terbuat dari es buatan. Agar makin indah, es tersebut disinari oleh lampu berbagai warna. Instagrammable banget, deh!

Terbentuknya Icicles of Ashigakubo diawali oleh penduduk setempat yang menyemprotkan air di atas bukit kecil tempat berdirinya lokasi ini. Air yang disemprotkan pun membeku dan mengkristal dengan sendirinya di tengah cuaca musim dingin Jepang. 

Itulah 8 destinasi wisata kece dan menyenangkan di Saitama! Tempat-tempat di atas dapat kamu jadikan referensi berlibur selama di Jepang, nih!

Baca Juga: 5 Destinasi Air Terjun Paling Terkenal di Jepang, Wisata Alam Favorit!

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya