Comscore Tracker

9 Objek Wisata di Trondheim, Kota Terbesar Ketiga di Norwegia

Sempat menjadi ibu kota Viking di Norwegia, lho!

Namanya masih jarang terdengar, tetapi keindahan kota ini sayang untuk dilewatkan. Trondheim adalah kota terbesar ketiga di Norwegia yang menyimpan segudang destinasi wisata menarik.

Katedral, benteng, gudang tua penuh warna, hingga tebing batu yang bisa dipanjat ada di kota ini. Selain itu, ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Trondheim seperti menaiki kayak, mempelajari sejarah Norwegia, dan berbelanja di pasar loak khas Norwegia.

Berikut 9 objek wisata menarik di Trondheim, Norwegia yang dapat kamu kunjungi.

1. Nidaros Cathedral

9 Objek Wisata di Trondheim, Kota Terbesar Ketiga di NorwegiaNidaros Cathedral di Trondheim, Norwegia (instagram.com/roarhoee)

Nidaros Cathedral merupakan katedral gotik dari abad pertengahan yang terletak paling utara di bumi. Selesai dibangun pada 1300, katedral ini adalah tempat makam St. Olav, seorang raja Viking Norwegia berada.

Ornamen megah dan jendela berhiaskan kaca patri akan menyambutmu kala tiba di katedral ini. Nidaros Cathedral memiliki menara yang membuatmu dapat menikmati pemandangan indah Trondheim dari puncaknya, lho!

2. Kristiansten Festning

9 Objek Wisata di Trondheim, Kota Terbesar Ketiga di NorwegiaKristiansten Festning di Trondheim, Norwegia (instagram.com/visittrondheim)

Inilah benteng yang sukses menjaga Trondheim dari serangan Swedia tahun 1718. Benteng ini dibangun setelah terjadinya kebakaran besar yang menghantam Trondheim pada 1681.

Kini, Kristiansten Festning menjadi salah satu objek wisata terpopuler di kota ini. Adanya museum dan penjara bawah tanah menjadi daya tarik benteng satu ini.

3. Sverresborg Trøndelag Folk Museum

9 Objek Wisata di Trondheim, Kota Terbesar Ketiga di NorwegiaSverresborg Trøndelag Folk Museum di Trondheim, Norwegia (instagram.com/sverresborgmuseum)

Jelajahi museum terbuka yang terletak di bekas reruntuhan kastil tahun 1183. Tak hanya satu, ada lebih dari 80 bangunan yang dapat kamu sambangi seperti gereja, rumah kayu, toko kelontong, hingga kantor pos tua.

Sverresborg Trøndelag Folk Museum merupakan museum sejarah dan budaya terbesar ketiga di Norwegia, lho! Museum seluas 70 hektar ini menampilkan ribuan artefak yang membuatmu dapat mempelajari kehidupan manusia ratusan tahun lalu. 

4. Bakklandet

9 Objek Wisata di Trondheim, Kota Terbesar Ketiga di NorwegiaBakklandet di Trondheim, Norwegia (instagram.com/ninathome)

Buat kamu yang suka gowes, Bakklandet wajib dikunjungi, nih! Tempat ini ialah lokasi pertemuan favorit warga lokal karena banyaknya toko, kafe, dan galeri di dalamnya.

Jalan-jalan atau bersepeda di jalanan berbatu Bakklandet asyik untuk dilakukan. Bahkan, lift sepeda pertama di dunia yang bernama Trampe pun terdapat di Bakklandet.

Kamu dapat menaiki lift sepeda menuju bagian atas bukit yang curam. Sekitar 20.000-30.000 pengendara sepeda berhasil diangkut oleh Trampe setiap tahunnya, nih!

Baca Juga: 5 Pantai Terbaik di Norwegia yang Wajib Dikunjungi, Destinasi Favorit!

5. Nidelva River

9 Objek Wisata di Trondheim, Kota Terbesar Ketiga di NorwegiaNidelva River di Trondheim, Norwegia (instagram.com/lukaslussi88O

Inilah sungai yang mengalir di tengah kota Trondheim. Nidaros Cathedral, Kristiansten Festning, jembatan, dan gudang-gudang tua penuh warna dapat kamu lihat sembari menaiki kayak di Nidelva River.

6. Bryggerekka Bruktmarked

9 Objek Wisata di Trondheim, Kota Terbesar Ketiga di NorwegiaBryggerekka Bruktmarked di Trondheim, Norwegia (instagram.com/tonehonorefiskvik)

Bryggerekka Bruktmarked ialah pasar loak di Trondheim yang dapat kamu kunjungi setiap hari Minggu. Barang antik ialah daya tarik utama pasar ini. Selain itu, pasar ini terletak di depan bangunan gudang tua yang berwarna-warni, lho!

7. Aneka restoran dan kedai makanan khas Nordik

9 Objek Wisata di Trondheim, Kota Terbesar Ketiga di NorwegiaRestoran Speilsalen di Trondheim, Norwegia (instagram.com/andershusa)

Home of Nordic flavours adalah julukan untuk Trondheim. Islandia, Swedia, Denmark, Finlandia, hingga Norwegia ialah negara-negara Nordik. Julukan tersebut diberikan karena Trondheim merupakan pusatnya makanan khas Nordik.

Restoran yang menjajakan aneka makanan khas Nordik tersebar di seluruh penjuru Trondheim. Bahkan, terdapat sejumlah restoran yang telah memperoleh predikat bintang Michelin seperti restoran Speilsalen, Credo, dan Fagn.

8. Munkholmen Island

9 Objek Wisata di Trondheim, Kota Terbesar Ketiga di NorwegiaMunkholmen Island di Trondheim, Norwegia (instagram.com/gautelorentsen)

Pulau dengan pantai indah ini dulunya adalah lokasi eksekusi bangsa Viking. Munkholmen Island juga pernah menjadi penjara, benteng, dan tempat berdirinya biara tertua di Skandinavia.

9. Munkstigen Via Ferrata

9 Objek Wisata di Trondheim, Kota Terbesar Ketiga di NorwegiaMunkstigen Via Ferrata di Trondheim, Norwegia (instagram.com/joakimhaarberg)

Ingin menguji nyali dengan memanjat tebing setinggi 950 m? Walaupun menantang, pemandangan indah Trondheim yang ditawarkan puncak Munkstigen Via Ferrata worth it banget, lho!

Itulah 9 destinasi wisata menarik di Trondheim. Tempat-tempat di atas dijamin cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu kala berlibur ke kota ini. Duh, rasanya ingin segera liburan, deh!

Baca Juga: 5 Keunikan Kransekake, Kue Tradisional Norwegia yang Berbentuk Menara

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya