Comscore Tracker

10 Pulau Indah di Selandia Baru, Cocok untuk Pencinta Alam

#ANGPOIN Banyak yang dihuni burung langka khas Selandia Baru

Keindahan alam di Selandia Baru memang tak perlu diragukan lagi. Negara yang memiliki ibu kota Wellington ini cocok dikunjungi oleh para petualang dan pecinta alam. Selain pemandangan alam yang menakjubkan, terdapat pula segudang aktivitas seru yang dapat dilakukan di negara ini, khususnya di pulau-pulau yang ada di dalamnya.

Yuk, simak 10 pulau indah nan menawan yang terdapat di Selandia Baru!

1. Kapiti Island

10 Pulau Indah di Selandia Baru, Cocok untuk Pencinta Alaminstagram.com/kapitiislandnaturetours

Kapiti Island merupakan rumah dari berbagai macam flora dan fauna langka. Beragam burung asal Selandia Baru menghuni pulau ini, seperti kākā, kōkako, takahē, tīeke, dan lain-lain.

Jika kamu beruntung, kamu dapat menjumpai hewan air seperti paus orca, lumba-lumba, anjing laut, hingga ikan pari. Keindahan alam pulau ini pun menarik untuk dijelajahi, lho!

2. Waiheke Island

10 Pulau Indah di Selandia Baru, Cocok untuk Pencinta Alaminstagram.com/indigowaiheke

Jiwa petualangmu pasti muncul kala tiba di pulau ini. Waiheke Island menawarkan banyak aktivitas seru yang dapat dilakukan, seperti bersepeda di gunung, berselancar, memanah, memancing, hingga berlayar menggunakan kayak.

Tak hanya alam yang indah, banyaknya kerajinan seni juga menjadi daya tarik pulau ini. Waiheke Island dihuni oleh banyak seniman dan pengrajin lokal yang menciptakan berbagai macam karya seni seperti pahatan, lukisan, hingga kerajinan kayu.

3. Rangitoto Island

10 Pulau Indah di Selandia Baru, Cocok untuk Pencinta Alaminstagram.com/ellaparamore

Kawah gunung berapi raksasa siap menyambutmu kala berkunjung ke Rangitoto Island. Gunung yang meletus 600 tahun lalu ini meninggalkan kawah serta ladang dan gua lava. Puncak gunung Rangitoto menjulang setinggi 260 meter di atas Teluk Hauraki di bawahnya.

Kamu pun dapat mendaki sampai ke puncak dan menyaksikan pemandangan teluk dan pulau yang indah. 

4. Stewart Island

10 Pulau Indah di Selandia Baru, Cocok untuk Pencinta Alaminstagram.com/stewartislandrakiura

Pulau yang menempati urutan ketiga terbesar di Selandia Baru ini juga dikenal dengan sebutan Rakiura yang memiliki arti negeri dengan langit bercahaya. Hal ini merujuk kepada seringnya terlihat aurora yang langka di langit Stewart Island. Cantik banget, deh!

Tak hanya aurora yang langka, kamu pun dapat menjumpai hewan langka di pulau ini yaitu burung kiwi cokelat. Walaupun tergolong langka, burung yang satu ini jumlahnya melebihi populasi manusia di Stewart Island, lho! 

5. Great Barrier Island

10 Pulau Indah di Selandia Baru, Cocok untuk Pencinta Alaminstagram.com/greatbarrierislandofficial

Great Barrier Island adalah pulau terbesar di wilayah Auckland, Selandia Baru. Hutan belantara, pantai, dan gunung menjadi satu di pulau yang juga dihuni oleh flora dan fauna langka ini. Mendaki gunung, berselancar, menyelam, hingga berkemah dapat kamu lakukan di pulau ini.

Tak hanya itu, kamu pun dapat menjelajahi hutan belantara dan menemukan mata air panas yang terpencil di dalamnya, lho!

Baca Juga: 7 Wisata Menarik di Taranaki, Selandia Baru yang Harus Dikunjungi

6. Chatham Island

10 Pulau Indah di Selandia Baru, Cocok untuk Pencinta Alaminstagram.com/birdingwithdad

Pulau dengan pemandangan alam yang indah ini ternyata kaya akan nilai sejarah. Chatham Island pertama kali dihuni oleh bangsa Moriori. Bahkan, keturunan Moriori pun masih ada yang menghuni pulau ini.

Saat berkunjung ke Chatham Island, kamu dapat menemui berbagai peninggalan bangsa Moriori seperti bangunan Kopinga Marae, karya seni, ukiran, dan laini-lain. Sejarah dan budaya yang mengakar di pulau ini pun dapat kamu dengar langsung dari para keturunan Moriori, lho!

7. Poor Knights Island

10 Pulau Indah di Selandia Baru, Cocok untuk Pencinta Alaminstagram.com/seacologynz

Dunia bawah laut yang memukau menjadi daya tarik pulau yang satu ini. Laut di Poor Knights Island dihuni oleh berbagai macam spesies ikan, anemon, landak laut, kerang, dan lain-lain. Sambil menyelam atau snorkeling, kamu tak hanya akan menemui hewan laut dan terumbu karang, tetapi juga hutan kelp dan gua yang dapat kamu jelajahi.

8. D’Urville Island

10 Pulau Indah di Selandia Baru, Cocok untuk Pencinta Alaminstagram.com/indexthetravel

Pulau yang juga dijuluki Rangitoto Ki Te Tonga ini mayoritas diselimuti oleh hutan belantara. Dulunya, D’Urville Island merupakan pusat pembuatan alat-alat perkebunan, senjata, dan kapal kano. Kini, masyarakat yang tinggal di pulau ini mayoritas melakukan aktivitas beternak, bertani, dan memancing. Kamu dapat melakukannya juga di sini, lho!

9. Campbell Island

10 Pulau Indah di Selandia Baru, Cocok untuk Pencinta Alaminstagram.com/johnbozinov

Apakah kamu ingin melihat burung dengan sayap terlebar di dunia, yakni burung albatros? 

Campbell Island ialah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Enam spesies burung albatros dapat kamu jumpai di pulau ini. Pulau yang dikelilingi dengan tebing-tebing tinggi dari bebatuan ini mayoritas memiliki tekstur yang terjal dan berbatu. Namun, pemandangan indah yang disajikannya tak perlu diragukan lagi.

10. Tiritiri Matangi Island

10 Pulau Indah di Selandia Baru, Cocok untuk Pencinta Alaminstagram.com/janeenwhite1

Tiritiri Matangi Island merupakan tempat berdirinya mercusuar tertua di Selandia Baru yang masih beroperasi. Pertama kali menyala pada tahun 1865, mercusuar berwarna putih ini masih berdiri kokoh. Tak hanya itu, keindahan hutan yang rimbun dan pantai yang cantik juga menjadi daya tarik pulau ini. Kamu pun dapat menjumpai burung-burung langka yang berkicau di sekitarmu, lho!

Wah, ternyata setiap pulau menyimpan keindahannya masing-masing, ya! Bahkan, mereka pun memiliki ciri khas yang membedakannya dengan pulau lain. Pulau manakah yang menjadi favoritmu, nih?

Baca Juga: 9 Olahan Tradisional Khas Selandia Baru, Cita Rasanya Bikin Penasaran!

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya