Comscore Tracker

Ada Museum Natal, 8 Ragam Destinasi di Rothenburg Jerman 

Tak hanya museum natal, ada pula museum kriminal!

Setiap hari terasa seperti hari Natal di Rothenburg. German Christmas Museum yang terletak di kota ini ialah museum yang menampilkan segala benda bertema Natal yang menarik.

Selain itu, kota di Jerman ini juga memiliki museum yang tak kalah menarik yakni museum kriminal. Medieval Crime Museum adalah tempat kamu dapat menyaksikan perjalanan hukum di Jerman. Aneka senjata dan alat penyiksaan akan kamu temui. 

Tak hanya itu, Rothenburg juga memiliki destinasi menarik lainnya seperti Plönlein, St. James' Church, Marktplatz, dan lain-lain. Yuk, simak ulasan lain mengenai destinasi wisata yang ada di Rothenburg Jerman berikut ini!

1. Plönlein

Ada Museum Natal, 8 Ragam Destinasi di Rothenburg Jerman Plönlein (instagram.com/mycity4k)

Plönlein ialah alun-alun kecil yang menjadi landmark Rothenburg. Rumah kuning berhiaskan kayu di tengah Plönlein bukan rumah biasa, lho! Rumah ini telah muncul di film Pinocchio tahun 1940, video game Tekken Tag 2, hingga video klip lagu Earth karya Lil Dicky.

Air mancur dan dua menara menghiasi alun-alun ini. Daerah sekeliling Plönlein yang dilapisi jalan berbatu juga menarik untuk dijelajahi.

2. Medieval Crime Museum

Ada Museum Natal, 8 Ragam Destinasi di Rothenburg Jerman Medieval Crime Museum (instagram.com/inaceline)

Tak hanya memamerkan lukisan atau patung, Medieval Crime Museum juag menghadirkan artefak yang menceritakan sejarah hukum di Jerman. Kisah mengenai kasus kriminal yang mengherankan, penganiayaan, hukuman untuk hewan, hukum kepolisian, hingga perburuan penyihir akan kamu saksikan di sini

Artefak yang tersimpan di sini ialah senjata, meja eksekusi, topeng penyamaran, buku mengenai segala jenis hukum, dan lain-lain. Tertarik untuk mengunjunginya?

3. St. James' Church

Ada Museum Natal, 8 Ragam Destinasi di Rothenburg Jerman St James Church (instagram.com/m.m.__t.r.a.v.e.l)

Berdiri sejak 1484, gereja klasik ini menjadi salah satu destinasi favorit di Rothenburg. Terdapat meja altar Holy Blood lengkap dengan salib dari batu kristal yang indah. Terdapat pula altar lainnya dengan lukisan dan patung yang melengkapi.

Jendela kaca patri dengan gambar yang bercerita turut mempercantik St. James' Church. Aneka warna kaca pada jendela pun menambah keindahan gereja ini.

4. Marktplatz

Ada Museum Natal, 8 Ragam Destinasi di Rothenburg Jerman Marktplatz (instagram.com/te_antje)

Inilah jantung kota Rothenburg yang ramai nan lengkap. Perumahan indah, restoran, kafe, dan bangunan tua yang indah memenuhi Markplatz. Juga dikenal sebagai Market Square, tempat ini juga diramaikan dengan pertunjukkan musik dan tari yang dapat kamu saksikan.

Town Hall alias balai kota Rothenburg juga terdapat di Marktplatz. Fasad gaya renaisans yang megah membuat balai kota ini lebih cocok disebut kastil. Bangunan ini juga memiliki menara yang menawarkan pemandangan indah Rothenburg dari puncaknya.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Magdeburg, Jerman yang Bikin Liburan Jadi Nyaman

5. Rothenburg City Wall

Ada Museum Natal, 8 Ragam Destinasi di Rothenburg Jerman Rothenburg City Wall (instagram.com/travel_with_tim_and_diane)

Kota ini dikelilingi tembok dari abad pertengahan yang megah. Berdiri sejak 1142 M, dinding batu bak benteng ini dulunya melindungi istana di dalam Rothenburg. Walaupun istana tersebut sudah tak ada, dinding ini masih berdiri megah.

Menelusuri sepanjang tembok ini akan membawamu berkeliling Rothenburg. Kamu akan menjumpai alun-alun Plönlein, Röder Tower yang dulunya menara pengawasan, Rotten Tower yang dulu adalah penjara, dan segala situs bersejarah lainnya.

6. Castle Garden

Ada Museum Natal, 8 Ragam Destinasi di Rothenburg Jerman Castle Garden (instagram.com/nuernberg__fan)

Dulunya, terdapat kastil megah yang didirikan tahun 1142 di taman ini. Namun, gempa bumi 200 tahun setelahnya menghancurkan kastil tersebut sehingga hanya tersisa sebuah kapel yang akhirnya direnovasi dan kini menjadi tugu peringatan 2 perang dunia.

Castle Garden kerap dikunjungi warga sekitar untuk bersantai atau jalan-jalan sore. Saat malam tiba, suasana berubah romantis dengan gerbang yang menyala dan lampu kota.

Pemandangan cantik Lembah Tauber dan gereja Kobolzell dapat kamu saksikan dari taman ini.

7. German Christmas Museum

Ada Museum Natal, 8 Ragam Destinasi di Rothenburg Jerman German Christmas Museum (instagram.com/nata_petruhan)

Pertama dibuka tahun 2000, German Christmas Museum menjadi salah satu destinasi favorit di Rothenburg hingga hari ini. Museum ini membuatmu dapat mempelajari sejarah Natal yang mengagumkan.

Aneka ornamen Natal dari berbagai wilayah di Jerman, patung sinterklas, pohon Natal putih bak berselimut salju memenuhi museum ini. Setiap hari terasa seperti hari Natal, deh!

8. Tauber Valley

Ada Museum Natal, 8 Ragam Destinasi di Rothenburg Jerman Tauber Valley (instagram.com/frankenhoehe.entdecken)

Ingin gowes sambil menikmati pemandangan indah Rothenburg? Jajaki rute sepeda Tauber Valley yang akan membawamu berkeliling kota indah ini.

Rumah-rumah indah, pabrik tua, biara, kebun anggur, hingga gereja Romawi akan ada di samping kiri dan kananmu. Panorama serba hijau dari lembah dan tebing juga akan menemanimu. Dijamin makin semangat, deh!

Itulah 8 destinasi wisata di Rothenburg yang beragam. Mengunjungi museum, bersantai di taman, berbelanja di alun-alun, hingga bersepeda melewati bangunan cantik dapat kamu lakukan. Jangan lupa mampir ke kota ini kala berlibur ke Jerman, ya!

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Religi di Eropa, Favorit Wisatawan, nih!

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya