Comscore Tracker

Kunjungi 8 Situs Warisan Dunia oleh UNESCO Terbaru di 2019 Ini!

Baru diresmikan bulan Juli 2019, lho!

Gelar situs warisan dunia atau world heritage site yang diberikan oleh UNESCO kepada sebuah tempat bukanlah hal yang biasa. Tak semua tempat di dunia ini mendapatkan gelar tersebut. Indonesia memiliki beberapa objek wisata yang memiliki gelar tersebut, antara lain adalah Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Taman Nasional Ujung Kulon.

Gelar ini diberikan berdasarkan penilaian nilai budaya, historis, dan keilmuan sebuah tempat. Pertemuan yang dilangsungkan UNESCO pada 5 hingga 7 Juli 2019 di Azerbaijan menetapkan beberapa tempat-tempat baru dari seluruh dunia sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Apa saja, ya? Yuk, kita lihat ulasannya!

1. Taman Nasional Vatnajökull, Islandia

Kunjungi 8 Situs Warisan Dunia oleh UNESCO Terbaru di 2019 Ini!travelade.com

Taman nasional ini terdiri atas sungai, gletser, dan pegunungan yang terdiri atas 10 gunung yang masih aktif. Bahkan, gletser di taman nasional ini merupakan yang terbesar di Eropa, lho! UNESCO meresmikan Taman Nasional Vatnajökull sebagai situs warisan dunia pada 5 Juli 2019 lalu.

2. Risco Caido dan Pegunungan Suci Gran Canaria, Spanyol

Kunjungi 8 Situs Warisan Dunia oleh UNESCO Terbaru di 2019 Ini!whc.unesco.org

Risco Caido adalah sebuah situs arkeologi di pulau Gran Canaria yang terdiri atas gua prasejarah dan kuil yang diresmikan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada bulan Juli 2019.

Tempat ini juga menunjukkan proses evolusi orang-orang Amazon yang hidup dalam isolasi selama kurang lebih 1.500 tahun. Sedangkan, pegunungan suci Gran Canaria juga terdiri atas gua, kuil, tempat-tempat suci, serta sisa-sisa bangunan bersejarah. 

3. Pusat Bersejarah Sheki dan Istana Khan, Azerbaijan

Kunjungi 8 Situs Warisan Dunia oleh UNESCO Terbaru di 2019 Ini!photo.net

Pusat bersejarah ini terletak di kaki gunung Kaukasus dan terbagi menjadi dua oleh sungai Gurjana. Atapnya yang runcing dan gaya bangunan ala Safavid, Qadjar dan Rusia ini menarik perhatian wisatawan untuk mengunjungi pusat bersejarah ini.

Pada bagian timur, terdapat Istana Khan, yang dulunya merupakan tempat tinggal raja Sheki Khan dan turunannya. Bangunan istana yang dibangun pada abad ke 18 ini dihiasi oleh motif yang mewah serta dekorasi kaca yang membuatnya nampak semakin megah.

4. Áísínai’pi, Alberta, Kanada

Kunjungi 8 Situs Warisan Dunia oleh UNESCO Terbaru di 2019 Ini!whc.unesco.org

Áísínai’pi dalam bahasa Inggris memiliki arti writing-on-stone atau tulisan di batu. Masyarakat setempat telah menciptakan seni petroglif dan piktograf, yaitu seni melukis di batu, selama ribuan tahun. Bukan lukisan biasa, petroglif dan piktograf di Áísínai’pi ini mengandung makna sakral dari kehidupan masyarakat di masa lampau.

Baca Juga: 10 Destinasi Keren yang Masuk Daftar Warisan Budaya Dunia Terbaru

5. Plain of Jars, Xiengkhuang, Laos

Kunjungi 8 Situs Warisan Dunia oleh UNESCO Terbaru di 2019 Ini!traveller.com.au

Plain of Jars, atau dataran guci, merupakan situs arkeologis yang terdiri atas ribuan batu yang berbentuk seperti atau guci atau stoples. Batuan-batuan ini ada kaitannya dengan proses pemakaman pada zaman besi yang terjadi pada abad 500 SM hingga 500 M.

Sebagai situs prasejarah terpenting di Asia Tenggara, banyak ahli sejarah dan peneliti yang mengunjungi tempat ini.

6. Suaka Burung Migrasi, China

Kunjungi 8 Situs Warisan Dunia oleh UNESCO Terbaru di 2019 Ini!whc.unesco.org

Sesuai namanya, tempat ini merupakan pusat dari jalur migrasi terbang Asia Timur dan Australia. Tak hanya burung, di tempat ini juga terdapat ratusan spesies hewan laut. Pada tempat ini pula terdapat banyak spesies burung yang sudah terancam punah, lho! Banyak burung yang berkumpul di sini karena tersedianya sumber makanan yang berlimpah.

7. Jaipur City, Rajasthan, India

Kunjungi 8 Situs Warisan Dunia oleh UNESCO Terbaru di 2019 Ini!flickr.com

Jaipur merupakan pusat kota sekaligus kota terbesar di Rajasthan. Kota ini juga dikenal sebagai pink city, atau kota merah muda, karena banyaknya bangunan berwarna merah muda di sini.

Banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Jaipur, antara lain adalah Amber Fort, atau benteng kuning, yang lebih dahulu menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO. Terdapat pula City Palace, kerajaan yang dulunya menjadi tempat tinggal raja di Jaipur yang kental dengan dekorasi khas India.

8. Jodrell Bank Observatory, Inggris

Kunjungi 8 Situs Warisan Dunia oleh UNESCO Terbaru di 2019 Ini!jodrellbank.manchester.ac.uk

Tempat ini cocok buat kamu yang suka dan ingin mendalami bidang astronomi. Observatorium yang dibuka sejak 1945 silam ini memiliki teleskop utama yang bernama teleskop Lovell. Teleskop ini merupakan teleskop radio terbesar ketiga di dunia! Terdapat pula teleskop lain serta alat-alat canggih lainnya di tempat ini.

Meskipun situs warisan dunia versi UNESCO terbaru ini gak ada yang dari Indonesia, tapi kamu semua sepakat kan kalau semua tempat di atas indah banget? Lengkap sudah, mulai dari tempat suaka burung migrasi hingga observatorium.

Baca Juga: Masuk Situs Warisan Unesco, Ini 5 Hal Menarik di Kota Salzburg

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

Kedokteran UNS 2017 aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You