Comscore Tracker

8 Taman Nasional di Hokkaido Jepang yang Indah nan Memanjakan Mata

Pesonanya membuat siapapun berdecak kagum

Jepang ialah sebuah negara yang penuh dengan kota metropolitan seperti Tokyo, Osaka, atau Nagoya. Gedung pencakar langit, pusat perbelanjaan megah, dan jalanan yang penuh pertokoan tak sulit ditemukan di Jepang.

Namun, siapa sangka jika Negeri Sakura ini juga kaya akan taman nasional yang indah? Salah satunya adalah kota Hokkaido yang merupakan rumah dari sejumlah taman nasional memesona di Jepang.

Yuk, simak potret indah 8 taman nasional di Hokkaido, Jepang!

1. Shiretoko National Park

8 Taman Nasional di Hokkaido Jepang yang Indah nan Memanjakan MataShiretoko National Park (instagram.com/lakerivermountainandforest)

Shiretoko dalam bahasa Indonesia memiliki arti akhir dari bumi, yang merujuk pada letak taman nasional ini yang berada di ujung timur Laut Jepang. Laut dengan garis pantai yang terjal, hutan yang rimbun, dan sungai menjadi satu di wilayah ini. 

Taman nasional yang termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO ini merupakan habitat dari aneka flora dan fauna, lho! Ratusan spesies burung, beruang cokelat yang merupakan hewan darat terbesar di Jepang, paus, singa laut, dan berbagai hewan lainnya mendiami Shiretoko National Park.

2. Rishiri-Rebun-Sarobetsu National Park

8 Taman Nasional di Hokkaido Jepang yang Indah nan Memanjakan MataRishiri-Rebun-Sarobetsu National Park (instagram.com/marky0811)

Jika Shiretoko National Park terletak di ujung timur Laut Jepang, Rishiri-Rebun-Sarobetsu National Park merupakan taman nasional paling utara di Jepang. Taman nasional ini terdiri atas tiga lanskap alam yang memesona, yakni Gunung Rishiri, Pulau Rebun-to, dan Dataran Tinggi Sarobetsu.

Gunung Rishiri menjulang setinggi 1.721 m dan dikelilingi oleh waduk, danau, dan mata air. Pulau Rebun-to dikenal dengan adanya aneka bunga warna-warni yang tumbuh saat musim panas pada pulau berbukit ini. Sedangkan Dataran Tinggi Sarobetsu dipenuhi oleh lahan gambut yang terbentuk di lembah sungai.

3. Shikotsu-Toya National Park

8 Taman Nasional di Hokkaido Jepang yang Indah nan Memanjakan MataShikotsu-Toya National Park (instagram.com/shikotsutoya_nationalpark)

Shikotsu dan Toya ialah nama dari danau yang terdapat di taman nasional ini. Gunung vulkanik dengan lereng berhutan juga terdapat di Shikotsu-Toya National Park. Aktivitas favorit yang bisa dilakukan di tempat ini adalah berendam di sumber air panas.

Selain berendam, kamu juga dapat mendaki gunung dengan menjelajahi hutan yang rimbun. Mengunjungi Shikotsu-Toya National Park saat musim dingin pun akan membuatmu berdecak kagum dengan pemandangan gunung yang diselimuti salju!

4. Daisetsuzan National Park

8 Taman Nasional di Hokkaido Jepang yang Indah nan Memanjakan MataDaisetsuzan National Park (instagram.com/rubyphotomemory)

Daisetsuzan National Park menyandang julukan yang megah, yakni ''atap Hokkaido" dan "taman bermain para Dewa". Gunung tertinggi di Hokkaido, Gunung Asahidake, berdampingan dengan sejumlah gunung berapi lainnya terdapat di tempat ini.

Sungai Tokachi dan Ishikari, kedua sungai terpanjang di Hokkaido pun berasal dari taman ini. Taman nasional ini juga ditumbuhi oleh berbagai tumbuhan alpine yang langka, lho!

5. Akan-Mashu National Park

8 Taman Nasional di Hokkaido Jepang yang Indah nan Memanjakan MataAkan-Mashu National Park (instagram.com/omelettepi)

Hutan tertua dari seluruh taman nasional di Jepang terdapat di Akan-Mashu National Park. Taman nasional ini terbagi atas 2 bagian, yakni Gunung Akan dan Danau Mashu yang termasuk salah satu danau terjernih di dunia. 

Adanya gunung berapi dan danau dalam satu lokasi yang berdekatan menjadikan Akan-Mashu National Park populer di Jepang. Tiga buah kaldera yang terbentuk dari aktivitas gunung vulkanik pun ada di taman nasional ini. 

Baca Juga: 5 Mi Asal Hokkaido-Jepang yang Paling Terkenal, Bikin Ngiler! 

6. Kushiro Shitsugen National Park

8 Taman Nasional di Hokkaido Jepang yang Indah nan Memanjakan MataBurung bangau mahkota merah di Tsurui Ito Tancho Sanctuary (instagram.com/suparuj)

Kushiro Shitsugen National Park memegang predikat sebagai lahan basah terbesar di Jepang dengan luasnya yang mencapai 28.000 hektar. Taman nasional ini merupakan rumah dari rubah merah dan burung bangau mahkota merah yang langka.

Saat musim dingin tiba, pemandangan indah dari gerombolan burung bangau yang sedang mencari makan pasti membuatmu gemas, deh!

7. Niseko-Shakotan-Otaru Kaigan Quasi-National Park

8 Taman Nasional di Hokkaido Jepang yang Indah nan Memanjakan MataNiseko-Shakotan-Otaru Kaigan Quasi-National Park (instagram.com/takumi_matsuo)

Memiliki nama yang panjang, taman nasional ini terbagi atas tiga wilayah yakni Pegunungan Niseko, daerah pesisir Shakotan-Otaru, dan Marine Park. Pegunungan Niseko terdiri atas sejumlah gunung vulkanik yang ditumbuhi tanaman gambut.

Sedangkan daerah pesisir Shakotan-Otaru terletak di tebing yang berdiri 100 m di atas permukaan laut. Kamu pun dapat menaiki kapal sambil mengagumi pemandangan cantik laut dan tebing dengan mengunjungi Marine Park. 

8. Hidaka Sanmyaku-Erimo Quasi-National Park

8 Taman Nasional di Hokkaido Jepang yang Indah nan Memanjakan MataHidaka Sanmyaku-Erimo Quasi-National Park (instagram.com/maki1426)

Hidaka Sanmyaku-Erimo Quasi-National Park merupakan gabungan dari pegunungan terjal, tebing yang berdiri di atas pantai, dan gunung peridotit yang terbentuk dari batuan kasar nan padat. Bahkan, Pegunungan Hidaka pun dijuluki sebagai tulang punggung Hokkaido, lho!

Wah, 8 taman nasional di atas sungguh memanjakan mata, ya!

Ternyata, terdapat banyak wisata alam yang bisa dijelajahi di tengah hiruk pikuk keramaian Jepang. Jika sedang berlibur ke Negeri Sakura, 8 taman nasional di atas bisa kamu kunjungi untuk refreshing!

Baca Juga: 5 Kastil Megah dan Bersejarah di Jepang, Destinasi Wisata yang Elegan 

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

Kedokteran UNS 2017 aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya