Comscore Tracker

7 Aktivitas Seru Selain Mendaki Gunung yang Bisa Kamu Lakukan di Nepal

Kamu bisa mengagumi keindahan alam juga!

Nepal adalah negeri yang penuh keajaiban. Letaknya yang strategis berada di antara Pegunungan Himalaya dan Hutan India. Keindahan alamnya terjamin. Jika kamu menyukai wisata alam, Nepal sudah pasti harus masuk ke dalam bucket list-mu!

Saat mendengar tentang Pegunungan Himalaya atau Gunung Everest, pasti aktivitas pertama yang terlintas di kepalamu adalah mendaki gunung. Memang mendaki gunung di Nepal terlihat menantang dan seru. Tapi kan tidak semua orang memiliki energi dan semangat untuk melakukannya. Kalau kamu mager mendaki gunung, kamu tidak usah bingung, karena masih ada tujuh aktivitas seru lainnya yang bisa kamu lakukan di Nepal!

1. Terbang Mengelilingi Pegunungan Himalaya

7 Aktivitas Seru Selain Mendaki Gunung yang Bisa Kamu Lakukan di Nepalwikipedia.org

Kamu tidak perlu mendaki ke Puncak Everest untuk memandang seluruh Pegunungan Himalaya karena kamu bisa mengikuti tur pesawat mengelilingi pegunungan tersebut. Tur dilakukan selama kurang lebih satu jam.

Kamu hanya perlu duduk dengan santai. Pramugari dan pilot akan menjelaskan padamu gunung-gunung apa saja yang sedang tampak di luar jendela. Kamu juga bisa menikmati keindahan alam ini dari dalam kokpit pesawat, lho! Tentunya bergantian dengan penumpang lain, ya.

2. Menyambut Sunrise di Nagarkot

7 Aktivitas Seru Selain Mendaki Gunung yang Bisa Kamu Lakukan di Nepalwikimedia.org

Saat berkunjung ke Nepal, jangan sampai kamu melewatkan pemandangan matahari terbit di Nagarkot. Keistimewaan tempat ini adalah berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Pemandangan yang ditawarkan berbeda dengan yang ada di Indonesia.

Untuk bisa mencapai tempat ini, biasanya kamu harus menyewa taksi atau mobil tur lokal. Mereka akan menjemputmu dari hotel dan mengantarmu pulang. Tidak repot sama sekali, kan.

3. Terjun Payung Di Hadapan Gunung Everest

7 Aktivitas Seru Selain Mendaki Gunung yang Bisa Kamu Lakukan di Nepaleverest-skydive.com

Dilatarbelakangi pegunungan Himalaya yang mengagumkan, tidak heran jika Nepal adalah salah satu tempat terjun payung terbaik di dunia. Siapa sih yang tidak ingin terjun dari langit, tepat di depan Gunung Everest, menuju hamparan gunung bersalju?

Satu lagi nih alasan kenapa terjun payung di Nepal harus kamu lakukan paling tidak sekali seumur hidup. Titik pendaratannya berada di Gorak Shep, Kala Patthar, yaitu titik pendaratan terjun payung tertinggi di dunia. Ekstrem dan seru!

4. Menikmati Makanan Tradisional yang Penuh Gizi

7 Aktivitas Seru Selain Mendaki Gunung yang Bisa Kamu Lakukan di Nepalinstagram.com/adhicurry_tokyo

Nepal adalah negara yang kaya akan budaya, salah satunya tercermin dari makanan tradisional mereka yang beraneka ragam. Dal bhat adalah salah satu makanan khas Nepal yang paling terkenal.

Dal bhat disajikan dalam piring alumunium bundar yang ukurannya lebih besar dibanding piring-piring pada umumnya. Di dalamnya terdapat nasi putih, sayuran, kari, sup kacang, dan papad, semacam kerupuk yang rasanya gurih dan renyah.

Selain dal bhat, kamu juga bisa mencicipi momo, sejenis pangsit dengan isian daging domba. Gurih dan nagih banget!

Baca Juga: Selain Everest, 6 Wisata Keren di Nepal yang Wajib Dikunjungi 

5. Paralayang di Atas Danau Pokhara

7 Aktivitas Seru Selain Mendaki Gunung yang Bisa Kamu Lakukan di Nepalratopati.com

Danau Pokhara adalah salah satu tempat wisata alam di Nepal yang tidak boleh kamu lewatkan. Kamu bisa bersantai di tepian danau, berperahu hingga ke tengah, maupun terbang di atasnya!

Ya, kamu bisa melakukan paralayang di atas danau dan mengagumi keindahannya dari atas. Tak hanya Danau Pokhara, kamu juga bisa melihat seluruh Kota Pokhara dan Pegunungan Himalaya di kejauhan.

6. Bermain dengan Monyet di Swayambhunath

7 Aktivitas Seru Selain Mendaki Gunung yang Bisa Kamu Lakukan di Nepalinstagram.com/marvelsofnepal

Kuil Swayambhunath adalah salah satu kuil terpenting di Nepal. Bukan hanya orang Buddha, orang Hindu pun mengunjungi kuil ini untuk beribadah. Jika kamu beragama lain, kamu masih bisa datang untuk mengagumi keindahannya.

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di kuil ini adalah bermain dengan monyet-monyet yang berkeliaran di sana. Swayambhunath adalah tempat tinggal ratusan monyet, hingga dijuluki kuil monyet. Tidak perlu takut, monyet-monyetnya jinak kok!

 

7. Bertemu Harimau Bengal di Taman Nasional Chitwan

7 Aktivitas Seru Selain Mendaki Gunung yang Bisa Kamu Lakukan di Nepaleyesonnepal.com

Taman Nasional pertama di Nepal ini telah menjadi destinasi wisata yang populer. Kamu memiliki kesempatan melihat hewan-hewan yang dilindungi beraktivitas secara bebas di habitat mereka.

Binatang-binatang yang tinggal di Taman Nasional Chitwan di antaranya adalah gajah asia, badak bercula satu, buaya, aneka burung, dan tentu saja, harimau bengal! Di antara semua binatang di sana, yang paling istimewa adalah harimau bengal. Pasalnya, binatang ini hampir punah.

Namun berkat pemerintah dan masyarakat yang peduli dengan alam, jumlah harimau bengal terus meningkat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini. Kamu bisa menyapa mereka di Taman Nasional Chitwan!

Walaupun Nepal penuh dengan wisata alam, tapi bukan berarti kamu harus mengeluarkan banyak tenaga untuk menikmatinya. Jadi, kapan nih kamu mau berlibur ke Nepal?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus ke Nepal Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Aisyah Nawangsari Putri Photo Verified Writer Aisyah Nawangsari Putri

Small town girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You