Comscore Tracker

Unik dan Bersejarah, Ini 5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Arab Saudi 

Ternyata Arab Saudi menyimpan banyak surga tersembunyi

Pemerintah Arab Saudi kini sedang gencar-gencarnya mempromosikan pariwisata di dalam negeri sebagai bagian dari Saudi Vision 2030.

Pada bulan September lalu, untuk pertama kalinya mereka meluncurkan visa bagi wisatawan. Padahal biasanya hanya orang-orang yang melakukan perjalanan bisnis atau ibadah saja yang diperbolehkan memasuki kerajaan tersebut. 

Nah, jika kamu berencana untuk liburan di Arab Saudi, kamu perlu tahu dong tempat wisata keren apa saja yang ada di sana. Ternyata Arab Saudi punya banyak banget situs bersejarah yang sayang banget untuk dilewatkan. Lima diantaranya sudah diresmikan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Yuk, cek daftarnya di bawah ini.

1. Oasis Al-Ahsa

Unik dan Bersejarah, Ini 5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Arab Saudi arrajol.com

Sekitar 95% wilayah di Arab Saudi adalah gurun dan bukit. Sulit sekali menemukan pemandangan berwarna hijau di sana. Namun, tak banyak pula yang tahu bahwa kerajaan ini memiliki oasis terbesar di dunia, yaitu oasis Al-Ahsa.

Ukurannya yang sangat luas dan keasriannya yang selalu terjaga membuat Al-Ahsa masuk ke dalam daftar warisan budaya dunia. Di oasis ini, kamu bisa menemukan lebih dari dua juta pohon kurma, 150 mata air, dan hamparan sawah!

Selain pemandangan alam, kamu juga bisa menemukan situs-situs bersejarah di dalam al-ahsa, seperti masjid Jawatha, situs arkeologi Ain Qannas, dan benteng Qasr Ibrahim. 

2. Mada'in Saleh

Unik dan Bersejarah, Ini 5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Arab Saudi wikipedia.org

Mada'in Saleh memiliki arti kota yang saleh. Konon, di sinilah tempat kaum Tsamud dan Nabi Saleh bermukim pada tahun 300 SM. Akibat azab yang diterima oleh kamu Tsamud, tempat ini sempat dianggap terkutuk.

Untungnya, anggapan tersebut memudar. Mada'in Saleh kini dipromosikan sebagai tempat wisata yang indah dan penuh sejarah. Di sana, kamu akan menemukan rumah-rumah yang dibuat dengan cara memahat batu-batu raksasa.

Jika kamu perhatikan, Mada'in Saleh mirip sekali dengan Petra di Yordania. Para ahli mempercayai keduanya dibangun oleh Kerajaan Nabatean. Mereka menjadikan Mada'in Saleh sebagai ibukota kedua setelah Petra.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Arab Saudi Selain Kurma, Ada Buah Kesukaan Nabi

3. Distrik At-Turaif di Ad-Diriyah

Unik dan Bersejarah, Ini 5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Arab Saudi arabianbusiness.com

Ad-Diriyah adalah kota tua di tepi Riyadh yang menjadi saksi sejarah penting bagi Arab Saudi. Ratusan tahun lalu, tempat ini adalah pusat perdagangan yang mempertemukan pedagang asal Asia, Afrika, dan Eropa. Di sini pula, kerajaan Arab Saudi lahir.

Di pusat kota Ad-Diriyah, terdapat distrik bernama At-Turaif. Di distrik ini berdiri empat istana yang merupakan tempat tinggal anggota kerajaan Arab Saudi ratusan tahun yang lalu.

Distrik ini diresmikan menjadi warisan budaya dunia UNESCO pada tahun 2010. Untuk pertama kalinya, At-Turaif akan dibuka untuk umum pada bulan Januari 2020 mendatang.

4. Al-Balad

Unik dan Bersejarah, Ini 5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Arab Saudi flickr.com

Al-Balad adalah kota pelabuhan di pinggiran Jeddah. Nama lainnya adalah 'gerbang menuju Mekkah'. Sebelum adanya pesawat terbang, para jama'ah haji di seluruh dunia harus menempuh jalur laut. Di sinilah mereka turun dari kapal dan beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju kota Mekkah.

Kota ini dulunya sangat padat dan sibuk. Namun sejak maraknya pertambangan minyak, para penduduknya berbondong-bondong pindah ke utara untuk mencari penghasilan yang lebih tinggi.

Meski tak seramai dulu, Al-Balad bukanlah kota mati. Masih banyak penduduk yang tinggal di sana. Bahkan, masih banyak jama'ah haji yang mampir untuk membeli oleh-oleh di pasar Al-Balad.

5. Seni Batu di Kawasan Ha'il

Unik dan Bersejarah, Ini 5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Arab Saudi saudi-archeology.com

Bukan hanya Mesir saja yang memiliki petroglif atau pahatan-pahatan di atas batu. Arab Saudi bisa dibilang sangat kaya akan bebatuan dengan petroglif unik di permukaannya. Salah satunya adalah jajaran bebatuan di bukit Umm Sinman, Al-Manjor, dan Raat di kawasan Ha'il.

Kebanyakan objek gambar dari seni batu ini adalah kuda dan unta. Pahatan-pahatan ini menunjukkan betapa tua dan kayanya peradaban di Arab Saudi. Para ahli memprediksi petroglif-petroglif ini telah berusia 10.000 tahun!

Ternyata banyak banget ya situs unik di Arab Saudi. Kapan nih mau berlibur ke sana?

Baca Juga: UNESCO Menetapkan 66 Kota Kreatif Baru di Dunia, Indonesia Masuk, Lho!

Aisyah Nawangsari Putri Photo Verified Writer Aisyah Nawangsari Putri

Small town girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You