Comscore Tracker

Mengintip 6 Potret Cantik Al-Balad, Kota Tua Jeddah yang Bersejarah

Kota bersejarah yang tidak terlupakan di Jeddah

Al-Balad dinobatkan menjadi Historical Place of Jeddah oleh Unesco. Kota ini adalah pusat perbelanjaan Kota Jeddah. Al Balad yang menjelma menjadi pasar modern dan menjual banyak sekali barang dagangan ini terbilang memiliki desain bangunan yang begitu cantik dan antik. Yuk, lihat potret menarik dari tempat ini!

1. Rawashin

Mengintip 6 Potret Cantik Al-Balad, Kota Tua Jeddah yang Bersejarahunsplash/shakerkashgari

Menelusuri tempat ini mata pengunjung akan begitu dimanja. Gedung-gedung tua ini memiliki beberapa balkon (rawashin) yang didesain khusus sebagai perluasan ruangan dalam gedung dan dilengkapi dengan furnitur pendukung agar penghuni rumah bisa duduk nyaman menghadang hembusan angin sore.

Ukiran kayu pada jendela-jendela pun dibuat sedemikian rupa agar bisa membuat cahaya matahari masuk melalui celah-celah tersebut namun tidak membuat para penghuni kepanasan.

2. Gedung-gedung tua yang berimpitan

Mengintip 6 Potret Cantik Al-Balad, Kota Tua Jeddah yang Bersejaraharabnews.com

Penataaan gedung-gedung yang berusia ratusan tahun ini juga dibuat berimpitan satu sama lain dengan dipisahkan gang-gang kecil agar memudahkan para pejalan kaki untuk berlindung dari sengatan matahari.

Tak heran para turis sangat senang sekali melihat kota tua ini dan berdecak kagum dengan desain dan ornamen yang menghiasi gedung-gedung tua dan cantik itu. Lalu terbayang, apa yang terjadi dan bagaimana hiruk pikuk kehidupan dan peradaban Kota Jeddah ratusan tahun silam di tempat ini.

Baca Juga: 7 Aturan Unik di Uni Emirat Arab, Harus Tahu Nih Sebelum Pergi ke Sana

3. Museum dan bangunan bersejarah

Mengintip 6 Potret Cantik Al-Balad, Kota Tua Jeddah yang Bersejaraharabnews.com

Para penikmat sejarah pasti akan sangat senang bisa berkunjung ke sini. Ada beberapa museum yang terletak di Balad yang dibuka pada hari libur dan malam hari yakni pukul 5 sore hingga 10 malam. Terdapat sebuah meriam yang ada di Al-Balad, yang dulu digunakan sebagai senjata melawan penjajah yang masuk ke kota Jeddah.

4. Pintu masuk ke Kota Mekkah

Mengintip 6 Potret Cantik Al-Balad, Kota Tua Jeddah yang BersejarahDok.Pribadi/Ajeng

Jeddah, merupakan kota terbesar di Saudi kedua setelah pusat kota Riyadh. Al-Balad didirikan pada abad ketujuh dan pernah menjadi pusat Kota Jeddah.

Tempat ini dulunya adalah sebuah kota nelayan kecil yang menjadi pintu masuk ke Kota Mekkah pada saat orang-orang dari luar negara pergi haji. Jeddah Al-Balad inilah tempat pertama para jamaah berlabuh di Saudia sebelum meneruskan perjalanannya ke Mekkah. Tentunya masih ingat bagaimana kakek nenek kita pada zaman dahulu pergi haji melalui jalur laut atau naik kapal laut hingga menghabiskan waktu berbulan-bulan.

5. Toko-toko dengan nama Indonesia

Mengintip 6 Potret Cantik Al-Balad, Kota Tua Jeddah yang Bersejarahduniatimteng.id

Menariknya, kamu akan mudah sekali menjumpai toko-toko yang mengundang jamaah haji  dan umroh asal Indonesia, karena beberapa toko menggunakan kata "murah". Tak lupa terdapat beberapa kuliner nusantara agar menarik atraksi dari para pengunjung Indonesia melihat banyaknya jamaah dari Indonesia.

6. Tempat foto yang Instragamable!

Mengintip 6 Potret Cantik Al-Balad, Kota Tua Jeddah yang BersejarahDok.Pribadi/Ajeng

Nah, pastinya jika datang ke sini kamu pasti tidak tahan untuk mengabadikannya dalam gambar. Karena tempatnya yang begitu cantik dan pastinya instragramable  untuk diunggah dalam media sosialmu. Tidak kalah cantik dengan bangunan-bangunan khas Yunani, Greece, atau Santorini bukan?

Jadi jangan ragu untuk mampir ke Al-Balad ya jika kamu pergi ke negara gurun pasir ini. Apalagi selesai beribadah umroh atau haji, para jamaah pasti akan mampir ke Al-Balad untuk membeli buah tangan yang bisa dibawa ke tanah air. Jangan lupa mengabadikannya dalam kamera ponselmu, ya!

Baca Juga: 14 Kota Tua di Indonesia yang Sangat Apik dan Instagramable

Ajeng Satiti Ayuningtyas Okta Ferdiana Photo Writer Ajeng Satiti Ayuningtyas Okta Ferdiana

A young mom who passionate to write since child but don't know how to start. Now living in Jeddah to bring and take the hajj/umra passenger to and from Mecca.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya