Comscore Tracker

5 Museum Purbakala di Jawa Tengah yang Bisa Menambah Wawasan

Fosil manusia purba tertua ditemukan di Museum Buton Brebes!

Wisata tidak melulu soal bersenang-senang ria. Berwisata sekaligus belajar juga bisa dilakukan, lho! Jika kamu berencana melakukan wisata bernuansa sejarah, mungkin museum purbakala bisa jadi destinasi wisata pilihan. Saat ini museum purbakala sudah tersebar di beberapa daerah, sebagai contoh Jawa Tengah. Berikut beberapa museum purbakala yang ada di Jawa Tengah.

1. Museum manusia purba Sangiran Klaster Dayu di Karanganyar 

5 Museum Purbakala di Jawa Tengah yang Bisa Menambah Wawasangerbang masuk Museum Purbakala Sangiran di Karanganyar (commons.wikimedia.org/Midori)

Museum Sangiran Klaster Dayu terletak di Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Museum ini menjadi museum purba satu-satunya saat ini di Karanganyar yang menyimpan peninggalan purba penting.

Pengunjung museum akan diperlihatkan setiap lapisan tanah dari lapisan tanah berusia 1,2 juta tahun sampai lapisan tanah termuda beserta informasinya. Di museum ini juga ditemukan artefak paling tua di Indonesia.

2. Museum Purbakala Semedo di Tegal 

5 Museum Purbakala di Jawa Tengah yang Bisa Menambah Wawasanbagian depan Museum Situs Semedo di Tegal (indonesiatraveler.id)

Museum Semedo terletak di Desa Semedo, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal. Umumnya fosil yang ada di museum ini berupa fosil veterbrata yang pernah hidup sekitar 1,5 juta tahu lalu di zaman Plestosen.

Ada sekitar 3.100 fosil yang tersimpan di museum ini seperti fosil homo erectus, mandibula, alat paleolitik, kapak penetak, kapak perimbas, alat serpih, dan alat serut.

Baca Juga: 7 Museum Unik di Indonesia, dari Museum Fisik hingga Museum Virtual

3. Museum manusia purba Klaster Ngebung di Sragen 

5 Museum Purbakala di Jawa Tengah yang Bisa Menambah Wawasanbagian depan Museum Manusia Purba Klaster Ngebung di Sragen (jeda.id)

Di Sragen juga ada museum purba tepatnya di Desa Ngebung, Kecamatan Kalijembe Sragen. Museum ini menyimpan peninggalan purba berupa fosil binatang, aterfak, dan sisa-sisa kehidupan prasejarah.

Suguhan pertama yang akan kamu lihat saat memasuki Museum Ngebung ini adalah hamparan persawahan yang menghadap ke hutan jati alami. Di museum ini terdapat beberapa spot foto yang keren, cocok untuk berfoto bersama keluarga atau teman.

4. Museum Mini Purbakala Buton di Brebes 

5 Museum Purbakala di Jawa Tengah yang Bisa Menambah Wawasanilustrasi fosil manusia purba (commons.wikimedia.org/Ryan Somma)

Museum Buton yang berada di Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes ini memiliki peninggalan purba penting yang mengejutkan dunia. Di sini terdapat fosil manusia purba homo erectus yang usianya kurang lebih 1,8 juta tahun.

Lebih tua dari homo erectus di Museum Sangiran, Sragen yang berusia 1,5 juta tahun. Fosil manusia purba yang ditemukan di Brebes ini sekaligus menjadi fosil manusia purba tertua yang pernah ditemukan di Indonesia.

5. Museum Purbakala Pleret di Bantul

5 Museum Purbakala di Jawa Tengah yang Bisa Menambah Wawasanbagian depan Museum Pleret di Bantul (commons.wikimedia.org/Ryan Somma)

Museum Purbakala Pleret di Bantul ini sedikit berbeda dengan museum purba lainnya. Beberapa tempat di museum ini cukup bagus untuk mengabadikan momen, seperti gazebo di tengah taman bunga yang cantik. Museum ini tidak hanya menyimpan peninggalan masa prasejarah, tetapi juga peninggalan masa Mataram Islam. 

Museum purbakala memang cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi. Selain belajar mengenal prasejarah, kita juga dapat melihat secara langsung fosil-fosil temuan di sana. Jadi, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke museum purbakala?

Baca Juga: Museum Purbakala Hingga Wisata Alam, Ini Dia 5 Tempat Wisata di Kudus

Aji Trio Pamungkas Photo Writer Aji Trio Pamungkas

Menulis untuk berbagi informasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya