Comscore Tracker

8 Festival Seru Bulan Maret Ini Wajib Kamu Kunjungi!

Mungkin salah satunya ada di kotamu

Sebagai negara yang kaya akan budaya, Indonesia setiap bulannya selalu mengadakan festival untuk menjaga kelestarian budayanya. Memiliki pulau dan ragam adat istiadat, setiap daerah pasti memiliki budaya dengan ciri khasnya masing-masing. 

Seperti bulan Maret kali ini. Beberapa daerah sudah siap melaksanakan festival yang melibatkan masyarakatnya, bahkan turis mancanegara juga bisa berpartisipasi di dalamnya. Ini dia delapan festival yang bisa kamu saksikan.

1. Horas Samosir Fiesta

8 Festival Seru Bulan Maret Ini Wajib Kamu Kunjungi!Twitter.com/pesonatravelid

Setiap tahunnya, pulau Samosir selalu rutin menyelenggarakan Horas Samosir Fiesta sebagai perwujudan rasa syukur karena dikaruniai keindahan alam yang indah, yakni danau Toba.

Di Horas Samosir Fiesta kamu bisa menyaksikan pertunjukkan musik, festival budaya, kompetisi, olahraga dan pariwisata. Uniknya, festival ini belangsung cukup lama, yakni dari 7 Maret hingga 29 Desember 2019.

2. Muara Badak Festival

8 Festival Seru Bulan Maret Ini Wajib Kamu Kunjungi!balikpapan.prokal.co

Masyarakat di Kalimantan Timur, khususnya di daerah Muara badak setiap tahunnya berbahagia merayakan Muara Badak Festival yang berisi pawai budaya, color run, memperkenalkan Usaha Kecil Menengah (UKM) masyarakatnya hingga tabligh akbar. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 8-17 Maret 2019 di lapangan Bola Mutiara, Muara Badak.

3. Hari Tanpa Bayangan

8 Festival Seru Bulan Maret Ini Wajib Kamu Kunjungi!Instagram.com/daarulmutqin

Terletak di daerah khatulistiwa menjadikan Kutai Kartanegara memiliki keistimewaan tersendiri. Kutai Kartanegara yang dilalui garis 0° equator setiap tahunnya berlangsung festival hari tanpa bayangan yang membuat bayangan kita tak terlihat di bawah matahari. Festival ini bisa dilakukan oleh semua orang selama sinar mataharinya tak terlalu menyengat dan diperkirakan berlangsung tanggal 23 Maret 2019.

Baca Juga: Menarik Nih, 5 Festival Unik Cuma Ada di Norwegia

4. Exciting Banten on Seba Baduy

8 Festival Seru Bulan Maret Ini Wajib Kamu Kunjungi!Instagram.com/rustamawat

Ingin melihat adat isitiadat yang unik suku Baduy? bulan Maret kali ini kamu tak perlu pergi ke pedalaman suku Baduy. Pada tanggal 24-31 Maret 2019 nanti akan berlangsung Exciting Banten on Seba Baduy di kota Serang. Masyarakat bisa menyaksikan festival ini secara gratis namun tetap menaati peraturan yang ditulis demi menghormati acara spiritual suku Baduy. 

5. Jembayan Kampung Tuha

8 Festival Seru Bulan Maret Ini Wajib Kamu Kunjungi!Instagram.com/jejak_budaya

Salah satu festival di Kutai Kartanegara yang juga berlangsung bulan Maret ini ialah Jembayan Kamung Tuha. Festival ini dimaksudkan untuk mengenang kejayaan daerah Jembayan dan menjaganya sesuai dengan akarifan lokal. Terdapat beberapa kegiatan yang bisa kamu nikmati, seperti napak tilas situs sejarah, kuliner, karnaval hingga pertujukan seni lainnya. Fetival Jembayan Kampung Tuha 24-31 Maret 2019.

6. Bali Spirit Festival

8 Festival Seru Bulan Maret Ini Wajib Kamu Kunjungi!Instagram.com/balispiritfest

Menggabungkan orang bertalenta dari Indonesia belahan negara lainnya cuma bisa kamu saksikan di Bali Spirit Festival yang akan dilaksanakan di Purnati Center for The Arts dari tanggal 24-31 Maret 2019.

Kegiatan pertunjukan seni, yoga hingga kemanusiaan bisa kamu temukan disini. Uniknya, tiketnya dijual secara terpisah sesuai keinginan penontonnya. Bisa memesan tiket penuh maupun hanya menyaksikan musik maupun yoga saja.

7. Bangka Culture Wave

8 Festival Seru Bulan Maret Ini Wajib Kamu Kunjungi!Instagram.com/juliannovarino

Buat pecinta seni lukis, wajib banget ke Bangka Culture Wave di Purnati Center for The Arts. Festival ini tak hanya berisi pertujukan seni, melainkan juga memiliki unsur edukatif. Kamu bisa bisa mencicipi kuliner khas Bangka di Sungailiat, Bangka Tengah, Bangka Belitung. Belangsung dari tanggal 24 Maret- 4 April 2019.

8. Tour de Bintan

8 Festival Seru Bulan Maret Ini Wajib Kamu Kunjungi!tourdebintan.com

Festival palingditunggu bagi para pecinta olahraga sepeda. Tour de Bintan setiap tahunnya diikuti oleh para pesepeda handal dari berbagai daerah bahkan mancanegara. Mulai tanggal 29 hingga 31 Maret kamu bisa menyaksikan festival ini di area Terminal Simpang Lagoi dan Bintan Lagoon Resorts, kepulauan Bintan, Kepulauan Riau. 

Mana nih festival yang ingin kamu saksikan di bulan Maret ini?

Baca Juga: 8 Festival Musim Semi Korea Selatan 2019 yang Paling Ditunggu

Akbar Photo Verified Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya