Comscore Tracker

5 Masjid Bersejarah di Turki yang Patut Kamu Kunjungi, Cantik Banget!

Patut dijadikan daftar wisata religi nih!

Turki merupakan negara yang wilayahnya berada di antara dua benua, yakni benua Eropa dan benua Asia. Negara mayoritas muslim ini cukup terkenal dengan keindahan tempat wisatanya yang kental dengan sejarah berbau religi. Salah satunya berupa masjid.

Di Turki ada begitu banyak masjid megah nan bersejarah. Karena keindahannya, masjid bersejarah di sana kerap kali dikunjungi para wisatawan dari berbagai negara. Dan ini dia lima masjid bersejarah di Turki yang patut masuk ke dalam daftar destinasi wisata religi kamu di bulan Ramadan kali ini.

1. Masjid Sulaimaniyah

5 Masjid Bersejarah di Turki yang Patut Kamu Kunjungi, Cantik Banget!www.istanbulkulturturizm.gov.tr

Masjid Sulaimaniyah dibangun oleh Sultan Sulaiman I pada tahun 1550 dengan arsiteknya yang bernama Mimar Sinan. Itulah mengapa masjid ini sangat erat kaitannya dengan masa kerajaan Ottoman yang pada saat itu dipimpin oleh Sultan Sulaiman I.

Masjid Sulaimaniyah ini diklaim sebagai masjid terbesar yang ada di Istanbul, Turki. Ukuran lebarnya mencapai 58 meter, sedangkan panjangnya 59 meter. Selain tempat untuk beribadah, masjid ini juga difungsikan sebagai rumah sakit, madrasah, perguruan tinggi, bahkan sebagai dapur untuk masyarakat yang kekurangan makanan. Jadi penasaran ingin berkunjung kan?

2. Masjid Rustem Pasha

5 Masjid Bersejarah di Turki yang Patut Kamu Kunjungi, Cantik Banget!www.rvcj.com

Seperti namanya, masjid ini dibangun oleh Rustem Pasha yang merupakan menantu dari Sultan Sulaiman yang berasal dari Bosnia. Ukuran masjidnya tidak terlalu besar atau lebih kecil dari masjid lainnya. Karena pada masa itu Sultan Sulaiman tidak memperbolehkan untuk membangun masjid yang dapat menyaingi masjid yang telah dibangunnya.

Sedangkan interiornya sendiri dihiasi dengan keramik berwarna merah yang didatangkan khusus dari Iznik. Iznik merupakan suatu daerah di Turki yang terkenal dengan hasil keramiknya.

3. Masjid Hagia Sophia

5 Masjid Bersejarah di Turki yang Patut Kamu Kunjungi, Cantik Banget!www.examiner.com.au

Masjid yang patut kamu kunjungi selanjutnya adalah Masjid Hagia Sophia. Masjid ini memiliki sejarah yang cukup menarik, yakni dulunya bangunan ini merupakan sebuah gereja di masa Byzantium Roma.

Hingga akhirnya bangunan tersebut drubah menjadi sebuah masjid oleh Sultan Muhammad Al Fatih. Hiasan yang ada di dalamnya pun diganti dengan tulisan-tulisan Arab. Namun Masjid Hagia Sophia tetap memiliki gaya arsitektur ala Romawi. Tetapi sekarang masjid Hagia Sophia telah dialih fungsikan sebagai museum yang memiliki segudang sejarah di Turki, dan setiap harinya banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara.

4. Masjid Agung Mardin

5 Masjid Bersejarah di Turki yang Patut Kamu Kunjungi, Cantik Banget!www.yenisafak.com

Mardin merupakan sebuah kota di Turki yang letaknya berada di tenggara dan berbatasan dengan negara Irak serta Siria. Kota Mardin ditaklukkan oleh Bani Umayyah pada tahun 641 masehi. Hingga akhirnya dijadikan sebagai kota Islam dan banyak dikunjungi oleh orang Arab.

Dan salah satu peninggalan sejarahnya adalah Masjid Agung Mardin yang masih ada hingga kini. Masjid tersebut memiliki kubah besar dengan menara masjid yang amat kokoh. Nah, masjid yang satu ini cocok untuk jadi pilihan tempat wisata religi di bulan Ramadan.

5. Masjid Biru

5 Masjid Bersejarah di Turki yang Patut Kamu Kunjungi, Cantik Banget!ahguzelistanbul.tumblr.com

Kalau berwisata ke Turki tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi masjid yang satu ini. Yap, Masjid Biru merupakan masjid yang paling populer di Turki. Masjid tersebut dibangun pada tahun 1616 oleh Sultan Ahmet I. Pada awalnya seorang arsitek terkenal sekaligus guru Sultan, yakni Mimar Sinan menunjukan sebuah bangunan bergaya timur tengah dengan perpaduan gaya romawi kepada Sultan. Akhirnya sang Sultan pun memiliki ide untuk membangunnya dalam sebuah masjid dengan bantuan seorang arsitek yang bernama Sedefkar Mehmed Agha.

Masjid Biru memiliki sembilan kubah yang terdiri dari satu kubah utama dan delapan kubah penyangga. Selain itu ada enam menara yang menjulang tinggi di sana. Keindahaan warna birunya dapat membuat siapa saja terpukau. Dan ketika di malam hari, masjid ini akan terang dengan lampu-lampu yang ada di dalamnya.

Wah, Turki memiliki banyak masjid yang bersejarah guys! Pas banget untuk dikunjungi pada bulan Ramadan seperti saat ini.

Baca Juga: 5 Masjid Berarsitektur Megah di Mesir Ini Wajib Kamu Kunjungi

Akromah Zonicc Photo Community Writer Akromah Zonicc

Ketika mulut tak sanggup berlisan lagi, segalanya akan tertuang dalam bentuk tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You