Comscore Tracker

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Sebelum ke Taj Mahal, India

Bawa barang seperlunya 

Negara asal para pemain Bollywood, India memiliki objek wisata yang paling menarik untuk dikunjungi, Taj Mahal. Masjid yang dibangun sebagai bukti cinta suami terhadap istrinya ini hingga sekarang masih terus terjaga dan diabadikan sebagai warisan keajaiban dunia.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke sana pastikan mengetahui lima hal penting berikut ini!

1. Perhatikan waktu kunjungan

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Sebelum ke Taj Mahal, Indiagetyourguide.com

Taj Mahal dibuka setiap hari dan selalu ramai dikunjungi para pelancong dari berbagai negara. Jika kamu ingin mampir menikmati salah satu keajaiban alam yang satu ini, kunjungi waktu idealnya yaitu pada bulan Oktober hingga Februari. Hindari untuk pergi di bulan Maret-Juli karena tiba puncak musim kemarau dengan suhu panas cukup ekstrem. 

Setiap hari Jum'at Taj Mahal juga biasa dipenuhi para muslim yang beribadah di siang hari. Saat digunakan seperti ini keindahan Taj Mahal bisa dinikmati dari Mehtab Bagh, bagian terluar dari Taj Mahal.

2. Gunakan jasa panduan wisata yang terjamin

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Sebelum ke Taj Mahal, Indiaunsplash.com/@sylwiabartyzel

Tour guide lokal di sekitar Taj Mahal bisa banyak kita temui dengan varian harga yang beragam. Namun jika kalian ingin mendapat wawasan lebih dan perjalanan jadi berkesan sebaiknya pilih pemandu wisata yang terjamin atau profesional. Sebab banyak pemandu wisata yang tidak resmi dan memberikan penjelasan singkat bahkan tidak benar. 

Sayang banget kan jika waktu kunjungan yang sudah dibatasi maksimal 3 jam per kunjungan ini tidak dimanfaatkan dengan baik dan benar. 

3. Pakai pakaian yang sopan

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Sebelum ke Taj Mahal, Indiaandbeyond.com

Tidak ada aturan secara tertulis yang mengharuskan para wisatawan memakai pakaian agamais, namun untuk sekadar menghormati gunakanlah pakaian yang sopan. Hindari baju ketat atau pendek agar kunjungan tetap nyaman dan tidak merasa risih bila mendapat perlakuan yang kurang ramah dari warga lokal. 

Baca Juga: Sejarah Taj Mahal, Saksi Bisu Kisah Cinta Abadi dari India

4. Batasi barang bawaan

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Sebelum ke Taj Mahal, Indiaunsplash.com/@arashbal

Menjadi bangunan bersejarah dan dilindungi oleh UNESCO membuat Taj Mahal dilengkapi pengamanan yang cukup ketat. Ini dimaksudkan agar tidak ada kerusakan atau hal yang tidak diinginkan terjadi. Ketika di gerbang masuk ada pemindai tas yang berfungsi untuk mendeteksi barang apa yang dibawa pengunjung.

Yang tidak boleh dibawa ke Taj Mahal diantara lain seperti, makanan atau minuman dari luar, produk tembakau, drone, permen karet, dan bendera.

5. Lapisi alas kaki dengan penutup

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Sebelum ke Taj Mahal, Indiaaljanh.net

Taj Mahal termasuk daerah suci yang digunakan untuk tempat beribadah. Wajar bila pihak pengelola mengharuskan pengunjung memasang penutup kaki yang dipasang pada alas kaki. Atau jika kalian tidak nyaman Taj Mahal bisa dimasuki dengan kaki telanjang alias dengan tidak memakai sepatu atau sandal. 

Mengunjungi situs warisan budaya seperti ini memang harus sangat diperhatikan ya keamanan, kebersihan ataupun kenyamanannya. Yuk, kita jaga bersama!

Baca Juga: Taj Mahal Berubah Warna, Pemerintah India Cari Bantuan Asing

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You