Comscore Tracker

Hanya di Jogja! Referensi Wisata dan Makan di Bawah Budget Rp 100 Ribu

Keren dan murah! Piknik seharian, perut kenyang

Sesekali melepas penat bersama sahabat, nostalgia dengan mantan, merangkai momen seru bareng pacar, atau iseng-iseng mendapatkan teman baru di setiap perjalananmu tak ada salahnya lho. Jangan sampai kamu yang masih muda jadi kurang piknik dan depresi karena tak kunjung melepaskan penat.

Namun memang kesibukan yang menyita waktu dan kebutuhan hidup yang merampas pendapatanmu, seringkali jadi faktor penghambat dirimu untuk keluar dari zona nyaman menuju zona petualangan.

Tapi di Yogyakarta atau sering disebut Jogja, kamu nggak perlu alasan seperti itu. Sehari atau dua hari lebih dari cukup untuk melepas penatmu. Budget yang kamu butuhkan hanya Rp 100 ribu. Itu sudah termasuk makan, lengkap dengan wisata sebanyak yang kamu mau.

Simak saja tempat wisata yang kami rangkum buat kalian agar tak bimbang memilih lokasi berpetualang!

Sarapan Gudeg di Kawasan Jalan Malioboro, Nikmat yang Belum Tentu Ada di Kota Besar Lainnya

Hanya di Jogja! Referensi Wisata dan Makan di Bawah Budget Rp 100 RibuDoc. Pribadi

Jalan-jalan ke Jogja belum lengkap kalo kamu belum mampir ke kawasan wisata Malioboro. Sudah pernah nyobain sajian nasi + gudeg + telor + teh hangat? Murah meriah dan bikin kenyang. Cukup supaya aktivitas harianmu lancar.

Psssttt, pedestrian Malioboro baru saja direnovasi awal tahun ini, yang pastinya instragamable dan unik untuk menambah koleksi foto kamu. Foto berdua bareng pasangan jelas romantis. Kalaupun sendirian jangan sedih, orang-orang di Jogja ramah-ramah kok. Kamu nggak bakal merasa sendiri, tetep berasa di rumah sendiri.

Lokasi: Pedestrian depan gedung Malioboro Mall

Harga: Rp 10 ribu perporsi berisi nasi + gudeg + telor + teh anget

Parkir motor: Rp 3 ribu (parkir motor Abu Bakar Ali/ ABA)

Total: Rp 13 ribu perorang

Catatan: Sebaiknya pukul 06.00 wib harus ada di lokasi ini. Masih sepi, dingin, belum panas, dan belum banyak hulu-hilir kendaraan.

Wisata Embung Nglanggeran, Hamparan Keindahan dari Puncak Istimewanya Yogyakarta

Hanya di Jogja! Referensi Wisata dan Makan di Bawah Budget Rp 100 RibuInstagram

Mumpung masih pagi, langsung saja menuju spot wisata di Embung Nglanggeran. Lokasinya bisa ditempuh menggunakan kendaraan motor/ mobil dengan jarak tempuh sampai 120 menit dari kota Jogja. Tapi hati-hati. Karena mendekati lokasi, jalan mulai sempit dan menanjak.

Sengaja kami rekomendasikan pagi hari karena jarang ada hujan ketika pagi. Jika hujan, jalanan akan sangat licin dan berbahaya. Terutama bagi perempuan dan pengguna mesin matic.

Panorama embung air yang indah dengan background dataran rendah yang terhempas luas, menjadikan kawasan Embung Nglanggeran begitu bermakna dan asri untuk disinggahi.

Saking indahnya, tak sedikit yang menggunakan tempat ini untuk melakukan foto pre-wedding atau foto endorse.

HTM: Rp 0,- / Free

Parkir motor: Rp 2 ribu

Lokasi: Kawasan Wisata Gunung Api Purba, Nglanggeran

Catatan: Kami rekomendasikan berangkat pukul 07.00 wib. Tiba di lokasi sekitar pukul 09.00 wib. Perjalanan pagi hari selalu menyenangkan. Terlebih karena kalian akan melewati jalur bukit pathuk yang tersohor, karena liuk-liuk jalannya indah, dan asri brrkat pohon di kanan-kirinya.

 

Jurang Tembelan, Romantisnya Kebangetan!

Hanya di Jogja! Referensi Wisata dan Makan di Bawah Budget Rp 100 RibuInstagram

Berada di kawasan wisata Dlingo, Bantul. Jurang Tembelan kini menjadi populer karena ada beberapa spot foto yang keren, unik, dan juga romantis. Dijamin kamu tak akan kekurangan stok foto untuk akun sosial media kamu.

Kamu akan mendapati stimulus penyegar mata yang akan mendoktrin kamu, bahwa alam Indonesia itu indah luar biasa. Pegunungan yang hijau, sungai Oya yang melintas membelah bukit, udara "sembribit" yang menyegarkan raga, dan tentu keramahan warga sekitar yang bikin kamu betah berlama-lama di sini.

- Spot kapal bambu (foto prewed disini asli recomended buat kamu yang anti mainstream)
- Spot sayap kupu-kupu
- Spot panggung jurang tembelan
- Spot gardu pandang jurang tembelan

Dan informasinya akan ada tambahan beberapa spot baru di sini, jadi rasa-rasanya kok sehari nggak cukup yaa? :-D 

Oh iya. Saat melakukan perjalanan ke sini, kamu akan melewati banyak lokasi wisata seperti Pinus Pengger, Puncak Becici, Pinus Asri, Kebun Buah Mangunan, dan Seribu Batu Songgo Langit.

HTM: Rp 0,- / Free

Parkir motor: Rp 2 ribu

Lokasi : Kawasan Wisata Dlingo, Bantul

Catatan : Di hari yang sama dari Embung Nglanggeran berangkat pukul 10.00 wib. Tiba di lokasi sekitar pukul 10.45 wib. Akses jalan mudah dan sinyal operator seluler cukup bagus. Memang belum banyak plakat atau tanda petunjuk jalan. Tapi dengan waze atau G-maps sudah lebih dari cukup kok guys.

Seribu Batu Songgo Langit, Ada Rumah Hobbit dan Rumah Seribu Kayu Di sini

Hanya di Jogja! Referensi Wisata dan Makan di Bawah Budget Rp 100 RibuInstagram

Jangan berlama-lama di Jurang Tembelan, menjelang jam makan siang (Anggap saja pukul 12.00 wib), sebaiknya kalian coba mampir ke lokasi wisata Seribu Batu Songgo Langit, yang cuma berada 5 menit di utara Jurang Tembelan (arah pulang Jogja).

Lokasi ini sangat unik dijadikan spot foto yang anti mainstream. Bukan lagi gardu pandang atau rumah pohon, tapi di Seribu batu Songgo Langit ini juga ada:

- Rumah Hobbit (Mirip yang ada di Taman Kelinci Pujon Malang/ di Ciwedeuy Bandung)
- Rumah Seribu Kayu
- Deretan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi
- Jembatan cinta yang asik buat selfie rame-rame
- Jembatan kayu yang menghubungkan pohon ke pohon
- Bebatuan raksasa di puncaknya, unik dan instagramable
- Flying Fox untuk kamu yang suka menguji adrenalin
- Rumah pohon
- Gardu pandang

Suasana hutan masih asri. Lokasinya berada di pegunungan. entu sangat sejuk sehingga bisa mengusir penatmu yang menumpuk. Lokasi wisata ini secara administratif terletak di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Yang tak habis pikir, untuk menikmati banyaknya spot foto dan keagungan karya Tuhan ini, kamu cukup merogoh kocek nggak lebih dari 10 ribu. Padahal fasilitas di spot wisata ini juga cukup lengkap ada bangku, warung makan, mushola, dan rest area.

Nah, siang hari yang terik tak akan kamu rasakan di sini. Karena saking rindangnya pohon-pohon dan keasrian yang masih terjaga. Sekalian deh makan siang dengan menu-menu sederhana khas Jogja atau khas anak kos.

Variasi menu makan sangat beragam dan murah meriah. Jangan takut untuk menanyakan harga untuk memastikan. Ibu Bapak yang jualan sudah seperti keluarga sendiri kok guys.

HTM : Rp 2 ribu perorang

Parkir motor: Rp 2 ribu, mobil : Rp 5 ribu

Menu makan/ minum: Rp 2 ribu sampai Rp 15 ribu

Lokasi: Kawasan Wisata Dlingo, Bantul

Catatan: Dari Jurang Tembelan pukul 12.00 wib. Tiba di lokasi sekitar pukul 12.05 wib. Karena lokasinya memang berdekatan. Makan siang juga kami rekomendasikan di sini. Fasilitas penunjangnya lengkap (Ada mushola, rest area, toilet, dan lainnya).

Puncak Becici, Kamu Bakal Enggan Pulang

Hanya di Jogja! Referensi Wisata dan Makan di Bawah Budget Rp 100 RibuInstagram

Puncak Becici, Mangunan, Bantul, Yogyakarta tidak kalah menariknya dari Embung Nglanggeran, Jurang Tembelan, maupun Seribu Batu Songgo Langit. Nilai lebih dari Puncak Becici adalah kamu bisa menyaksikan matahari terbenam (sunset) yang mengagumkan.

Dibandingkan dari hutan pinus lainnya, Puncak Becici masih kalah populer (Walau masih dalam satu wilayah juga sih). Puncak Becici juga memiliki deretan pohon-pohon pinus.

Dulunya bukan dikenal sebagai sebuah tempat wisata, namun menjadi bagian dari kawasan hutan lindung di bawah pengawasan Resor Pemangku Hutan (RPH). Dulunya lebih dikenal sebagai hutan produksi getah pohon pinus (dikelola oleh Dinas Perhutani).

Ada pula bangku kayu dan gazebo yang bisa menjadi tempat bersantai para pengunjung tempat wisata ini. Jika kamu datang beramai-ramai, ada sebuah area lapang dengan tanah yang terhampar cukup luas.

Kalau mau, kamu juga bisa membangun tenda di area tersebut. Suasana pepohonan pinus yang menjulang tinggi cocok untuk berkemah di sini. Jika sore hari, golden sunset akan sangat mengagumkan. Banyak yang menyebut gardu pandang di Puncak Becici ini mirip dengan gardu pandang di Kalibiru.

Maklum saja, karena di sini para wisatawan bisa menyaksikan pemandangan Kota Jogja dengan jelas dari ketinggian (Puncak Becici ini menghadap ke arah barat).

Pada momen tersebut, jangan heran kalau ada banyak pengunjung lain yang sudah datang terlebih dulu. Karena ukuran gardu pandang yang tidak terlalu besar, tentu saja kamu harus mengantre. Sebagai gantinya, kita bisa memilih untuk duduk bersantai di tempat duduk ataupun gazebo.

HTM: Rp 0,- / Person

Parkir motor: Rp 3, ribu, mobil Rp 10 ribu

Lokasi : Puncak Becici, Mangunan, Bantul

Catatan: Kami menyarankan untuk beralih dari Seribu Batu Songgo Langit pukul 14.00 wib. Tiba di lokasi sekitar pukul 14.15 wib. Lokasinya ada di utara Seribu Batu Songgo Langit (Sekalian menuju arah pulang Jogja).

Kalau kamu pecinta sunset, kamu bisa mendapatkannya di sini (recomended). Namun, jika dirasa cukup menikmati alam dan kebersamaan, coba beralih ke Pinus Pengger (juga satu arah pulang ke Jogja).

Hutan Pinus Pengger, Mau Pulang Malah Mager

Hanya di Jogja! Referensi Wisata dan Makan di Bawah Budget Rp 100 RibuInstagram

Pinus Pengger termasuk kawasan yang sudah dikomersilkan, didukung beberapa fasilitas lengkap walau tidak terlalu 'wah'. Setidaknya beberapa fasilitas ini dibutuhkan oleh wisatawan yang berkunjung ke sana.

Beberapa fasilitas yang ada di Pinus Pengger di antaranya warung, toilet, tempat parkir dan musala. Selain itu terdapat fasilitas Free Wifi (Walau aksesnya susah, bahkan hampir nggak bisa juga sih) dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Spot favorit yang di Pinus Pengger bernama “Puncak Lampeng”. Tempat ini adalah spot gardu padang yang ada di kawasan hutan pengger dengan menyajikan keindahan alam hijau. Dari sinilah biasanya pengunjung menikmati sunset saat sore hari.

Selain itu ada juga jembatan yang antimainstream. Lumayan tinggi dari muka tanah, dan menghubungkan satu pohon ke pohon lainnya.  

Ada juga spot foto yangberbentuk telapak tangan raksasa, di mana kamu bisa singgah di atasnya dan melihat pemandangan kota jogja, sungai dan pegunungan di seberangnya.

Beberapa spot lain seperti sangkar burung, patung seni dan lain-lain akan segera menyusul sebagai pengembangan wisata Pinus Pengger.

HTM: Rp 2 ribu perorang

Parkir motor : Rp 3 ribu, mobil Rp 10 ribu

Lokasi : Pinus Pengger, Mangunan, Bantul

Catatan: Kalau kamu berangkat dari Puncak Becici pukul 16.00 wib, mungkin berselang 15 menit kamu sudah sampai di Pinus Pengger. Di sini kamu juga bisa mendapatkan sunset, seperti halnya di Puncak Becici.

Bukit Bintang Pathuk, Lokasi Kuliner Malam yang Mengenyangkan, Murah Meriah Pula!

Hanya di Jogja! Referensi Wisata dan Makan di Bawah Budget Rp 100 RibuInstagram

Saat senja berangsur hilang, malam datang dengan perlahan, diiringi perut yang mulai keroncongan. Kamu bisa sejenak mampir di kawasan Bukit Bintang. Di sini banyak berjejer warung makan untuk memanjakan selera lidahmu dan mengisi tenaga yang terkuras setelah seharian pergi menyusuri alam.

Menu makanan yang disajikan beragam dan murah meriah! Nggak ada mark up harga. Kalau belum yakin, kamu bisa kok menanyakan dan klarifikasi harga. Pilihlah tempat duduk di pojokan yang mengarah ke pemandangan kota Jogja.

Kerlip lampu kota yang gemerlap, dengan angin malam yang mengusap kulitmu akan memberi sensari baru, dan beda dari suasana makan malam di tengah kota yang biasa kamu temui.

HTM: Rp 0,- / Person

Parkir motor: Rp 2 ribu, mobil Rp ribu

Menu makan / minum : Rp 2 ribu sampai Rp 20 ribu

Alun-alun Kidul, Sesi Melatih Ketenangan Jiwa Bisa Kamu Lakukan di Sini

Hanya di Jogja! Referensi Wisata dan Makan di Bawah Budget Rp 100 RibuInstagram

Setelah seharian melepas penat dan tenaga, pastikan mampir ke Alun-alun Kidul Keraton Yogyakarta untuk mempererat hubungan (Kalau kamu ada gandengan). Kalau sendiri, kamu punya kesempatan dapat gebetan baru di sini.

Banyak banget mahasiswa/i yang juga bersantai ria di sini. Kuncinya sederhana, percaya diri, ramah, dan santai saja. Jogja selalu membuka hatinya untuk siapapun.

Di setiap sudutnya selalu ada kerinduan, termasuk kamu setelah pulang.

HTM: Rp 0,- / Person

Parkir motor: Rp 3 ribu, mobil Rp 10 ribu

Wedhang Ronde: Rp 8 ribu

Jagung Bakar Jumbo: Rp 10 ribu

Jadi, Yakin Masih Nggak Mau Piknik?

Hanya di Jogja! Referensi Wisata dan Makan di Bawah Budget Rp 100 RibuInstagram

Rekap Biaya Seharian Liburan Di Yogyakarta dan Makan Sampai Kenyang

Sarapan (Malioboro) : Rp 13.000,- (Parkir motor, makan dan minum)
Embung Nglanggeran : Rp 2.000,- (Parkir motor)
Jurang Tembelan : Rp 2.000,- (Parkir motor)
Seribu Batu Songgo Langit : Rp 19.000,- (HTM, Parkir motor, makan siang dan minum)
Puncak Becici :  Rp 3.000,- (Parkir motor)
Pinus Pengger :  Rp 5.000,- (HTM, Parkir motor)
Bukit Bintang Pathuk : Rp 22.000,- (Parkir motor, makan malam dan minum)
Alun-aluh Selatan : Rp 21.000,- (Parkir motor, wedhang ronde, jagung bakar)

Total : Rp. 87.000,-

Tuh kan, dihitung berapa kali pun, tidak sampai 100 ribu kamu sudah bisa menikmati 8 lokasi wisata di Jogja dengan belasan spot foto. Ribuan foto jelas bisa kamu dapat, ketenangan jiwa kamu raih, penat kamu lepas, depresi kamu singkirkan, dan pastinya piknik kamu realisasikan!

Alde Photo Writer Alde

Penyuka kopi, pendengar yang baik, dan kadang menulis karena hobi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya