Comscore Tracker

Wisata Mulai Normal, Tingkat Kunjungan Turis Kota Batu Naik 20 Persen 

Semoga kesehatan dan perekonomian berjalan seiring ya 

Batu, IDN Times - Perkembangan sektor pariwisata di Kota Batu terus menunjukkan tanda positif. Setelah sempat tak ada aktifitas lebih dari tiga bulan, pariwisata Kota Batu mulai kembali meningkat.

Sejak dibuka pada akhir Juni, kunjungan wisata ke Kota Batu perlahan mulai meningkat. Hal itu juga turut dirasakan positif oleh para pelaku pengusaha. Hal itu bisa dilihat dari okupansi perhotelan di kota wisata Batu. 

1. Okupansi naik hingga 20 persen

Wisata Mulai Normal, Tingkat Kunjungan Turis Kota Batu Naik 20 Persen Situasi alun-alun Kota Batu yang kembali ramai dikunjungi masyarakat. IDN Times/ Alfi Ramadana

Saat ini, jika dipersentase, maka tingkat kenaikan kunjungan wisatawan mencapai 20 persen. Jika ditotal maka tingkat kunjungan wisatawan di Kota Batu sudah mencapai 50 persen dari sebelumnya hanya 30 persen. Dampaknya, sektor perhotelan dan jasa juga kembali bergeliat setelah sebelumnya nyaris tak ada aktifitas saat pariwisata ditutup total pada awal pandemik COVID-19. 

"Peningkatan kunjungan wisatawan saat ini cukup lumayan. Rata-rata kisaran 20 persen," ungkap Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Senin (14/9/2020). 

Baca Juga: Kasus Terus Meroket, Kota Batu Jadi Zona Orange  

2. Setiap akhir pekan selalu full

Wisata Mulai Normal, Tingkat Kunjungan Turis Kota Batu Naik 20 Persen Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat sidak kesiapan Jatim Park 3 jelang buka kembali. IDN Times/ Alfi Ramadana

Kasus COVID-19 yang belum kunjung turun nyatanya tetap tak menghalangi para wisatawan untuk datang ke Batu. Sebagai contoh saat libur panjang Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia lalu seluruh hotel di Kota Batu dipenuhi oleh para wisawatan. Hal yang sama juga terjadi saat menjelang akhir pekan. Hampir seluruh hotel di Kota Batu selalu dipenuhi oleh wisatawan.

Untuk keamanan, Pemkot Batu juga melakukan pengawasan dan menempatkan petugas pada tiap-tiap tempat wisata dan hotel. Hal ini untuk memastikan baik pengelola hotel dan wisatawan menerapkan protokol COVID-19. 

"Konsep kami saat ini adalah bagaimana kesehatan kami jaga, tetapi perekonomian bisa jalan. Maka dari itu kami lakukan pengamanan-pengamanan," sambungnya. 

3. Pastikan kesehatan dan perekonomian bisa seiring

Wisata Mulai Normal, Tingkat Kunjungan Turis Kota Batu Naik 20 Persen Jatim Park 3 sudah penuhi syarat untuk buka kembali. IDN Times/ Alfi Ramadana

Terlepas dari itu, Dewanti memastikan bahwa saat ini Pemkot Batu berupaya agar perekonomian dan kesehatan bisa berjalan beriringan. Pemkot Batu terus pun terus memberikan edukasi kepada masyarakat. Juga menerapkan aturan ketat soal protokol COVID-19. 

"Kesehatan maupun ekonomi berjalan beriringan. Kedua sektor ini tidak saling mengganggu dan justru harus saling support," pungkasnya. 

Baca Juga: Wali Kota Batu Beri Lampu Hijau, Jatim Park 3 Dibuka Lagi 18 Juli 2020

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya