6 Rekomendasi Tempat Camping di Karanganyar, Cocok untuk Tahun Baruan

Kamu bisa menikmati pesta kembang api dari ketinggian

Pergantian tahun menuju 2023 tinggal menghitung hari. Banyak orang ingin menghabiskan malam pergantian tahun dengan berwisata di kota sembari menikmati keramaian dan pesta kembang api. Namun ada sebagian orang juga yang ingin menghabiskan malam tahun baru dengan mendirikan tenda di alam terbuka.

Menghabiskan malam tahun baru dengan camping menjadi salah satu hal yang menarik dilakukan saat malam tahun baru. Kamu bisa menikmati alam dengan tenang sembari melihat pesta kembang api yang cantik dari ketinggian.

Untuk itu buat kamu yang sedang mencari rekomendasi tempat camping untuk tahun baru di sekitar Karanganyar, berikut adalah beberapa rekomendasinya!

1. Telaga Madirda

6 Rekomendasi Tempat Camping di Karanganyar, Cocok untuk Tahun BaruanTelaga Madirda (instagram.com/telagamadirdaofficial)

Telaga Madirda adalah salah satu tempat camping yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Area berkemah di Telaga Madirda ini berada di pinggir telaga yang jernih dengan udara yang sejuk dan pegunungan yang subur. Tempatnya luas dengan beberapa spot untuk mendirikan tenda yang estetik. Pengunjung dapat mendirikan tenda di samping danau atau telaga.

Tak hanya sebagai tempat camping saja, Telaga Madirda juga menjadi lokasi yang cocok untuk bersantai bersama keluarga, sambil bermain beberapa wahana yang tersedia. Selain menawarkan keindahan alam, tempat wisata ini juga menyuguhkan paket lengkap dengan berbagai wahana yang seru sehingga kamu bisa menjadikan tempat wisata ini untuk kegiatan anak-anak, tempat berkumpul keluarga, serta acara reunian.

Alamat: Telaga Madirda, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam operasional: 

  • Senin-Jumat: 08.00-16.00 WIB
  • Sabtu-Minggu: 07.30-16.30 WIB

Harga: Tiket masuk Rp15.000

  • Sewa tempat untuk mendirikan tenda Rp25.000. Namun, jika tidak membawa perlengkapan berkemah, ada paket persewaan tenda yang bisa dimanfaatkan, diantaranya: 
  • Tenda kapasitas 2 orang seharga Rp 100.000. Sudah termasuk tenda, sewa tempat, 2 matras, 2 sleeping bag, 1 lampu tenda

  • Tenda kapasitas 4 orang seharga Rp 150.000. Sudah termasuk tenda, sewa tempat, 4 matras, 4 sleeping bag, 1 lampu tenda

  • Tenda kapasitas 6 orang seharga Rp 350.000. Sudah termasuk tenda, sewa tempat, 6 sleeping bag, 6 matras, 1 lampu tenda

  • Tenda kapasitas 8 orang seharga Rp 400.000. Sudah termasuk tenda, sewa tempat, 8 sleeping bag, 8 matras, 1 lampu tenda

Jika ingin melakukan reservasi camping di Telaga Madirda, kamu bisa menghubungi 082211120211

2. Bukit Paralayang

6 Rekomendasi Tempat Camping di Karanganyar, Cocok untuk Tahun BaruanBukit Paralayang (instagram.com/bukitparalayangsegorogunung)

Bukit Paralayang Kemuning merupakan destinasi wisata untuk olahraga terbang layang atau paralayang. Lokasinya berada di daerah perkebunan teh Kemuning yang mana lokasi tersebut memiliki bentang alam perbukitan yang indah dan memesona.

Bukit Paralayang memiliki udara yang sejuk dengan sederet panorama keindahannya. Tak hanya bermain paralayang, kamu bisa melakukan banyak aktivitas selama berada di sini, salah satunya berkemah.

Bukit Paralayang memiliki camping ground dengan harga terjangkau yang bisa kamu gunakan sebagai tempat malam tahun baruan nanti. Pemandangan yang disajikan saat malam haripun sangat indah. Kamu bisa menyaksikan gemerlapnya bintang ataupun lampu-lampu perkotaan di bawah area perbukitan. Terlihat sunyi dari bukit, namun begitu bersinar terang.

Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan pesta kembang api yang terlihat begitu indah. Maka dari itu, Bukit Paralayang cocok untuk tempat berkemah menghabiskan waktu malam tahun baru nanti.

Alamat: Segorogunung, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam operasional: buka 24 jam

Harga: Rp10.000

3. Tawangmangu Wonder Park

6 Rekomendasi Tempat Camping di Karanganyar, Cocok untuk Tahun BaruanTawangmangu Wonder Park (instagram.com/tawangmangu.wonderpark)

Bagi kamu yang ingin berkemah dan menghabiskan malam tahun baru dengan suasana yang nyaman, aman dan anti ribet, Tawangmangu Wonder Park bisa menjadi pilihan tepat. Tempat wisata ini memiliki area lahan yang luas dengan suasana asri banyak pepohonan rindang. Sehingga kamu bisa memilih spot favorit untuk mendirikan tenda.

Camping ground di Wonder Park juga menyediakan berbagai fasilitas lengkap mulai dari sumber air, sumber listrik, hingga kamar mandi. Sehingga kamu tidak perlu khawatir saat berkemah di sini.

Selain itu, Tawangmangu Wonder Park juga menyediakan persewaan perlengkapan berkemah seperti tenda, selimut, dan lainnya. Tak hanya camping ground, Wonder Park juga memiliki banyak wahana bermain, seperti area labirin, ayunan ombak, rumah-rumahan, kolam renang, AVT dan sebagainya. Sehingga kegiatan berkemah dan tahun barumu akan lebih menyenangkan saat berada di sini.

Alamat: Ombang- Ombang, Blumbang, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam operasional:  08.00-17.00 WIB

Harga: tiket masuk Rp20.000

  • Bagi yang ingin berkemah, per orang harus membayar lagi Rp10.000
  • Sewa tenda mulai dari Rp50.000
  • Glamping Rp 350.000
  • Cottage Rp450.000
  • Villa tiga kamar Rp2,5 juta
  • Vila dua kamar Rp1,25 juta
  • Berbagai wahana yang berbayar seperti flying fox Rp20.000, high rope Rp40.000, trail Rp30.000, ATV Rp50.000, berkuda Rp50.000, dan jeep adventure Rp200.000

Baca Juga: Resep Sop Buntut Khas Tawangmangu Karanganyar, Rasanya Maknyus!

 4. Bumi Perkemahan Sekipan

6 Rekomendasi Tempat Camping di Karanganyar, Cocok untuk Tahun BaruanBumi perkemahan Sekipan (instagram.com/squad_outdoor_sragen)

Bumi Perkemahan Sekipan menjadi salah satu tempat camping favorit yang berada di area hutan yang rimbun sehingga pemandangannya begitu indah dan asri. Ada banyak sekali pepohonan hijau yang menjulang tinggi, seperti pohon pinus, pohon kina, dan pohon cemara. Buper ini berada di kaki Gunung Lawu sehingga udaranya sangat sejuk.

Selain menjadi tempat untuk camping, Bumi Perkemahan Sekipan juga menyediakan beragam wahana outbond mulai dari trampollin, jembatan kayu, jembatan goyang, flying fox, hingga rumah pohon yang bisa digunakan untuk melatih motorik anak.

Hal menarik yang bisa kamu dapatkan di Bukit Sekipan Karanganyar ini, yaitu Rumah Halloween. Di sini, kamu akan menemukan patung-patung hantu. Selain itu, kamu juga bisa menemkan banyak spot foto yang menarik dan instagramable.

Alamat: di Perkemahan Sekipan, Area Hutan, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam operasional: Senin-Minggu pukul 08:00-17:00

Harga: tiket masuk Rp10.000

  • Camping Rp15.000/hari, Rp20.000/2hari, dan Rp25.000/3 hari

5. Bukit Mongkrang

6 Rekomendasi Tempat Camping di Karanganyar, Cocok untuk Tahun BaruanBukit Mongkrang (Instagram.com/bukitmongkrang.2194mdpl)

Rekomendasi tempat camping untuk malam tahun baru 2023 selanjutnya adalah Bukit Mongkrang.

Bukit Mongkrang menjadi salah satu destinasi wisata untuk berkemah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang hobi mendaki atau pencinta alam. Hal ini dikarenakan, Bukit Mongkrang memiliki jalur pendakian yang cukup menantang dan untuk mencapai puncak dibutuhkan usaha lebih seperti mendaki gunung, karena lokasinya yang cukup tinggi dengan melewati jalur pendakian. 

Namun, rasa lelah itu akan terbayar dengan keindahan alam yang bisa kamu nikmati seharian saat berada di puncak. Bukit yang berada di ketinggian 2.194 mdpl ini menawarkan hawa sejuk yang selimuti dengan keindahan alam yang akan membuat siapa saja merasa takjub.

Namun, buat kamu yang ingin berkemah tanpa perlu mendaki juga bisa. Kamu bisa mendirikan tenda di lapangan bawah Bukit Mongkrang. Untuk itu, jika kamu berencana berkemah di Bukit Mongkrang, pastikan membawa perlengkapan sendiri karena pengelola tidak menyediakan penyewaan tenda. 

Alamat: di Tlogo Dringo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar

Jam operasional: Minggu-Jumat buka pukul 07.00-22.00, sedangkan hari sabtu buka 24 jam

Harga: tiket masuk Rp10.000

  • Biaya untuk berkemah Rp15.000

6. Bumi perkemahan Pleseran

6 Rekomendasi Tempat Camping di Karanganyar, Cocok untuk Tahun BaruanBumi perkemahan Pleseran (instagram.com/buper_pleseran)

Bumi perkemahan Pleseran atau Buper Pleseran adalah salah satu tempat camping dan outbond yang cocok untuk malam tahun baruan nanti. Di sini, kamu bisa menikmati suasana alam bebas di hutan dan mandi di sungai dari mata air Gunung Lawu. Di dalam area wisata ini, kamu juga bisa menemukan sebuah telaga yang bernama Telaga Asmoro yang bisa digunakan untuk berenang. 

Buper Pleseran menyediakan tiga area camping yang bisa dipilih pengunjung, yaitu di dekat pintu masuk terdapat camp area 1, di belakangnya ada camp area 2 yang paling luas dan berundak-undak. Dan camp area 3 berada di dekat Telogo Asmoro.

Spot favoritnya ada di camp area 3, di mana wisatawan bisa menikmati pemandangan indah dari Telogo Asmoro. Selain berkemah, kamu juga bisa menikmati berbagai wahana permainan seperti flying fox, naik mobil off-road, dan masih banyak lagi. Menghabiskan waktu tahun baru di buper ini adalah salah satu pilihan yang tepat yang bisa kamu coba!

Alamat: Jalan Candi Menggung Nglurah, Area Hutan, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah

Jam operasional: Minggu-Jumat buka 09.00-17-00 WIB dan 19.00-23-00 WIB. Sedangkan hari Sabtu buka 24 jam

Harga: Rp10.000/malam

  • Penyewaan tenda kap 4 Rp50.000
  • Matras Rp8.000
  • Sleeping bag Rp15.000
  • Kompor dan nesting masing-masing Rp15.000 untuk biasa sewanya

Menghabiskan malam tahun baru 2023 dengan menikmati suasana asri dan tenang menjadi salah satu momen yang banyak dilakukan. Untuk itu, rekomendasi tempat camping di atas bisa kamu coba untuk merasakan sensasi tahun baruan yang berbeda!

Baca Juga: 13 Wisata Karanganyar Terbaru dengan Pemandangan Indah

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Verified Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya