Comscore Tracker

Wisata Gunung Besek: Info Rute, Harga, Lokasi, dan Jalur Pendakian

Pesona keindahan Wonogiri dari Puncak Gunung Besek

Menikmati keindahan dan suasana di ketinggian puncak bukit dan gunung adalah hal yang menyenangkan. Pesona dan pemandangan di puncak memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk melepas penat dan menghirup udara segar. Salah satunya adalah Gunung Besek di Wonogiri.

Gunung Besek memiliki ketinggian yang relatif pendek dibandingkan dengan gunung lain, yaitu 850 mdpl saja. Gunung ini sangat cocok untuk kamu para pendaki pemula ataupun wisatawan yang ingin mencoba mendaki gunung.

Walaupun tidak setinggi gunung pada umumnya, Gunung Besek tetap menawarkan adrenalin dan pesona alam yang menarik untuk dikunjungi. Gunung ini merupakan wisata alam yang menyuguhkan spot foto dan pemandangan yang menarik untuk dikunjungi. Sebelum berwisata ke Gunung Besek, yuk, ketahui informasi wisata selengkapnya dibawah ini!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Wisata Gunung Besek: Info Rute, Harga, Lokasi, dan Jalur PendakianGunung Besek (Instagram.com/wonogirikita)

Lokasi: Dusun Bugelan, Desa Plosorejo, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri

Jam operasional: buka setiap hari mulai pukul 05.00 sampai 17.00 WIB

Harga tiket: tidak dikenakan biaya simaksi. Hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp10 ribu hingga Rp20 ribu 

2. Rute menuju basecamp Gunung Besek

Wisata Gunung Besek: Info Rute, Harga, Lokasi, dan Jalur PendakianGunung Besek (Instagram.com/wonogiriterpopuler)

Gunung Besek berada di Dusun Bugelan, Desa Plosorejo, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Untuk sampai ke titik pendakian kamu perlu terlebih dahulu ke Solo.

Dari Solo, kamu bisa naik kendaraan pribadi maupun naik bus menuju ke Terminal Wonogiri. Jika kamu naik kendaraan pribadi, kamu bisa mulai perjalanan dari Solo menuju ke Sukoharjo masuk ke Wonogiri. Kemudian, kamu bisa mengambil jalur menuju Purwantoro. Setelah tiba di Kecamatan Kismantoro kamu harus berhati-hati karena jalanannya sudah mulai menanjak dan berkelok-kelok.

3. Jalur pendakian di Gunung Besek

Wisata Gunung Besek: Info Rute, Harga, Lokasi, dan Jalur PendakianGunung Besek (Instagram.com/explore.solo)

Jalur pendakian di Gunung Besek relatif cepat dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Jalur pendakian menuju puncak pun sebenarnya cukup mudah. Hanya saja, Gunung Besek dipenuhi dengan bebatuan yang cukup besar yang akan membuat tenaga dan fisikmu benar-benar diuji. Kamu juga perlu menyiapkan perbekalan yang cukup untuk mendaki gunung ini, karena tidak akan ada warung di sepanjang perjalanan pendakian Gunung Besek.

Jalur pendakian di Gunung Besek sangat tandus pada musim kemarau dan menjadi licin di musim hujan. Terlebih saat hampir sampai di puncak kamu perlu lebih berhati-hati karena didominasi dengan bebatuan. Gunung Besek memiliki jalur pendakian yang cukup sempit dan kanan kiri nya merupakan jurang. Perlu diketahui bahwa puncak Gunung Besek memiliki tiga bagian yaitu di Selatan, Tengah, dan Utara.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Gunung di Pulau Jawa yang Ramah bagi Pendaki Pemula

4. Pesona yang dimiliki Gunung Besek

Wisata Gunung Besek: Info Rute, Harga, Lokasi, dan Jalur PendakianGunung Besek (Instagram.com/gunungbesek)

Tempat terbaik untuk menikmati suasana dan keindahan Gunung Besek adalah di tebing batu yang menjorok ke luar. Saat musim kemarau kamu bisa melihat pemandangan layaknya sedang berada di padang savana. Tanah tandus dan bebatuan Gunung Besek mampu menghadirkan pesona yang berbeda apabila dilihat dari atas. Jika kamu datang pada musim hujan, tempat ini akan berubah menjadi perbukitan yang mempesona.

Gundukan-Gundukan bukit sekitar Gunung Besek memberikan pesona yang menakjubkan dengan hamparan pohon hijau. Di sini, kamu bisa mendirikan tenda dan melihat sunrise dan sunset lho. Waktu terbaik untuk datang melihat sunrise adalah pukul 4-5 subuh, sedangkan waktu terbaik melihat sunset adalah pukul setengah 5 sore. Walaupun dipenuhi bebatuan, kamu bisa mencari lahan kosong dan datar untuk mendirikan tenda ya, jangan mendirikan tenda di puncak karena sangat berbahaya.

5. Tips liburan seru dan aman

Wisata Gunung Besek: Info Rute, Harga, Lokasi, dan Jalur PendakianGunung Besek (Instagram.com/wonogirikita)

Bagi para pengunjung atau pun pendaki yang ingin mencoba mendaki di Gunung Besek, ada beberapa tips liburan seru dan aman yang perlu pengunjung perhatikan.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Gunung Besek adalah pagi maupun sore hari. Waktu ini sangat tepat karena pengunjung bisa menikmati pesona dan pemandangan yang indah di puncak Gunung Besek. Selain itu, pengunjung juga perlu memperhatikan cuaca saat ingin mendaki gunung ini. Musim kemarau adalah saat yang tepat untuk mendaki karena akses jalan untuk menuju puncak tidak licin.

Selain itu, pengunjung sebaiknya menggunakan sepatu sandal atau sandal gunung ketika menaiki puncak. Persiapkan peralatan dan perbekalan yang dibutuhkan agar memudahkan dalam mendaki. Pengunjung juga harus berada di tempat-tempat dengan pijakan yang aman karena kanan kirinya merupakan jurang. Utamakan keselamatan dan selalu berhati-hati ketika mendaki puncak Gunung Besek, ya!

Baca Juga: 9 Fakta Gunung Arjuno, Gunung dengan Beragam Objek Wisata

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Verified Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya