Comscore Tracker

5 Objek Wisata Air Terjun Tertinggi di Pulau Sumatra

Sudah pernah mengunjungi salah satunya?

Destinasi wisata air terjun memang selalu menarik untuk dikunjungi. Selain pemandangannya yang dapat memanjakan mata, berkunjung ke air terjun juga sekaligus dapat melepas penat setelah sibuk bekerja.

Berbicara tentang wisata alam, lima objek air terjun tertinggi di Pulau Sumatra ini bisa kamu jadikan referensi liburan, lho. Pemandangannya memukau!

1. Air Terjun Payakumbuh Ngarai Harau

5 Objek Wisata Air Terjun Tertinggi di Pulau SumatraAir Terjun Payakumbuh (instagram.com/sudutpayakumbuh)

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Payakumbuh ini terletak di tebing Ngarai Harau, Payakumbuh. Ngarai Harau sendiri adalah sebuah lembah yang sangat besar dan dikelilingi oleh tebing-tebing batuan granit setinggi ratusan meter yang dipercantik dengan adanya enam buah air terjun yang masih sangat alami.

Jika berkunjung ke sini, kalian akan disambut dengan kupu-kupu berterbangan. Saat musim hujan, air yang mengalir pun akan semakin deras dan indah, apalagi ketika ada pelangi muncul setelah hujan.

Lokasi: Ngarai Harau, Payakumbuh, Sumatera Barat.

2. Air Terjun Batang Kapas

5 Objek Wisata Air Terjun Tertinggi di Pulau SumatraAir Terjun Batang Kapas (instagram.com/airterjunbatangkapas)

Air Terjun Batang Kapas berada di dataran tinggi Bukit Barisan. Memiliki ketinggian sekitar 150 meter, air terjun yang satu ini menyuguhkan pemandangan yang sangat memukau.

Air Terjun Batang Kapas sangat cocok untuk kalian yang ingin melepas penat, karena tempatnya yang masih terbilang asri dan terdapat berbagai macam flora dan fauna yang dapat dijumpai di sana.

Jika ingin datang ke air terjun yang satu ini, kalian memerlukan waktu tempuh 2 jam perjalan dari Kota Pekanbaru menuju Desa Lipat Kain. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju Desa Lubuk Bigau. Lalu ada beberapa desa yang akan kalian lewati, di antaranya Desa Sontul, Tanjung Karang, Deras Tajak, dan juga Batu Sasak.

Lokasi: Batu Sasak, Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Baca Juga: 10 Potret Pesona Air Terjun Tiu Ngumbak, Air Terjun Cantik di Lombok

3. Air Terjun Sipiso-Piso

5 Objek Wisata Air Terjun Tertinggi di Pulau SumatraAir Terjun Sipiso-Piso (instagram.com/dzswito)

Sipiso-Piso ini merupakan salah satu air terjun kebanggan warga Sumatera Utara yang memiliki ketinggian hingga 120 meter dengan air yang mengucur deras membentuk garis vertikal sempurna. Lokasinya yang tak jauh dari Danau Toba ini juga membuat Air Terjun Sipiso-Piso sering kali dilirik wisatawan.

Nama Sipiso-Piso sendiri diambil dari nama gunung yang berada di dekat kawasan tersebut, yakni Dolok Sipiso-Piso yang memiliki ketinggian 1.860 mdpl. Jika berniat untuk mengunjungi air terjun ini, kalian harus menyiapkan tenaga penuh. Sebab, jika ingin mendekat ke air terjun kalian harus menuruni kurang lebih 500 anak tangga.

Lokasi: Pengambaten, Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

4. Air Terjun Curup Tenang

5 Objek Wisata Air Terjun Tertinggi di Pulau SumatraAir Terjun Curup Tenang (instagram.com/srihartati_chandra)

Curup Tenang yang berada di Desa Bedegung ini juga menjadi salah satu air terjun tertinggi di Sumatera. Memiliki ketinggian 99 meter dengan pemandangan sekitar yang sangat memukau itulah yang membuat air terjun ini pas untuk kalian yang ingin healing.

Bagi kalian yang ingin melihat keindahan Air Terjun Curup Tenang tak perlu khawatir soal kendaraan. Sebab air terjun ini memiliki akses jalan yang cukup mudah. Hanya membutuhkan waktu perjalan sekitar 2 jam dari pusat Kota Palembang, kalian sudah dapat melihat secara langsung air terjun kebanggan warga Sumatera Selatan ini.

Lokasi: Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

5. Air Terjun Si Gura-Gura

5 Objek Wisata Air Terjun Tertinggi di Pulau SumatraAir Terjun SiGura(instagram.com/pesonaairterjunindonesia)

Tak hanya tertinggi di Pulau Sumatera, Air Terjun Si Gura-Gura ini juga menjadi yang tertinggi di Indonesia. Memiliki ketinggian hingga 250 meter, Air Terjun Si Gura-Gura terletak di pinggran Danau Toba. Itulah mengapa Air Terjun Si Gura-Gura selalu ramai oleh wisatawan.

Aliran air di Air Terjun Si Gura-Gura ini berasal dari Sungai Asahan yang memiliki debit air sangat deras. Sebab ketinggiannya itu juga yang membuat dentuman dari air yang jatuh di air terjun bisa terdengar dari kejauahan.

Lokasi: Halado, Pintu Pohan Merant, Toba, Sumatera Utara.

Jika kalian sedang mencari referensi wisata alam menarik di Indonesia, bisa coba mengunjungi pulau Sumatera dan jelajahi wisata air terjun di sana yang tak kalah memukau. Pemandanganya mampu menyegarkan mata, deh!

Baca Juga: 5 Air Terjun Tertinggi di Jawa Timur, Pemandangannya Eksotis!

Alvina Putri Rahmanita Photo Verified Writer Alvina Putri Rahmanita

Hello:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya