Comscore Tracker

5 Wisata Air Terjun Terindah di Sumatra Utara yang Wajib Dikunjungi 

Sudah pernah ke sana? #IDNTimesTravel #LokalIDN

Indonesia merupakan negara yang terkenal akan kekayaan alam yang tak ada habisnya. Mulai dari Sabang hingga Merauke semua dipenuhi dengan beragam kekayaan alam yang melimpah. Maka tak heran jika banyak wisatawan asing menjadikan Indonesia sebagai destinasi liburan mereka.

Nah, untuk para penikmat wisata air terjun, pasti sudah tak asing lagi tentang fakta bahwa Sumatera Utara menyimpan beragam air terjun yang indah. Berikut beberapa wisata air terjun di Sumatera Utara yang menyajikan panorama alam menakjubkan. Yuk, simak ulasan berikut.

1. Air Terjun Aek Sijorni

5 Wisata Air Terjun Terindah di Sumatra Utara yang Wajib Dikunjungi air terjun aek sijorni (instagram.com/erick_tigan)

Rekomendasi wisata air terjun pertama yang wajib kalian kunjungi adalah Air Terjun Aek Sijorni. Air terjun yang terletak di Tapanuli Selatan ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Bahkan tak sedikit wisatawan yang berasal dari Medan rela untuk datang jauh-jauh hanya untuk menikmati keindahan Air Terjun Aek Sijorni. Sesuai dengan namanya, air terjun disini konon katanya selalu jernih, meski di musim hujan sekalipun. 

Air Terjun Aek Sijorni berlokasi di Jl. Trans Sumatera Bukittinggi-Padang Sidempuan, Aek Libung, Sayur Matinggi, Kab. Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

2. Air Terjun Ponot

5 Wisata Air Terjun Terindah di Sumatra Utara yang Wajib Dikunjungi air terjun ponot (instagram.com/anakdolanasahan)

Air Terjun Ponot merupakan air terjun yang mendapat julukan sebagai air terjun nomor satu tertinggi di Indonesia. Terletak di perbatasan Kabupaten Tobasa dan Asahan, air terjun menawan ini menjadi salah satu destinasi wisata air terjun yang tak boleh terlewatkan. Sebab air terjun ini juga digunakan sebagai pemutar turbin PLTA Inalum dan menjadi destinasi wisata rafting paling populer. 

Air Terjun Ponot berlokasi di Desa Tangga, Sampuran Siarimo, Halado, Pintu Pohan Merant, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. 

Baca Juga: 10 Wisata Alam Indonesia yang Mirip Luar Negeri, Rugi Gak ke Sini!

3. Air Terjun Mursala

5 Wisata Air Terjun Terindah di Sumatra Utara yang Wajib Dikunjungi air terjun mursala (instagram.com/travellingsumut)

Air Terjun Mursala merupakan salah satu air terjun yang terletak di Tapanuli Tengah. Air mengalir deras dari tebing-tebing batu granit menuju laut Samudera Hindia.

Keunikan dari Air Terjun Mursala juga terdapat pada legenda rakyat Tapanuli Tengah tentang perjalan Putri Runduk yang membuat keturunan Raja Sudan jatuh hati. Padahal waktu itu, Putri Runduk sudah menjadi permainsuri Raja Jayadana. Akhirnya, Putri Runduk memilih untuk kabur bersama dengan pengawalnya, lalu mereka tiba di Pulau Mursala. Putri Runduk memutuskan untuk terjun dari atas pulau dan membuat sang pengawal merasa kehilangan. Tangisan pengawal yang tak terbendung itulah yang menjadi air terjun seperti sekarang.

Air terjun mursala berlokasi di Pulau Mursala, Tapian Nauli I, Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

4. Air Terjun Dua Warna

5 Wisata Air Terjun Terindah di Sumatra Utara yang Wajib Dikunjungi air terjun dua warna (instagram.com/travellingsumut)

Air Terjun Dua Rarna adalah salah satu air terjun terunik dan paling indah di Sumatera Utara. Maka tak heran, tempat wisata ini hampir tiap hari ramai wisatawan yang datang hanya untuk melihat keindahan dari air terjun tersebut.

Tak hanya warnanya, pesona lain dari air terjun ini terletak pada area cekungan dari air terjun yang diapit oleh hutan padat. Air terjun ini di bagian dasarnya juga mempunyai suhu yang berbeda, satu panas dan yang satu lagi dingin. Unik, ya?

Air Terjun Dua Warna berlokasi di kawasan Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara.

5. Air Terjun Lae Une

5 Wisata Air Terjun Terindah di Sumatra Utara yang Wajib Dikunjungi air terjun lae une (instagram.com/babanghar)

Jika kalian menyukai wisata air terjun yang memiliki pesona hutan alami yang asri, Air Terjun Lae Une bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kalian kunjungi. Tempat wisata ini selalu menjadi destinasi favorit para pelancong yang mengunjungi Kabupaten Pakpak Bharat.

Tak hanya air terjunnya yang jernih dan pemandangan hutan yang memanjakan mata, di tempat ini kalian juga dapat sekalian memancing ikan, lho. Menarik, bukan? 

Air Terjun Lae Une berlokasi di Pargetteng-Getteng Sengkut, Kab. Pakpak Bharat, Sumatera Utara.

Jika kalian ingin berkunjung ke salah satu air terjun di atas, jangan lupa untuk mempertimbangkan stamina, jarak tempuh, dan juga musim yang sedang berlangsung, ya. 

Baca Juga: 5 Wisata Alam di Pulau Kangean, Memanjakan Mata!

Alvina Putri Rahmanita Photo Verified Writer Alvina Putri Rahmanita

Hello:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya