Comscore Tracker

5 Benteng Bersejarah di Dubrovnik, Kota Tua di Kroasia

Saat ini ada yang jadi museum, aquarium bahkan klub malam

Kota Tua atau Old Town ialah salah satu kota ternama di Dubrovnik, Kroasia. Memiliki sejarah panjang pada masa perang dunia menjadikan Old Town sebagai tempat dengan pertahanan yang terbilang kuat.

Old Town yang berbentuk segi empat tidak beraturan ini bahkan dikelilingi oleh tembok yang disebut City Walls dengan panjang sekitar 2 km dan ketebalan 6 hingga 3 meter. Selain itu, dilengkapi dengan 3 Gerbang yakni Pile Gate, Buza Gate, dan Ploce Gate serta 5 benteng utama yakni sebagai berikut.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menelaah lima benteng bersejarah yang mengelilingi Old Town, Dubrovnik. Let's check it out!

1. Tvrdava Revelin 

5 Benteng Bersejarah di Dubrovnik, Kota Tua di KroasiaFort Revelin (viator.com)

Kompleks Tvrdava Revelin ini ialah benteng bersejarah yang menampakkan Gerbang Ploče. Tvrdava Revelin saat ini merupakan museum, tempat orkestra bahkan night club. Perpaduan yang bisa dibilang sangat kontraks dalam satu tempat.

Tvrdava Revelin jika diterjemahkan berarti Benteng Revelin. Benteng ini dibangun pada 1963 setelah Dinasti Ottoman Turki meruntuhkan konstantinopel pada 1453 yang kemudian menduduki Bosnia 10 tahun setelahnya.

Satu lagi hal yang menarik perhatian pengunjung dari benteng ini ialah Festival Musim Panas Dubrovnik yang berlangsung di teras Benteng Revelin setiap tahun dari 10 Juli hingga 25 Agustus.

2. Fort Sv. Ivana

5 Benteng Bersejarah di Dubrovnik, Kota Tua di KroasiaFort Sv. Ivana (viator.com)

Benteng Sv. Ivana atau dikenal juga dengan nama St. Jhon atau Mulo Tower ini juga merupakan tempat berlangsungnya Festival Musim Panas Tahunan Dubrovnik karena jarak antar kedua benteng terbilang cukup dekat dan saling berseberangan dengan laut dangkal pesisir pantai sebagai pemisah.

Di lantai paling atas benteng ini terdapat museum yang memperlihatkan sejarah Perang Dunia II beserta dampaknya bagi Kroasia. Sedangkan lantai paling bawah dijadikan aquarium yang dipenuhi berbagai macam ikan dari laut Adriatik.

3. Fort Bokar 

5 Benteng Bersejarah di Dubrovnik, Kota Tua di KroasiaBokar Fort (historyhit.com)

Beralih ke Pile Gate, tepatnya sebelah kiri Pile Gate terdapat Benteng Bokar yang dibangun pada 1461 lalu diselesaikan tahun 1570 yang kemudian menjadikannya sebagai benteng tertua yang selesai pembangunannya. Arsitek benteng ini yaitu Michelozzo di Bartololmeo yang merupakan pionir aliran Renaissance pada bangunan ciptaannya.

Benteng Bokar ini memiliki nama lain "Zvjezdan" yang jika diterjemahkan dari bahasa setempat berarti "berbintang", sebuah nama yang menggambarkan keindahan tempat ini. Bahkan benteng satu ini menjadi salah satu tempat syuting serial Game of Thrones season 2.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Hvar, Kota dengan Pesona Bak Surga di Kroasia

4. Fort Minceta 

5 Benteng Bersejarah di Dubrovnik, Kota Tua di KroasiaFort Minceta (thedubrovniktimes.com)

Benteng Minceta atau Minceta Tower ini diapit oleh dua Gerbang bersejarah yakni Pile Gate di sebelah kiri dan Buza Gate di sebelah kanannya. Miliki tinggi 80 meter, benteng satu ini menjadi benteng tertinggi di banding benteng lainnya. Di atas ketinggian Benteng Minceta kamu bisa menikmati Kota Tua Dubrovnik dan laut Adriabatik sekaligus.

Benteng Minceta ini dibangun pada 1319 dengan bentuk segi empat sesuai desain arsitek Ničifor Ranjina. Lalu di bentuk kembali menjadi Benteng bundar oleh arsitek Michelozzo di Bartolomeo Michelozzi yang memiliki ketebalan 6 meter yang berguna sebagai pelindung saat peperangan.

Setelah ada perdebatan antara Michelozzo di Bartolomeo dengan pemerintah setempat dan akhirnya meninggalkan Dubrovnik pada 1463, akhirnya Benteng Minceta ini diselesaikan oleh Juraj Dalmatinac. Penamaan dari Benteng Minceta sendiri berasal dari nama pemilik tanah dibangunnya benteng tersebut yakni Keluarga Menčetić.

5. Fort Lovrijenac 

5 Benteng Bersejarah di Dubrovnik, Kota Tua di KroasiaFort Lovrijenac (viator.com)

Terakhir ada Benteng Lovrijenac yang berada di luar daratan utama, di mana benteng ini dipisahkan oleh teluk di barat Old Town. Benteng ini dibangun pada 1301 yang berarti menjadi benteng tertua dibanding empat benteng lainnya. Benteng Lovrijenac ini berdiri di atas bebatuan setinggi 37 meter dari permukaan laut dengan ketebalan dinding 3 hingga 12 meter.

Benteng ini memiliki halaman yang dijadikan tempat pertunjukan drama selama Festival Musim Panas Dubrovnik. Fakta menarik lainnya yakni benteng ini juga menjadi salah satu lokasi syuting Game of Thrones di Dubrovnik bersama Bokar Fort, Minceta Fort, City Walls, Trsteno Arboretum, dan Lokrum Island.

Nah, itulah lima benteng bersejarah dan menakjubkan di Old Town, Dubrovnik. Saat berkunjung ke sana, kamu bisa belajar mengenai sejarah setempat maupun dunia sambil menikmati keindahan arsitektur klasik serta panorama Laut Adriatik yang memanjakan mata.

Selain itu, kamu juga bisa berkeliling dan berfantasi seolah berada di Kota King's Landing dalam serial ternama Game of Thrones. Pasalnya, Old Town ini menjadi lokasi syuting serial tersebut. Semoga kamu bisa dapat kesempatan berkunjung ke sana juga, ya!

Baca Juga: 12 Potret Benteng Belgica, Benteng Berbentuk Pentagon di Banda Neira

Allamandawi Photo Verified Writer Allamandawi

Artikel lainnya dari kami dapat dilihat di www.allamandawi.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya