Comscore Tracker

6 Museum Kece di Jakarta Selatan Ini Seru Banget Dikunjungi!

Bisa dijadikan refrensi tempat wisata

Selama ini mungkin kalian tahunya jika museum di Jakarta rata-rata terletak di Jakarta Pusat. Karena Jakarta Pusat merupakan pusat pemerintahan dan saksi sejarah Jakarta. Nah, tidak banyak yang tahu ternyata di Jakarta Selatan juga terdapat museum yang pastinya menarik untung dikunjungi.

Pas banget buat kalian yang tinggal di Jakarta Selatan atau dipinggiran Jakarta Selatan. Berikut ulasannya mengenai 6 museum yang terletak di Jakarta Selatan.

1. Museum Harry Darsono

6 Museum Kece di Jakarta Selatan Ini Seru Banget Dikunjungi!ladylands.com

Museum ini didirikan oleh desainer kondang Indonesia, Harry Darsono sejak tahun 1970-an dan merupakan salah satu museum fashion di Jakarta. Di museum ini kalian dapat melihat berbagai benda koleksi yang berhubungan dengan fashion.

Museum ini juga memamerkan karya rancangannya yang mendunia diantaranya merupakan gaun yang dipakai oleh Lady Diana dan Ratu Rania, lho! Menariknya, para pengunjung harus memakai sandal hal ini dikarenakan Harry menghidap penyakit ADHD yang membuatnya terganggu dengan suara berisik sepatu.

Alamat: Jalan Cilandak Tengah No.71, Cilandak, Jakarta Selatan.

2. Museum di Tengah Kebun

6 Museum Kece di Jakarta Selatan Ini Seru Banget Dikunjungi!bhinnekashuttle.com

Museum yang satu ini memang masih belum banyak orang yang tahu. Sesuai dengan namanya museum ini memiliki kebun dan taman yang membuat pengunjung tidak berasa di Jakarta.

Museum ini merupakan rumah pribadi dari kolektor benda seni yaitu, Sjarial Djalil. Jumlah koleksinya mencapai 4.000 koleksi yang ia dapatkan dari berbagai negara. Koleksi tersebut diantaranya batu bata yang terdapat pada bangunan VOC, fosil dan artefak pada zaman prasejarah.

Pihak museum ini hanya menerima kedatangan pengunjung dalam romobongan minimal 7 hingga 12 orang. Serta harus reseverd jauh-jauh hari sebelumnya. Museum ini hanya buka dihari sabtu dan minggu dari jam 09.30 hingga 15.00.

Alamat: Jalan Kemang Timur Raya No.66, Kemang, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Rumah Makan Betawi di Pinggiran Jakarta Selatan Ini Wajib Kamu Coba

3. Museum Basoeki Abdullah

6 Museum Kece di Jakarta Selatan Ini Seru Banget Dikunjungi!traveltodayindonesia.com

Museum ini merupakan museum yang memamerkan koleksi dan karya dari pelukis, Basoeki Absullah. Museum ini merupakan rumah pribadi dari sang pelukis yang diserahkan kepada Pemerintah Indonesia dan lalu dijadikan museum. Museum ini diresmikan pada 25 September 2001.

Dimuseum ini kalian dapat melihat koleksi pribadinya seperti lukisan, topeng hingga buku pribadinya. Kalian juga dapat melihat lukisan wajah tokoh dunia ternama seperti Soekarno, Ferdinand Marcos dan Lee Kwan You.

Museum ini sering digunakan untuk kajian penelitian, lomba dan seminar. Pada tahun 2016 diresmikan Museum Basoeki Abdullah gedung II yang memiliki interior lebih modern. Letaknya bersebelahan dengan gedung museum yang lama.

Alamat: Jalan Keuangan Raya No.19, Cilandak, Jakarta Selatan.

4. Museum Polri

6 Museum Kece di Jakarta Selatan Ini Seru Banget Dikunjungi!jakarta-tourism.go.id

Museum ini terletak didalam kantor Mabes Polri Jakarta. Museum ini memamerkan berbagai benda yang digunakan polisi dalam menjalankan tugasnya seperti senjata tajam, kendaraan operasional. Di museum ini juga menjelaskan mengenai sejarah Polri, tokoh polisi yang berjasa.

Museum ini diresmikan pada 1 Juni 2009 oleh Presiden Indonesia saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono. Museum ini didirikan atas perintah dari Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri yang bertujuan untuk melestarikan nilai sejarah Polri.

Alamat: Jalan Trunojoyo No.3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

5. Museum Satria Mandala

6 Museum Kece di Jakarta Selatan Ini Seru Banget Dikunjungi!indonesiakaya.com

Adakah yang diantara kalian yang waktu TK atau SD yang pernah trip kemuseum ini bersama sekolah? Museum Satria Mandala merupakan salah satu museum yang memamerkan berbagai koleksi peralatan yang digunakan TNI dalam menjalankan tugasnya seperti rudal, tank dan meriam.

Museum ini dulunya merupakan kediaman dari mantan istri presiden Soekarno yaitu, Ratna Sari Dewi Soekarno. Museum ini juga menjelaskan sejarah TNI dan diorama perjuangan TNI saat melawan gerakan DI/TII. Dimuseum ini juga terdapat kantin, toko souvenir serta taman bacaan.

Alamat: Jl. Gatot Subroto No.14, Kuningan Barat, Jakarta Selatan.

6. Museum Betawi

6 Museum Kece di Jakarta Selatan Ini Seru Banget Dikunjungi!twitter.com/jakartatourism

Museum ini memang masih terbilang baru sebab didirikan pada tahun 2017. Museum ini terletak di dalam perkampungan Betawi Setu Babakan. Museum ini dibangun guna memperkenalkan kebudayaan Betawi.

Di museum ini dipamerkan berbagai kebudayaan Betawi seperti alat musik tradisional. Museum ini juga memajang foto 3 Gubernur Jakarta diantaranya Sutiyoso, Fauzi Bowo dan Joko Widodo. Kalian bisa mengunjungi Setu Babakan yang terletak di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Nah, ternyata museum tidak hanya di Jakarta Pusat saja, kan? Di Jakarta Selatan atau di setiap Jakarta pasti ada museum yang pastinya menarik untuk dikunjungi. Diantara kelima museum tersebut manakah yang ingin kalian kunjungi?

Baca Juga: Medan Punya Museum Perkebunan Indonesia Lho, Dah Pernah Mampir Belum?

Amanda R Putri Photo Verified Writer Amanda R Putri

23. Part time content writer and future UX writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya