Comscore Tracker

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!

Masih nekat buat ke sana?

Liburan merupakan cara terbaik untuk melepas penat setelah hampir setiap hari dibebani oleh pekerjaan dan kegiatan lainnya. Tapi, kalian patut waspada lho dengan negara atau tempat wisata yang ingin kalian kunjungi. Kalian harus selalu mencari informasi mengenai negara tersebut, baik dari segi kenyamanan maupun keamanannya. Tentu kalian gak mau kan merusak liburan kalian dengan pengalaman buruk. 

Awal tahun ini, WEF (World Economic Forum) merilis laporan daya saing perjalanan dan pariwisata tahunan yang meneliti sektor perjalanan dan pariwisata di 136 negara di seluruh dunia. Laporan penelitian tersebut menyertai tingkat keselamatan wisatawan dalam risiko keselamatan yang meliputi terorisme dan aksi kekerasan. 

Dan berikut daftar dua puluh negara yang masuk dalam zona berbahaya, mungkin kalian bisa mempertimbangkannya lagi, atau lebih waspada jika ingin berlibur ke sana.

Thailand

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!pattayabusinessdirectory.com/

Di provinsi selatan negara Thailand, seperti Songkhla, Yala, Narathiwat dan Pattaya, sudah mendapatkan reputasi buruk dalam segi keamanan sejak tiga belas tahun terakhir. Pattaya yang terutama sering mengalami serentetan perampokan yang dilakukan oleh pengguna sepeda motor.

Dan telah terjadi insiden penjambretan turis oleh para sekelompok anak laki-laki muda di daerah tersebut. Lebih dari 6.500 kematian terjadi karena kekerasan, ditambah lagi adanya darurat militer di wilayah itu. Meskipun daerah itu cukup populer tapi tingkat kejahatan di sana gak bisa dipungkiri.

Republik Demokratik Kongo

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!un.org/

Negara ini mengalami insiden dari segi politik sejak dulu, yang menimbulkan ketidaknyamanan. Republik Demokratik Kongo memiliki prevalensi kejahatan dan kelompok bersenjata dengan tingkat tinggi di beberapa wilayah, serta angkatan bersenjata yang mengendalikan bangsa.

Karena hal tersebut, ada kemungkinan para turis yang berkunjung akan menemukan mobil lapis baja, penyerangan helikopter, hingga tentara bersenjata. Ibu kotanya, Kinshasa, sangat terkenal karena tingkat kejahatannya, baik di siang maupun malam hari. 

Jika kalian berkunjung ke negara ini, hindari memotret, jangan memercayai orang yang baru dikenal yang menawarkan bantuan, dan hindari beberapa daerah yang dianggap berisiko oleh penduduk setempat. 

Guatemala

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!roughguides.com/

Negara ini memiliki perbatasan dengan Meksiko, kawasan ini merupakan salah satu daerah yang paling berbahaya, karena adanya aktivitas penyelundupan manusia dan perdagangan manusia yang terus terjadi. Negara ini juga memiliki tingkat pembunuhan yang tertinggi kelima di Karibia dan Amerika Selatan tahun lalu, serta kejahatan seperti perampokan bersenjata dan pembajakan mobil. Jadi pastikan kalau kalian ingin berlibur ke tempat ini untuk menggunakan agen wisata terpercaya.

Afrika Selatan

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!telegraph.co.uk/

Karena tingginya tingkat kejahatan, pembunuhan, pemerkosaan, terutama di daerah terpencil dan beberapa kota lainnya. Meskipun begitu, daerah perkotaan seperti Cape Town masih menarik perhatian para wisatawan karena keindahannya.

Jamaika

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!wikimedia.org/

Negara ini belum memiliki agen perjalanan. Meskipun penembakan dan kejahatan serta kekerasan biasa terjadi di beberapa wilayah seperti Montego Bay dan Kingston, dan mungkin hal ini bisa mempengaruhi niat kalian ke negara ini.

Chad

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!aito.com/

Negara Afrika tengah ini cukup menderita karena berdekatan dengan Nigeria dan Sudan. Sasaran dari kelompok ekstremis seperti Boko Haram, ISIS dan Al-Qa'ida, kelompok-kelompok ini bukan saja menargetkan orang asing, tetapi penduduk lokal juga. Perbatasan dengan Sudan dan Libya merupakan daerah berisiko dengan ladang ranjau dan konflik perbatasan.

Bangladesh

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!bd.usembassy.gov/

Tepat di jantung Timur Tengah, ancaman serangan teroris merajalela, selain kondisi cuaca ekstrem yang menempatkan bangsa ini pada resiko bencana alam seperti gempa bumi, banjir dan angin topan. Tapi beberapa hal yang kontras adalah bahwa penduduk Bangladesh merupakan orang yang ramah. Meskipun begitu, wisatawan patut waspada dengan hal-hal yang gak terduga.

Lebanon

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!lonelyplanet.com

Konflik verbal dengan Arab Saudi dan pengunduran diri perdana menteri Lebanon telah menyebabkan masuknya krisis politik di negara tersebut. Negara yang telah bertahan dalam serangan kelompok terorisme, negara ini bertindak sebagai basis. Bahkan situasi kecil seperti demonstrasi dan sengketa kecil terkadang bisa berubah menjadi kekerasan.

Keadaan tersebut gak mempengaruhi keselamatan keseluruhan negara, karena ibu kotanya adalah salah satu yang teraman di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara yang bergejolak, namun cukup aman untuk menjadi tempat liburan. 

Republik Mali

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!lonelyplanet.com

Negara yang memiliki ibu kota Bamako ini sering menderita karena serangan teroris, di bagian tengah dan utara negara tersebut. Sebagian besar insiden terjadi di restoran dan hotel. Contohnya seperti peristiwa yang terjadi tahun 2015 silam di ibukota tersebut yang melibatkan sejumlah orang yang disandera dan terbunuh di hotel Radisson.

Ukraina

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!uni-oldenburg.de/

Sejak pertempuran antara saparatis militer yang didukung Rusia dan tentara Ukraina meningkat, bagian selatan dan timur negara ini menjadi sangat gak aman, bahkan warga sipil pun ikut terlibat. Dan khususnya berlaku untuk daerah Crimea, Oblast Donetsk dan Luhansk Oblast.

Filipina

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!jpmorganchase.com/

Orang-orang asing sering menjadi sasaran penculikan, terutama di Laut Sulu Selatan dan kepulauan Sulu, serta seperti insiden penembakan dan pemecatan yang baru-baru ini terjadi di sebuah kasino yang berada di ibu kota, Manila pada tahun 2017. Beberapa tempat yang sepertinya harus dihindari di negara ini adalah Marawi, provinsi Joho-di mana kepulauan Suhu berada, provinsi Basilan. 

Kenya

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!handicap-international.org.uk/

Kenya memiliki destinasi wisata yang indah dan menarik untuk di datangi, namun akhir-akhir ini Kenya mendapat serangan teroris di luar ibu kota, dan ancaman terorisme masih terjadi. Ada juga peningkatan tindak kekerasan di beberapa wilayah seperti Nairobi, dengan pertikaian yang biasa terjadi. 

Honduras

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!alegeo.org/

Bangsa ini memiliki catatan tingkat pembunuhan tertinggi di dunia. Dapertemen Gracias a Dios sangat terganggu dengan masalah perdagangan narkoba dan kejahatan. Sebagian besar pembunuhan di negara ini sekitar 70% terjadi di distrik La Ceiba, Tegucigalpa dan San Pedro Sula.

Mesir

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!foreignaffairs.com/

Menurut Trip.com, Mesir berada di tempat pertama dalam daftar tempat-tempat berbahaya, dengan dikeluarkannya peringatan perjalanan oleh Dapartemen Luar Negeri Amerika Serikat. Kelompok ekstremis seperti ISIS telah menjadi ancaman serius bagi tempat-tempat umum di negara ini, juga termasuk tempat-tempat wisata dan rekreasi. 

Nigeria

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!tsa-algerie.com/

Ada dua kelompok ekstremis yang beroperasi di negara ini, Negara Islam Afrika Barat dan Boko Haram. Mereka yang bertanggung jawab atas penculikan dan tindakan kekerasan yang terjadi di negara tersebut, terutama di Nigeria Utara. Mereka juga menargetkan daerah yang memiliki populasi padat seperti restoran, sekolah, gereja dan hotel.

Venezuela

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!usnews.com/

Sebagian besar kerusuhan sosial di Venezuela di sebabkan oleh kekurangan kebutuhan pokok, obat-obatan, air, listrik, dan makanan. Salah satu tingkat kejahatan tertinggi di dunia ada di negara ini. Dan ini termasuk pembajakan mobil, pembunuhan, penculikan, dan perampokan bersenjata.

Orang asing menjadi sasaran empuk karena penduduk setempat menganggap orang asing tersebut memiliki lebih banyak uang ketimbang mereka, dan jangan mengharapkan keadilan jika dirampok di negara ini, karena hanya sedikit kejahatan yang akhirnya diadili. 

Ada juga fenomena yang disebut "virtual kidnappings" (penculikan virtual), di mana modusnya disuruh mengisi formulir tertentu. Masyarakat setempat mengajurkan agar hal ini terjadi karena biasanya ada kecurangan dari geng untuk mengumpulkan informasi mengenai anggota keluarga mereka.

El Salvador

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!wikipedia.org/

El Salvador salah satu negara yang memiliki tingkat pembunuhan terhebat di dunia, selain banyaknya geng yang menyusup ke negara tersebut, yang dikenal sebagai maras. Gerombolan ini terlibat dalam kegiatan kekerasan seperti perdagangan obat terlarang, perdagangan senjata dan pemerasan. 

 

Pakistan

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!wsimag.com/

Masalah utama di Pakistan adalah konflik agama, dan sudah mengalami masalah ini selama bertahun-tahun, dengan beberapa kelompok agama tertentu yang berujung kekerasan. Pemerintah juga melarang orang asing mengakses wilayah tertentu di negara ini, dan juga sangat membatasi kebebasan berbicara.

Kolombia

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!telegraph.co.uk/

Pablo Escabor mungkin sudah lama meninggal, namun baru-baru ini ada pengakuan Medellin sebagai tujuan wisata terbaik di Amerika Selatan, namun negara ini masih memiliki resiko tinggi bagi wisatawan. Kelompok bersenjata, perdagangan narkoba, kelompok kriminal dan perusahaan seperti BACRIM, serta perampokan masih terjadi diseluruh negeri, sementara ibu kotanya terkadang mendapatkan serangan dari teroris.

Yaman

20 Negara Ini Dinilai Paling Berbahaya Bagi Turis, Hati-hati Nih!sputniknews.com/

Ibu kota Yaman, Sana'a adalah basis dari banyak kelompok pemberontak yang menargetkan dan menahan sebagian besar warga Amerika. Negeri ini juga memiliki prevalensi tinggi kelompok ekstremis aktif seperti Al-Qa'ida. Masalah lainnya adalah kurangnya fasilitas dasar seperti bantuan medis, air, makanan karena seringnya terjadi serangan udara dan ranjau darat.

Ada banyak ketidaknyamanan di dunia saat ini. Bahkan saat berpergian ke negara lain, pastikan untuk selalu waspada, karena situasi buruk bisa terjadi di mana saja. 

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Write to communicate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya