Comscore Tracker

Bangunan Estetik, 5 Wisata Kota Tua di Indonesia yang Sarat Sejarah

Mencari wisata paling murah meriah, ya cuma ada di sini!

Wisata sejarah dapat dijadikan sebagai salah satu agenda. Apalagi jika kamu termasuk tipe orang yang suka berkeliling ke berbagai kota di tanah air, pastilah wisata sejarah menjadi hal seru karena bisa menikmati berbagai bangunan lawas yang menjadi ikon di kota tersebut.

Adapun sederet rekomendasi kota tua yang bisa menjadi acuan ketika mengelilingi kota-kota di Indonesia. Yuk, simak!

1. Kota Tua Jakarta

Bangunan Estetik, 5 Wisata Kota Tua di Indonesia yang Sarat SejarahKota Tua Jakarta (instagram.com/melliii.iii)

Hampir semua warga Jakarta pasti pernah mengunjungi Kota Tua, terkenal sebagai destinasi penuh sejarah membuat Kota Tua layak dijadikan sebagai tempat berlibur disekitaran ibu kota tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan maupun musim liburan, di sini pengunjung dapat menikmati deretan bangunan kuno peninggalan Belanda sekaligus sederet fasilitas yang disediakan oleh pengelola untuk menunjang keseruan berlibur di Kota Tua.

2. Kota Tua Yogyakarta

Bangunan Estetik, 5 Wisata Kota Tua di Indonesia yang Sarat SejarahKota Tua Yogyakarta (instagram.com/wowpotret)

Terletak di Jalan Jenderal Sudirman hingga Titik Nol Kilometer, kamu akan disuguhkan beragam bangunan kota tua dengan perpaduan antara konsep Jawa tempo dulu dan Eropa.

Nuansa vintage dan oldies sangat kental terasa, selain itu di kawasan lain seperti Kota Gede juga masih terdapat bangunan Jawa kuno yang keasliannya masih terjaga hingga kini lho. Estetik dan instagrammable banget deh!

3. Kota Lama Semarang

Bangunan Estetik, 5 Wisata Kota Tua di Indonesia yang Sarat SejarahKota Lama Semarang (instagram.com/wildannestt)

Sudah gak asing kalau Kota Lama Semarang sejak dulu menjadi salah satu spot banyak dikunjungi oleh warga lokal maupun para turis untuk sekedar ingin merasakan keindahan bangunan tempo dulu ditengah hiruk pikuk kota.

Adapun deretan bangunan kuno yang dapat pengunjung temui, salah satunya bangunan yang menjadi landmark kawasan di sini ialah Gereja Blenduk, yakni bangunan gereja dengan kubah bundar seperti masjid serta desain interior menyerupai lawang sewu.

4. Kota Tua Bandung

Bangunan Estetik, 5 Wisata Kota Tua di Indonesia yang Sarat SejarahKota Tua Bandung (instagram.com/putrirtj)

Tak mau kalah dari ketiga wilayah di atas, Kota Bandung juga punya sederet bangunan tua yang bisa kamu jelajahi tepatnya di kawasan Jalan Asia Afrika dan  Braga.

Di sini, wisatawan akan menemukan bangunan dengan nuansa vintage hingga retro yang bisa banget dijadikan sebagai spot foto paling instagrammable.

5. Kota Tua Surabaya

Bangunan Estetik, 5 Wisata Kota Tua di Indonesia yang Sarat SejarahKota Tua Surabaya (instagram.com/andika.madridist)

Seperti yang kita tahu, Kota Surabaya telah lama dikenal dengan julukan Kota Pahlawan. Maka dari itu, tentu di sini ada sederet bangunan tua peninggalan Belanda yang masih terjaga hingga sekarang.

Meski sebagian besar bangunan lawas di sini terlihat lusuh, namun estetikanya dapat dijadikan sebagai hunting foto.


Sederet wisata Kota Tua di Indonesia ini memiliki keindahan yang tiada duanya dengan spot-spot lainnya. Jadi, ketika berkunjung ke suatu daerah, jangan lupa  kunjungi Kota Tua yang telah disebutkan di atas ya. Gak kalah seru deh!

Baca Juga: Liburan ke Brunei Darussalam? 5 Bangunan Megah Ini Jangan Dilewatkan

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal positif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya