Comscore Tracker

5 Festival Layang-Layang di Indonesia, Serunya Gak Kelewatan

Vibes musim panas memang cocok untuk bermain layang-layang

Musim panas bisa dibilang menjadi keistimewaan sendiri bagi Negara Indonesia, sebab pada waktu ini dilaksanakannya festival layang-layang tahunan yang tak hanya diikuti tuan rumah melainkan juga peserta dari negara lain.

Dengan ramai diikuti peserta tentu membuat festival tersebut makin meriah, apalagi ditambah diterbangkannya layang-layang berbagai jenis karakater, ukuran, dan warna. Berikut ini beberapa festival layang-layang yang pernah terselenggara di Indonesia.

1. Bali Kites Festival

5 Festival Layang-Layang di Indonesia, Serunya Gak Kelewatanpotret Bali Kites Festival (instagram.com/shanticollection)

Terkenal memiliki latar belakang memukau, Pulau Bali menjadi salah satu lokasi diselenggarakannya festival layang-layang bernama Bali Kites Festival. Diagendakan setiap tahunnya pada bulan Juli hingga Oktober, untuk lokasi acaranya sendiri dilaksanakan di Pantai Padanggalak Sanur.

Pada waktu ini langit Pulau Dewata khususnya Pantai Padanggalak Sanur dipenuhi ribuan layang-layang dengan berbagai karakater unik serta ukuran yang membuatnya semakin tampak indah.

2. Rhino Kites Festival

5 Festival Layang-Layang di Indonesia, Serunya Gak Kelewatanpotret Rhino Kites Festival (instagram.com/ceritaeka)

Sama seperti Bali Kites Festival, Rhino Kites Festival juga diselenggarakan di pantai tepatnya di Pantai Tanjung Lesung, Banten. Rhino Kites Festival sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara Rhino Cross Triathlon.

Diperkirakan sekitar 100 layang-layang akan menghiasi langit Banten dalam rangka turut memeriahkan acara spesial yang diselenggarakan pada bulan Mei ini. Diterbangkan dengan ragam dan bentuk tentu membuat seremoni dari Rhino Kites Festival makin ramai.

Baca Juga: 5 Acara Budaya di Dieng Culture Festival, Penarik Minat Wisatawan

3. Pangandaran International Kite Festival

5 Festival Layang-Layang di Indonesia, Serunya Gak Kelewatanpotret Pangandaran Kite Festival (instagram.com/firmanochim)

Merupakan bagian dari daerah pesisir di Provinsi Banten, Pangandaran juga menyelenggarakan festival layang yang diberi nama Pangandaran International Kite Festival. Sesuai nama acara, festival ini dimeriahkan layang-layang dari berbagai negara.

Tempat penyelenggaraan dari Pangandaran International sendiri berada di pantai timur Pangandaran. Terkenal dengan venue terbaik untuk menerbangkan layang-layang, tentu tak membutuhkan waktu lama untuk membuat layang-layang cepat terbang.

4. Lampung Festival Krakatau

5 Festival Layang-Layang di Indonesia, Serunya Gak Kelewatanpotret Lampung Krakatau Festival (instagram.com/micko_saycho

Jika mayoritas pelaksanaan festival layang-layang berlokasi di Pantai, maka berbeda dengan Lampung Festival Krakatau yang terselenggara di Lapangan Stadion. Menghadirkan layang-layang berbagai karakter sebagai bentuk pelestarian budaya Indonesia menjadi hiburan tersendiri bagi warga setempat.

Lampung Festival Krakatau diikuti peserta dari empat negara yakni Perancis, Malaysia, Singapura, dan Thailand serta beberapa perwakilan dari Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, dan Lampung menjadikan festival layang-layang ini semakin meriah. 

5. Festival Layang-Layang Nusantara International

5 Festival Layang-Layang di Indonesia, Serunya Gak Kelewatanpotret Festival Layang-Layang Nusantara International (instagram.com/widarkohartono)

Layang-Layang Nusantara International merupakan hasil kolaborasi Perkumpulan Pekarya Layang-Layang Indonesia dan Dinas Pariwisata DIY yang berlokasi di Pantai Parangkusumo. Konon, terselenggaranya festival ini dalam rangka uji coba agar siap menghadapi festival layang-layang berskala internasional nantinya.

Dalam memeriahkan acara, festival ini diikuti peserta dari 50 klub layang-layang asal Indonesia dan beberapa klub dari lima negara terjadwal. Festival layang ini sendiri menghadirkan lima kategori yang dilombakan yakni di antaranya ada tradisional, dua dimensi, tiga dimensi, train naga, dan rokaku.

Itulah beberapa festival layang-layang yang pernah diselengarakan oleh Negara Indonesia. Ramai dan meriah dengan karakter layang-layang yang melayang di atas langit biru, ya.

Baca Juga: 5 Festival di Pulau Jawa yang Menarik untuk Dilihat Secara Langsung

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya