Comscore Tracker

5 Wisata Air Terjun di Medan, Asyik dan Seru untuk Rekreasi

Semua air terjun di sini punya pesona menawan #LokalIDN

Sebagai ibu kota Sumatera Utara, Medan terkenal memiliki sejumlah wisata kuliner hingga destinasi alam dengan pesonanya yang memikat. Nah, kalau berbicara soal wisata alam di Medan, kamu bisa memilih air terjun sebagai tempat jujukan yang banyak dikunjungi wisatawan saat berlibur ke sana lho.

Pemandangan alamnya yang bikin takjub serta udara di sekitar yang sejuk, dijamin jadi salah satu destinasi liburan paling mengesankan. Inilah beberapa rekomendasi wisata air terjun di Medan yang dapat kamu kunjungi.

1. Air Terjun Situmurun

5 Wisata Air Terjun di Medan, Asyik dan Seru untuk RekreasiAir Terjun Situmurun (instagram.com/explorewisatasumut)

Aliran air terjun umumnya berasal dari air sungai yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah dan berakhir menjadi suatu genangan. Maka lain halnya dengan Air Terjun Situmurun yang airnya langsung mengalir ke Danau Toba.

Untuk ketinggian destinasi wisata yang terletak di Jonggi Nihuta, Hatinggian, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara ini mencapai 70 cm dengan 7 tingkatan.

Pesona alamnya yang indah pun dapat dinikmati lewat di atas kapal maupun berenang secara langsung. Namun harap berhati-hati agar tidak terlalu dekat dengan jatuhnya air terjun mengingat aliran di tempat tersebut sangat kuat.

2. Air Terjun Mursala

5 Wisata Air Terjun di Medan, Asyik dan Seru untuk RekreasiAir Terjun Mursala (instagram.com/tahtadinata)

Di sekitar Pulau Mursala ada sebuah Air Terjun Mursala yang memiliki ketinggian mencapai 35 m dengan aliran air yang mengalir pada tebing granit dan aliran air tersebut langsung jatuh ke lautan Samudera Hindia.

Adanya aliran air terjun yang langsung jatuh ke permukaan laut inilah menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan Air Terjun Mursala pernah diabadikan dalam film Hollywood berjudul King Kong lho. Patut berbangga hati nih!

Baca Juga: 5 Camilan Tradisional Khas Medan, Sudah Coba?

3. Air Terjun Sipiso-piso

5 Wisata Air Terjun di Medan, Asyik dan Seru untuk RekreasiAir Terjun Spiso-piso (instagram.com/anassthasp)

Tak jauh dari sekitaran Danau Toba atau tepatnya terletak di Pengambaten, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara, Air Terjun Sipiso-piso mempunyai ketinggian mencapai 120 m di atas permukaan laut. Ketinggian inilah membuat aliran air terjun tersebut memiliki bunyi hantaman menyerupai bunyi pisau. Hal ini, menjadi alasan mengapa air terjun ini diberi nama sipiso-piso.

Selain namanya yang unik, Air Terjun Sipiso-piso juga mempunyai keindahan paripurna Danau Toba dari kejauhan. Namun, untuk bisa tiba ke destinasi ini pengunjung harus melewati anak tangga yang konon jumlahnya ada seribu tangga.

4. Air Terjun Ponot

5 Wisata Air Terjun di Medan, Asyik dan Seru untuk RekreasiAir Terjun Ponot (instagram.com/afnersaragih)

Air terjun dengan ketinggian berkisar 250 meter ini letaknya ada di Desa Tangga, Sampuran Siarimo, Halado, Kec. Pintu Pohan Merant, Kab. Asahan, Sumatera Utara yang kehadirannya dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Selain digunakan untuk sumber pembangkit listrik tenaga air, Air Terjun Ponot juga menawarkan keindahan jatuhnya air terjun dengan susunan bertingkat serta jadi tempat favorit untuk kegiatan rafting.

5. Air Terjun Sigura-gura

5 Wisata Air Terjun di Medan, Asyik dan Seru untuk RekreasiAir Terjun Sigura-gura (instagram.com/roni.pra)

Letaknya berada di Halado, Kec. Pintu Pohan Merant, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara. Air Terjun Sigura-gura disebut-sebut sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia berkat memiliki ketinggian mencapai 250 m.

Aliran airnya yang sangat deras serta terlihat menawan dari kejauhan, membuat wisatawan bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru seperti rafting, camping, panjat tebing, dan masih banyak yang lain. Bahkan, Air Terjun Sigura-gura juga dimanfaatkan sebagai PLTA lho.

Tidak perlu bingung-bingung kalau ada rencana untuk berlibur dan berwisata ke Medan, Sumatera Utara. Karena ada sederet pilihan destinasi wisata air terjun di atas yang dapat kamu jadikan sebagai tempat jujukan wisatamu di Medan. Jangan lupa masukkan ke dalam bucket list wisatamu ya!

Baca Juga: 9 Air Terjun Tercantik di Nusa Tenggara Barat, Pemandangannya Eksotis!

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya