TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Fakta Unik tentang Gunung Everest, Bikin Takjub Sekaligus Merinding

Jadi makin pengin ke sana

instagram.com/samirpatham

Siapa yang tidak tahu keindahan alam Gunung Everest yang luar biasa ini? Tak semua orang bisa menaklukkan gunung tertinggi di dunia ini. Di balik keagungannya, Gunung Everest menyimpan banyak fakta unik, seperti beberapa di antaranya berikut ini.

1. Merupakan gunung tertinggi di dunia

instagram.com/rupert.jones.warner

Karena tingginya yang mencapai 8.848 meter di atas permukaan laut, Gunung Everest memiliki predikat gunung tertinggi di dunia. Kamu berniat untuk mendaki sampai puncak, gak?

2. Kadar oksigen yang menipis

instagram.com/eventyrturer

Semakin tinggi kita mendaki Gunung Everest, maka akan semakin sulit untuk kita menghirup oksigen. Cara agar kita bisa bertahan hidup di gunung adalah dengan membawa tabung oksigen.

3. Perjalanan menuju puncak begitu berat

instagram.com/samirpatham

Medan yang harus kita lalui untuk menuju puncak sangatlah sulit. Kita harus melewati tebing dan jurang yang ada di sisi kanan dan kiri.

4. Terdapat hewan mematikan di dunia

rawpixel.com

Gunung Everest merupakan habitat salah satu spesies laba-laba beracun yang mematikan. Kita bisa menjumpai laba-laba ini di ketinggian 6.700 meter.

5. Menjadi kuburan tertinggi di dunia

instagram.com/prajaktatravellism

Gunung Everest dinobatkan sebagai kuburan tertinggi di dunia. Hal ini dikarenakan banyak pendaki yang gugur dalam pendakian. Jenazah dari para pendaki sangat sulit dipindahkan, sehingga para pendaki lain memilih meninggalkan jenazah tersebut di sana.

6. Gunung yang dicemari banyak sampah

instagram.com/cem_nwu

Kurangnya kesadaran para pendaki Gunung Everest untuk menjaga kebersihan membuatnya dijuluki sebagai gunung paling kotor di dunia. Sampah yang ada di Gunung Everest diperkirakan lebih dari 50 ton.

Verified Writer

Lois Maria Andries

19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya