TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Angkutan Umum Paling Unik di Dunia, Punya Indonesia Gak Kalah Keren

Bisa bayar pakai sampah, lho!

sewarga.com

Saat berwisata, biasanya kita bisa menjumpai banyak hal unik dan baru. Tak terkecuali dengan kendaraan umum setempat yang unik dan menarik. Karena biasanya tak ada di tempat tinggal kita, kita jadi antusias mencobanya. Dari sekian banyak kendaraan umum yang ada, inilah beberapa di antaranya yang paling unik.

1. Shinkansen Hello Kitty - Osaka, Jepang

mikeshouts.com

Bukan Jepang namanya kalau gak menyajikan beragam hal unik. Rilis pada akhir Juni lalu, Jepang mempunyai inovasi terbaru pada kereta super cepatnya, Shinkansen. Model Shinkansen di Stasiun Shin-Osaka dan Stasiun JR Hakata kini menggunakan model Hello Kitty. 

Mulai dari eksterior hingga interior didominasi dekorasi Hello Kitty yang sangat menggemaskan. Hal ini merupakan salah satu gebrakan Jepang agar terpilih sebagai tuan rumah World Exposition 2025. 

2. Andong - Yogyakarta, Indonesia

sewarga.com

Bagi kita, mungkin andong di Yogyakarta sudah tidak lagi unik. Namun, bagi wisatawan mancanegara, andong merupakan transportasi umum yang sangat menarik. Pasalnya, sangat jarang ada negara yang mempunyai transportasi umum layaknya andong, bahkan di beberapa wilayah Indonesia sendiri.

3. Riverbus - Hafencity, Jerman

boatmaginternational.com

Beberapa negara di Eropa sudah memiliki bus pariwisata amfibi. Salah satunya distrik Hafencity, Jerman, yang mulai beroperasi pada 2016 lalu. Hafencity Riverbus melayani tur wisata 70 menit di daerah persimpangan distrik Hafencity dan Rothenburgsort menuju pelabuhan Elbe Hamburg. 

4. Carmelit - Haifa, Israel

https://www.youtube.com/embed/beWp4lcVVnw

Carmelit merupakan sistem transportasi kereta bawah tanah terkecil di dunia. Berada di Haifa, Israel, Carmelit hanya melayani jalur di kawasan Gunung Karmel sepanjang 1,8 kilometer. Uniknya dari Carmelit adalah jalurnya yang mempunyai desain miring. Bentuk stasiun dan trem Carmelit juga menyesuaikan, terdapat tangga-tangga di dalam gerbong dan peron.

5. Suroboyobus - Surabaya, Indonesia

Dok. IDN Times/Istimewa

Bukan hal baru untuk sebuah kota metropolitan mempunyai moda transportasi berupa bus. Namun, Suroboyobus cukup unik, karena penumpangnya bisa membayar menggunakan sampah. Ada tiga pilihan, yakni 10 gelas plastik air mineral, lima botol tanggung air mineral, dan tiga botol besar air mineral.

Bus Suroboyo juga memiliki fasilitas yang lengkap dan desain lebih kekinian. Mulai dari kursi dengan warna sesuai kategori penumpang, seperti warna pink untuk wanita, merah untuk lansia, dan oranye untuk laki-laki dan umum. Dilengkapi pula dengan CCTV, AC, hingga TV. Beroperasi mulai 06.00-22.00, rutenya mulai terminal Bungurasih hingga JMP.

6. Canal taxi - Bangkok, Thailand

iamnittra.com

Bangkok dinilai sudah cukup baik memanfaatkan sungainya sebagai jalur transportasi. Kawasan yang dikenal "Venesia dari Timur" ini mempunyai canal sebagai moda transportasi di sungai. Jika tujuanmu ingin berwisata candi di Bangkok, angkutan ini layak untuk kamu coba. Daya tempuh perjalanannya bisa lebih cepat karena bisa terbebas dari kemacetan.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya