Comscore Tracker

5 Tempat di Dunia yang Melawan Gravitasi, Yuk Main ke Sini!

Benarkah ada campur tangan alien?

Semua makhluk dan benda di bumi dapat hidup teratur karena adanya gaya gravitasi. Disebut juga gaya tarik bumi inilah yang menyebabkan benda-benda tetap berada di tempatnya dan tak melayang ke mana-mana. Namun, apa jadinya jika bumi tanpa gravitasi?

Ternyata, di berbagai belahan bumi terdapat tempat-tempat yang tak mengenal hukum gravitasi. Sensasi rasa aneh dan menakjubkan akan kamu jumpai ketika berada di tempat-tempat tersebut. Di mana saja? Berikut daftarnya dilansir How Stuff Works dan Oregonlive.

1. Santa Cruz Mystery Spot, USA

5 Tempat di Dunia yang Melawan Gravitasi, Yuk Main ke Sini!marinmommies.com

Tempat wisata yang dibuka sejak 1940 ini akan memberikanmu sensasi aneh berdiri dengan kemiringan 45 derajat tanpa terjatuh, menempel di dinding, dan menaiki tangga yang lurus. Peneliti meyakini bahwa pesawat luar angkasa yang tertimbun menjadi penyebab adanya perbedaan gravitasi di tempat tersebut.

Tentunya kamu akan mendapatkan berbagai jepretan foto yang Instagramable. Mystery Spot ini telah tercatat dalam daftar Tempat Bersejarah di California yang ditandatangani oleh Direktur Taman Negara California pada tahun 2014.

2. House of Mystery Oregon Vortex, USA

5 Tempat di Dunia yang Melawan Gravitasi, Yuk Main ke Sini!oregonlive.com

Masih di USA, kawasan Gold Hill, Oregon juga memberikan pengalaman gravitasi yang menakjubkan. Fenomena aneh bola menggelinding ke atas dan sapu yang dapat berdiri sendiri akan membuat para pengunjungnya merasa pusing keheranan. Selain itu, kamu akan menjumpai tinggi orang yang berbeda-beda tergantung tempat di mana ia berdiri.

Bukankah itu mencengangkan? Usut punya usut, struktur dinding rumah tersebut yang menyebabkan ilusi optik yang seolah tampak nyata.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata Alam ala Uang Kertas Rupiah, Surga Dunia!

3. Hoover Dam Nevada, USA

5 Tempat di Dunia yang Melawan Gravitasi, Yuk Main ke Sini!mentalfloss.com

Sebuah bendungan di Nevada ini sekilas tampak seperti bendungan pada umumnya. Namun, jika kamu menuangkan air ke dalamnya, air tersebut malah akan naik terbang ke atas.

Setelah diteliti, ternyata struktur dari bendungan tersebut yang menyebabkan mengalirnya air ke atas. Adanya arus angin kencang dari bawah bendungan yang menciptakan fenomena aneh tersebut.

4. Golden Rock, Myanmar

5 Tempat di Dunia yang Melawan Gravitasi, Yuk Main ke Sini!viator.com

Di tepi bukit Kyaiktiyo, Myanmar terdapat sebuah batu emas besar yang berdiri dengan gagahnya. Tanpa ada tanda-tanda ingin terjatuh, batu emas tersebut telah berdiri selama 2.500 tahun lamanya di ketinggian 1.100 mdpl.

Menurut cerita setempat, batu tersebut berdiri di atas sehelai rambut Buddha. Kekuatan mistis itulah yang membuat Golden Rock tetap kokoh di tempatnya meski berada di tepi bukit. Oleh masyarakat Myanmar, tempat tersebut dianggap suci dan banyak warga yang berkunjung untuk berdoa di sana.

5. Hudson Bay Kanada

5 Tempat di Dunia yang Melawan Gravitasi, Yuk Main ke Sini!earthobservatory.nasa.gov

Kelainan gravitasi di Teluk Hudson dan sekitarnya pertama diidentifikasi pada tahun 1960-an. Teori baru yang dikemukakan para peneliti yaitu bahwa lapisan Es Laurentide memberikan peran dalam hilangnya gravitasi di Teluk Hudson.

Lapisan es setebal 3,7 km itu telah mencair selama 10.000 tahun lamanya. Akibatnya terdapat perbedaan massa di Teluk Hudson yang menyebabkan berkurangnya gravitasi di daerah tersebut. Menurut para peneliti, lebih sedikit massa berarti lebih sedikit gravitasi.

Ternyata, masih ada tempat-tempat di dunia yang menyimpan banyak misteri dan keanehan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Siapkan perbekalan yang matang sebelum kamu berkunjung ke tempat-tempat tersebut, ya.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata di Dunia yang Rusak Akibat Ulah Turis, Bikin Sedih

ana hanifatul Photo Writer ana hanifatul

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya