Comscore Tracker

5 Rekomendasi Pasar Tradisional di Batulicin, Jangan Lupa Mampir

Mau belanja jadi gak bingung, deh #LokalIDN

Batulicin adalah kota kecil yang ada di provinsi Kalimantan Selatan tepatnya di kabupaten Tanah Bumbu. Walaupun kecil tapi kota ini merupakan sentra dari pemerintahan Tanah Bumbu, lho. Maka tak heran jika banyak orang yang memilih untuk merantau ke sini.

Buat kamu yang sedang berkunjung atau baru saja menetap di Batulicin, berikut lima rekomendasi pasar tradisional yang bisa kamu kunjungi. Catat ya!

1. Pasar Subuh

5 Rekomendasi Pasar Tradisional di Batulicin, Jangan Lupa MampirUnsplash.com/Devi Puspita Amartha Yahya

Kalau dilihat dari namanya, pasti terkesan waktu bukanya hanya saat subuh saja. Tapi, jangan salah. Pasar ini buka 24 jam non stop kok.

Saat pagi hari, kamu akan melihat banyak pedagang sayur keliling yang parkir untuk membeli barang dagangan. Ketika malam hari, banyak kedai makan yang buka di sini. Mulai nasi goreng, bakso, gorengan, mi ayam, dan masih banyak lagi. Tengah malam jadi gak takut kelaparan lagi, deh.

Lokasi: Jl.Raya Kodeco km 1, Gunung Antasari

Waktu buka: 24 jam

2. Pasar Ampera

5 Rekomendasi Pasar Tradisional di Batulicin, Jangan Lupa MampirUnsplash.com/Devi Puspita Amartha Yahya

Bukan Ampera yang ada di Palembang, ya. Pasar ini juga menyediakan berbagai kebutuhan pokok mulai dari sayuran, ikan, daging, dan segala macam sembako.

Lapak-lapaknya pun sudah tertata cukup rapi. Kelompok pedagang sayur dan ikan berada di lokasi yang berbeda. Begitu pun dengan kelompok pedagang yang lain.

Lokasi: Jl.Raya Batulicin, Tungkaran Pangeran

Waktu buka: Setiap hari (05.00-12.00 WITA)

Baca Juga: 6 Tips Aman Belanja di Pasar Tradisional saat Pandemik, Efektif!

3. Pasar Harian

5 Rekomendasi Pasar Tradisional di Batulicin, Jangan Lupa MampirUnsplash.com/Fikri Rasyid

Sudah pasti pasar ini selalu buka setiap hari. Lokasinya yang berada di persimpangan membuat pasar ini sering mengalami kemacetan. Jalan gang di dalam pasar yang sempit juga membuat sulit sehingga sering berdesakan.

Karena lengkapnya berbagai kebutuhan pokok yang disediakan, maka tak heran jika pasar ini selalu ramai dan sering membuat macet. Selain itu, kamu bisa menikmati pemandangan kapal-kapal besar di Pelabuhan Speed yang ada di ujung jalan pasar ini.

Lokasi: Desa Bersujud, Simpang Empat (tepat di persimpangan lampu merah)

Waktu buka: 24 jam

4. Pasar Sabtu

5 Rekomendasi Pasar Tradisional di Batulicin, Jangan Lupa MampirUnsplash.com/Yeo Khee

Pasar tradisional ini hanya ada saat malam Jumat dan hari Sabtu. Pasar ini bisa dibilang pasar yang super lengkap.

Bagaimana tidak, di sini tersedia mulai dari bahan pangan, sandang, media hiburan, hingga berbagai macam pengobatan tradisional. Sepertinya hidup di Batulicin semua kebutuhan bisa terpenuhi, ya.

Lokasi: Jl.Perjuangan, Tungkaran Pangeran

Waktu buka: Jum'at (15.00-22.00 WITA) dan Sabtu (06.00-22.00 WITA)

5. Pasar Minggu

5 Rekomendasi Pasar Tradisional di Batulicin, Jangan Lupa MampirUnsplash.com/Falaq Lazuardi

Tak hanya Jakarta yang punya Pasar Minggu, kota Batulicin juga punya, lho. Tapi pasar ini tidak hanya buka hari Minggu saja, melainkan setiap hari.

Di antara pasar tradisional yang lain, Pasar Minggu lebih tertata rapi karena didirikan di atas bangunan bertingkat dua lantai. Sambil berbelanja, kamu juga bisa bermain di Education Park yang berada satu lokasi dengan pasar ini.

Lokasi: Jl.Raya Batulicin, Kampung Baru

Waktu buka: 24 jam

Selain dapat memenuhi kebutuhan harian, pasar-pasar di atas juga mencerminkan kearifan lokal kota Batulicin. Kamu dapat bertemu banyak orang dan mengenal ragam kebudayaan yang ada di sana. Pasar-pasar ini tentu dapat menjadi alternatif pilihan berbelanja selain di toko swalayan atau mal.

Baca Juga: 1.172 Pedagang Pasar Tradisional di Indonesia Positif COVID-19

Ana Hanifatul Photo Verified Writer Ana Hanifatul

Apa apa aja yang penting menyenangkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya