Comscore Tracker

7 Pelajaran Berharga yang Hanya Diperoleh jika Kamu Gemar ke Museum

Spesial banget det, percayalah

Menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terdapat sekitar kurang lebih 400 museum yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Mulai dari museum arkeologi, seni, biografi, etnologi, maritim hingga militer.

Indonesia termasuk negara dengan jumlah museum terbanyak di Asia. Namun, apakah masyarakatnya masuk dalam daftar negara yang paling sering ke museum?

Untuk angka kunjungan ke museum, kita harus kalah dari negeri tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Keduanya memiliki kunjungan museum mencapai ratusan ribu hingga jutaan tiap bulan. Padahal, museum dalam negeri gak kalah kece, lho.

Kamu yang mungkin merasa bosan atau tidak tertarik untuk berlibur dan meluangkan waktu ke museum, coba deh simak dulu tujuh manfaat terbaik yang hanya dirasakan saat rajin ke museum.

1. Jadi lebih kreatif dan inovatif

7 Pelajaran Berharga yang Hanya Diperoleh jika Kamu Gemar ke Museuminstagram.com/nadinelist

Melihat karya seni akan menstimulasi otakmu untuk memahami sesuatu dengan memfungsikan segala idera yang dimiliki manusia. Hal ini akan membuat otakmu mengolah informasi dengan baik dan teratur, serta dapat memicu timbulkan ide-ide baru. Museum adalah salah satu tempat terbaik mendapatkan inspirasi.

2. Menghargai pendapat orang lain

7 Pelajaran Berharga yang Hanya Diperoleh jika Kamu Gemar ke Museuminstagram.com/museummacan

Setiap karya menyampaikan pesan tersendiri. Semakin banyak kamu menikmati karya seni, maka akan semakin memahami bahwa setiap orang memandang dunia dengan sudut pandang masing-masing. Kamu pun akan menghargai perbedaan pendapat tanpa menghakimi yang bertentangan denganmu.

3. Jadi berpikir logis dan sistematis

7 Pelajaran Berharga yang Hanya Diperoleh jika Kamu Gemar ke Museuminstagram.com/chelseaislan

Proses penciptaan adalah sesuatu akan sangat nyata dan dapat dijumpai di museum. Setiap peninggalan semakin bermakna dikarenakan telah melalui proses yang panjang. Pola pikir sistematismu secara tidak langsung akan tercipta. Hal ini baik untuk kamu, agar dapat memikirkan berbagai pertimbangan dalam mengambil keputusan.

4. Menjadi orang yang mampu mengontrol ego

7 Pelajaran Berharga yang Hanya Diperoleh jika Kamu Gemar ke Museuminstagram.com/museummacan

Apa yang ada di museum biasanya jauh dari yang ada di pikiranmu. Sebuah benda yang menurutmu biasa saja, mungkin bagi orang lain memiliki makna mendalam. Ingin melatih menekan tingkat ego yang kamu miliki, sering-seringlah datang ke museum.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Terbaik di Thailand, Jangan Cuma ke Phuket

5. Mengembangkan pola pikir

7 Pelajaran Berharga yang Hanya Diperoleh jika Kamu Gemar ke Museumalux.com

Melihat persepektif lain dari mata dan pemikiran seniman akan menambah wawasanmu. Sehingga, kamu bisa memikirkan hal-hal baru dengan sudut pandang yang baru pula. Setiap benda yang ada di museum siap untuk menjadi perantara kerja otakmu dalam mengembangkan pola pikir.

6. Mampu melihat sisi positif dari setiap kondisi

7 Pelajaran Berharga yang Hanya Diperoleh jika Kamu Gemar ke Museuminstagram.com/salihara

Sejarah tidak selalu berakhir dengan menyenangkan. Terkadang museum akan mengungkap berbagai sisi lain dari sejarah yang telah dipahami masyarakat.

Bersamaan dengan itu, kamu akan dituntun untuk menarik kesimpulan atas apa yang kamu lihat. Dijamin kamu akan jadi orang yang lebih positif dan melihat segala masalah dari berbagai pertimbangan.

7. Menjadi orang yang optimis

7 Pelajaran Berharga yang Hanya Diperoleh jika Kamu Gemar ke Museumalux.com

Benda bersejarah mengajarkan kita bahwa segalanya akan berlalu dan berakhir dengan baik, selama kita tidak berhenti berjuang. Kumpulan artefak di museum menyajikan bagaimana manusia dan alam dapat hidup selaras hingga saat ini. Jadi dengan demikian, kamu terlatih untuk berpikir optimis.

Kamu pernah merasakan manfaat di atas gak? Atau kamu belum pernah merasakan 7 manfaat berharga tersebut? Segera luangkan waktumu untuk sekedar ke museum ya. Kalau gak ketemu benda berharga, siapa tahu kamu ketemu jodoh, eh.

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Nusa Penida yang Keindahannya Diakui Dunia

Line Ads

Topic:

Just For You

I Want More !