Comscore Tracker

Info Wisata Danau Sentani Papua: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

Saking indahnya, mungkin kamu akan berpikir untuk tak pulang

Papua dikenal memiliki keindahan alam yang luar biasa indah. Ada banyak wisata alam dengan panorama yang begitu memesona di Papua. Salah satunya Danau Sentani.

Danau Sentani merupakan yang terluas di Papua. Lokasinya berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops dengan luas sekitar 245.000 hektare.

Keindahan alam di Danau Sentani gak perlu diragukan lagi. Kecantikan alam sekitarnya gak kalah jika dibandingkan Raja Ampat yang tersohor itu.

Nah, kalau kamu berencana menyambangi Danau Sentani, simak info wisatanya dulu di bawah ini!

1. Rute perjalanan

Info Wisata Danau Sentani Papua: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnyaiamindonesia.net

Danau Sentani terbentang di antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau yang memiliki luas sekitar 9.360 hektare ini berada pada ketinggian sekitar 75 meter di atas permukaan laut.

Akses menuju Danau Sentani tak begitu sulit. Dari Jakarta, kamu bisa memilih rute pesawat menuju Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura. Durasinya sekitar delapan jam, tergantung lokasi transitmu.

Sesampainya di Bandara Sentani, disarankan menyewa mobil supaya lebih leluasa dan fleksibel. Penyewaan mobil biasanya tersedia di bandara.

Alternatifnya, kamu bisa memilih angkutan umum di pintu masuk bandara atau naik taksi. Jarak Bandara Sentani dengan Danau Sentani sangat dekat, hanya sekitar 10 menit perjalanan darat.

2. Harga tiket masuk

Info Wisata Danau Sentani Papua: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnyaflickr.com/photos/cifor

Harga tiket Danau Sentani sekitar Rp10 ribu saja. Namun, tarif bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung hari berkunjung. Sedangkan, untuk sewa mobil, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp650 ribuan.

Sesampainya di Danau Sentani, kamu bisa menjelajah dengan menggunakan kapal motor dengan tarif sekitar Rp10-50 ribu. Untuk urusan akomodasi atau penginapan, gak perlu diambil pusing. Ada banyak penginapan dengan bujet yang bisa kamu sesuaikan kantong.

Kamu bisa memilih hotel, hostel, homestay, atau resor di kawasan area wisata Danau Sentani. Harga penginapan bervariatif, mulai dari Rp250 ribuan hingga Rp1 jutaan.

Beberapa penginapan yang bisa kamu pilih antara lain Hotel Grand Abe Jayapura, Sabang Land Hotel, Le Premiere Hotel, Homestay Galpera Papua, atau Horex Hotel.

Baca Juga: Tiket Masuk di Colosseum Roma Naik, Ini Info Wisata Lengkapnya!

3. Tips mengunjungi Danau Sentani

Info Wisata Danau Sentani Papua: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnyainstagram.com/rezaayomi

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Danau Sentani adalah bulan Juni. Pasalnya, Festival Danau Sentani digelar setiap Juni. Festival Danau Sentani biasanya diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan berbagai sajian kuliner khas Papua.

Ada sekitar 24 kampung yang tersebar di Danau Sentani. Masing-masing punya keunikan tradisi. Kamu bisa mengunjungi kampung-kampung ini menggunakan perahu motor yang ada di dermaga Pantai Khalkote.

Kalau mau lebih mengenal warga lokal, menginaplah di rumah warga. Kamu akan melihat keseharian mereka dan mengenalnya lebih dekat. 

Gimana, seru banget, kan? Jadi kapan mau ke Danau Sentani, Papua, nih?

Baca Juga: Info Wisata Danau Batur Bali: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

Topic:

  • Andry Trisandy
  • Dewi Suci R.

Just For You