Comscore Tracker

10 Rekomendasi Wisata Paling Populer di Ambon dan Sekitarnya

Wajib dikunjungi meski sekali seumur hidup, biar gak nyesel!

Ada banyak daerah di Indonesia Timur yang memiliki potensi wisata luar biasa. Salah satunya Ambon.

Kota yang dijukuki "Ambon Manise" ini memang punya segudang destinasi wisata yang unik, menarik, dan menawan. Wisata-wisata di Ambon dan sekitarnya tak kalah jika dibandingkan dengan destinasi terkenal, seperti Bali atau Yogyakarta.

Nah, kalau kamu berencana liburan ke Ambon, berikut rekomendasi tempat wisata paling populer yang wajib kamu kunjungi.

1. Pantai Ora

10 Rekomendasi Wisata Paling Populer di Ambon dan Sekitarnyainstagram.com/indonesiajalan2

Salah satu destinasi wisata pantai di dekat Ambon yang cukup terkenal hingga ke mancanegara adalah Pantai Ora. Pantai ini langsung berhadapan dengan Samudera Pasifik.

Pasirnya putih halus, air lautnya sangat jernih, dan keasriannya masih sangat terjaga. Pantai ini berlokasi di Pulau Seram, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah.

Dari Ambon menuju ke Pantai Ora memang butuh waktu yang cukup lama, yakni sekitar empat jam. Namun, sesampainya di tujuan, rasa lelahmu dijamin terbayar lunas dengan keindahan yang disuguhkan.

2. Pantai Pintu Kota

10 Rekomendasi Wisata Paling Populer di Ambon dan Sekitarnyainstagram.com/exploreambon

Pantai Pintu Kota berlokasi di Dusun Airlouw, Nusaniwe, Kota Ambon. Pantai ini berjarak sekitar 45 kilometer dari pusat Kota Ambon.

Keunikan pantai ini adalah karang berlubang yang berbentuk mirip sebuah gerbang atau pintu. Dari karang berlubang ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan laut Banda yang memesona.

3. Pantai Namalatu

10 Rekomendasi Wisata Paling Populer di Ambon dan Sekitarnyainstagram.com/mirandaboreros

Pantai Namalatu terletak di Desa Latuhalat, Nusaniwe, Kota Ambon. Pantai ini berada sekitar 15 kilometer saja dari Kota Ambon.

Tak cuma menawarkan keindahan, kamu juga bisa menikmati beragam aktivitas outdoor di pantai ini. Mulai dari snorkeling, menyelam, memancing, hingga berkeliling menggunakan perahu.

4. Pantai Santai

10 Rekomendasi Wisata Paling Populer di Ambon dan Sekitarnyainstagram.com/verawaty_

Sesuai namanya, Pantai Santai menawarkan suasana yang tenang dan jauh dari keramaian. Pantai Santai dianugerahi pasir putih yang indah dan air laut yang bersih.

Keindahan bawah lautnya pun juara. Untuk menikmati keindahan bawah laut di Pantai Santai, cobalah snorkeling atau diving

5. Pulau Molana

10 Rekomendasi Wisata Paling Populer di Ambon dan Sekitarnyainstagram.com/putricinita

Pulau Molana merupakan sebuah pulau kecil yang berada di wilayah Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah. Pulau Molana menawarkan pemandangan yang sangat indah dan eksotis.

Hamparan pasir putihnya bersih dan halus. Air lautnya memiliki warna gradasi yang begitu memukau. Pulau Molana bisa diakses dengan menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Tulehu dengan tujuan Saparua.

6. Benteng Amsterdam

10 Rekomendasi Wisata Paling Populer di Ambon dan Sekitarnyamasihbaru.com

Benteng Amsterdam merupakan peninggalan Belanda yang berada di perbatasan antara Negeri Hila dan Negeri Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. Benteng ini sudah eksis sejak tahun 1637.

Meski pernah tertimpa gempa dan tsunami, Benteng Amsterdam masih tetap berdiri hingga sekarang. Bangunannya yang unik membuat benteng ini punya daya tarik dan Instagenic banget.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Tuban yang Layak untuk Dikunjungi

7. Masjid Wapauwe

10 Rekomendasi Wisata Paling Populer di Ambon dan Sekitarnyaboombastis.com

Tak jauh dari Benteng Amsterdam, kamu bisa mengunjungi Masjid Wapauwe yang merupakan masjid tertua kedua di Indonesia. Masjid ini berdiri sejak 1414 dan dikenal sebagai pusat penyebaran Islam di Maluku pada masa lampau.

Masjid Wapauwe dibuat dari gaba-gaba (pelepah sagu yang dikeringkan) dan beratapkan daun rumbia. Bentuk bangunannya bujur sangkar, dengan konstruksi bangunan induknya dirancang tanpa paku atau pasak pada setiap sambungan kayu.

8. Benteng Ferangi

10 Rekomendasi Wisata Paling Populer di Ambon dan Sekitarnyadictio.id

Selain Benteng Amsterdam, Ambon juga punya benteng lainnya, yakni Benteng Ferangi. Jika Benteng Amsterdam merupakan peninggalan Belanda, Benteng Ferangi dibangun pada masa penjajahan Bangsa Portugis sekitar tahun 1575.

Tempat bersejarah yang punya nama lain Benteng Victoria ini merupakan saksi bisu cikal bakal terbentuknya Kota Ambon. Sejak ditinggalkan oleh Portugis dan Belanda, sedikit demi sedikit masyarakat mulai menempati sekeliling bangunan tua ini secara berkelompok.

Benteng Ferangi sendiri berlokasi di Kecamatan Sirimau, pusat Kota Ambon. Di benteng ini juga terdapat patung Christina Martha Tiahahu, pahlawan kemerdekaan Indonesia berasal dari Maluku.

9. Tebing Makariki

10 Rekomendasi Wisata Paling Populer di Ambon dan Sekitarnyainstagram.com/arryloupatty

Tebing Makariki berlokasi di Pulau Seram, Desa Laimu, Kecamatan Tehoru, Maluku Tengah. Tebing Makariki kerap dijuluki "hidden paradise", karena lokasinya cukup terpencil dan memiliki akses jalan yang terjal.

Tebing ini memiliki panorama alam yang begitu memesona, dibalut dengan udara yang menyegarkan dan air yang sangat jernih.

10. Museum Siwalima

10 Rekomendasi Wisata Paling Populer di Ambon dan Sekitarnyagoogle.com/maps/contrib/Nurjanati

Museum Siwalima berada di kawasan Taman Makmur, Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Di museum ini, kamu bisa menyaksikan banyak koleksi seputar budaya, serta peninggalan sejarah yang berkaitan dengan Ambon dan Kepulauan Maluku.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata yang bisa kamu masukkan dalam bucket list liburan ke Ambon. Mana dulu yang pengin kamu datangi?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Bondowoso, Harus Banget Kamu Datangi!

Topic:

  • Andry Trisandy
  • Dewi Suci R.

Just For You