Comscore Tracker

10 Rekomendasi Wisata di Semarang yang Bisa Dikunjungi Saat New Normal

Jangan lupa selalu kenakan masker ya!

Berbagai daerah mulai bersiap dan berbenah untuk menyambut new normal atau era kenormalan baru. Salah satunya Semarang.

Selama ini, Semarang selalu menjadi daerah favorit tujuan wisata di Jawa Tengah. Daerah ini punya jenis wisata yang lengkap, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, hingga wisata kuliner.

Saat new normal diberlakukan, ada beberapa spot wisata di Semarang dan sekitarnya yang bisa dikunjungi. Ada apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Lawang Sewu

10 Rekomendasi Wisata di Semarang yang Bisa Dikunjungi Saat New Normalinstagram.com/tahaleanoveri

Saat nanti keran wisata di Semarang mulai dibuka, spot pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Lawang Sewu. Rasanya belum afdal kalau ke Semarang tapi melewatkan Lawang Sewu.

Wisata sejarah peninggalan kolonial Belanda ini identik dengan jumlah pintunya yang banyak. Arsitekturnya yang menawan membuat Lawang Sewu sangat asyik untuk ditelusuri.

2. Museum Kereta Api Ambarawa

10 Rekomendasi Wisata di Semarang yang Bisa Dikunjungi Saat New Normaltravelspromo.com

Museum Kereta Api Ambarawa berlokasi di Jalan Stasiun, Panjang Kidul, Panjang, Kecamatan Ambarawa, Semarang.

Museum ini punya koleksi kereta api zaman dulu yang menarik banget untuk dieksplorasi. Kamu pun bisa menjajal kereta api uap kuno berusia ratusan tahun.

3. Sam Poo Kong

10 Rekomendasi Wisata di Semarang yang Bisa Dikunjungi Saat New Normalidntimes.com/@Intan Deviana

Sam Poo Kong merupakan sebuah klenteng yang berlokasi di Jalan Simongan, Bongsari, Semarang Barat.

Klenteng ini sarat akan sejarah perkembangan Islam di Pulau Jawa. Di tempat inilah, Laksamana China beragama Islam yang dikenal bernama Cheng Ho singgah dan mendarat pertama kali.

Kamu bisa berburu spot foto menarik di sini. Jangan lupa menyewa pakaian khas China yang tersedia di dekat loket utama. Waktu terbaik untuk mengunjungi Klenteng Sam Po Kong adalah sore hari.

4. Kota Lama

10 Rekomendasi Wisata di Semarang yang Bisa Dikunjungi Saat New Normalbob.kemenpar.go.id

Kalau di Jakarta ada Kota Tua, maka Semarang juga punya Kota Lama yang gak kalah eksotis. Kota Lama terdiri dari bangunan-bangunan kuno yang megah.

Kamu bisa sekadar bersantai menikmati suasana sore hari atau hunting spot foto kereng. Kota Lama terletak di Jalan Letjen Suprapto, Kota Semarang.

5. Vihara Buddhagaya Watugong

10 Rekomendasi Wisata di Semarang yang Bisa Dikunjungi Saat New Normalwowkeren.com

Vihara Buddhagaya Watugong beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung,  Banyumanik, Semarang. Tempat ibadah umat Buddha ini punya dua bangunan utama yang menawan, yakni Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala.

Sama seperti Sam Po Kong, Pagoda Avalokitesvara juga bisa menjadi spot foto yang menarik. Pagoda yang dibangun pada 1955 ini memiliki tinggi sekitar 45 meter, yang terdiri dari tujuh tingkat. Tiap tingkatan terdapat empat buah patung Dewi Kwan Im menghadap empat penjuru mata angin.

6. Toko Oen

10 Rekomendasi Wisata di Semarang yang Bisa Dikunjungi Saat New Normalinstagram.com/thejakartan

Jika ingin bernostalgia, kamu bisa mengunjungi Toko Oen yang berlokasi di Jalan Pemuda Nomor 52, Bangunharjo, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Toko Oen merupakan restoran dengan gaya arsitektur dan interior zaman kolonial Belanda. Toko Oen menyajikan berbagai macam kuliner yang lezat dan unik.

Baca Juga: New Normal, 11 Destinasi Wisata di Jakarta Ini Sudah Dibuka Kembali

7. Vanaprastha dan Ayanaz Gedongsongo

10 Rekomendasi Wisata di Semarang yang Bisa Dikunjungi Saat New Normalinstagram.com/arief0930

Vanaprastha dan Ayanaz Gedongsongo berlokasi di Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Kamu bisa nongkrong sambil menikmati beragam spot cantik yang Instagramable banget.

Pengelola Ayanaz memang menyediakan banyak spot yang bisa dipakai untuk berfoto, seperti bubble tent, balon udara, tempat duduk unik di tengah kolam, dan hammock. Suasananya pun begitu menyegarkan, karena Ayanaz berada cukup jauh dari hingar bingar lalu lintas.

8. Gunung Telomoyo

10 Rekomendasi Wisata di Semarang yang Bisa Dikunjungi Saat New Normalwartawisata.id

Pengen naik gunung tapi gak pengen capek? Nah, kamu bisa mencoba mengunjungi Gunung Telomoyo. Untuk mencapai puncak gunung ini, kamu bisa naik motor selama kurang lebih 30 menit.

Puncak Gunung Telomoyo menyuguhkan panorama alam yang memukau dan menakjubkan. Gunung Telomoyo berlokasi di Nogosaren, Kecamatan Getasan, Semarang.

9. Taman Bunga Celosia

10 Rekomendasi Wisata di Semarang yang Bisa Dikunjungi Saat New Normalinstagram.com/aliemoen7

Taman Bunga Celosia berlokasi tak jauh dari Vanaprastha dan Ayanaz Gedongsongo. Di tempat ini kamu bakal disuguhkan taman tematik yang menawan.

Selain menikmati indahnya Bunga Celosia, kamu juga bisa menikmati Taman Lampion dan Taman Lorong Tanpa Batas. Harga tiket masuk Taman Bunga Celosia mulai dari Rp20 ribu hingga Rp25 ribu.

10. Cimory on the Valley

10 Rekomendasi Wisata di Semarang yang Bisa Dikunjungi Saat New Normalinstagram.com/hangoutsemarang

Cimory ont The Valley berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Jatijajar, Kecamatan Bergas, Semarang. Cimory on The Valley merupakan tempat wisata dengan konsep rekreasi dan edukasi yang sangat cocok dikunjungi bareng keluarga.

Kamu bisa menikmati susu segar, berinteraksi dengan hewan, dan foto-foto di Taman Mini Mania yang berisi miniatur bangunan ikonik dunia.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Semarang yang bisa dikunjungi saat new normal. Selalu patuhi protokol kesehatan dan selalu kenakan masker di mana pun berada ya. Stay safe and healthy, guys!

Baca Juga: 8 Rekomendasi Wisata di Bandung yang Bisa Dikunjungi Saat New Normal

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya