Comscore Tracker

7 Tempat Paling Sempurna Menikmati Sunrise di Kota Jogja

#ANGPOIN Salah satunya pernah jadi lokasi shooting AADC2

Kota Yogyakarta atau Jogja dikenal akan keelokan budaya serta kekayaan kulinernya. Selain itu, Jogja juga tersohor dengan keindahan alam yang bikin siapa saja ingin balik lagi dan betah berlama-lama tinggal di sana. Apalagi bagi kamu para traveller yang suka berburu cantiknya sunrise.

Tak hanya sunset, fenomena munculnya matahari di pagi hari atau sunrise nyatanya tak kalah indah untuk dinikmati. Apalagi bila ditunjang dengan suasana alam yang elok dan asri. Tentu itu bisa menjadi pengalaman hidup yang tak bisa dilupakan.

Nah, di Jogja ada beberapa spot yang konon katanya mampu menyajikan pemandangan matahari terbit yang sangat indah. Penasaran? Berikut adalah daftarnya.

1. Pasar Bubrah Gunung Merapi

7 Tempat Paling Sempurna Menikmati Sunrise di Kota Jogjaflickr.com

Mendengar nama Pasar Bubrah di Gunung Merapi, tentu tak bisa terlepas dari hal mistis yang dipercaya ada di tempat itu. Namun siapa sangka, jika di Pasar Bubrah ini kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang luar biasa indahnya. 

Ada dua rute yang bisa kamu tempuh untuk mendaki gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2930 mdpl ini. Yakni dari Kinoharjo di Kaliurang dan Selo di Boyolali.

Pasar Bubrah sendiri merupakan pos pemberhentian terakhir sebelum menuju puncak Merapi. Butuh waktu sekitar 1 jam dengan medan yang cukup ekstrem untuk bisa sampai di puncak Merapi dari tempat ini.

Memang di puncak kamu bakal disuguhi pemandangan sunrise yang luar biasa indah, tapi dari Pasar Bubrah pun tak kalah cantiknya kok. 

2. Embung Tambakboyo

7 Tempat Paling Sempurna Menikmati Sunrise di Kota Jogja1001wisata.com

Embung Tambakboyo merupakan sebuah waduk yang terletak di desa Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan air, Embung Tambakboyo juga kerap dijadikan tempat rekreasi oleh warga sekitar maupun para wisatawan. Salah satunya untuk melihat keindahan matahari terbit. 

Dengan adanya pepohonan yang mengelilingi waduk, tentu menambah elok pemandangan sunrise di tempat ini. Pantulan matahari yang baru saja menampakkan diri, seolah jatuh di atas air danau. Suasana yang masih sepi dan udara yang sejuk pasti akan membuatmu makin khusyuk menikmati pemandangan alam yang luar biasa ini. 

3. Punthuk Setumbu

7 Tempat Paling Sempurna Menikmati Sunrise di Kota Jogjapunthuksetumbu.com

Buat kamu yang sudah menonton film Ada Apa Dengan Cinta 2, tentu masih ingat dong dengan scene saat Rangga membawa Cinta ke sebuah tempat terpencil untuk menikmati sunrise. Ya, tempat tersebut bernama Punthuk Setumbu, yang merupakan sebuah bukit di gugusan Pegunungan Menoreh. 

Di sana kamu bisa melihat keindahan matahari terbit yang memukau dari ketinggian 400 mdpl. Sunrise di Punthuk Setumbu mempunyai latar belakang gunung Merapi dan Merbabu.

Selain itu, kamu juga bisa melihat kemegahan candi Borobudur yang disiram cahaya matahari. Maka tak heran bila banyak pencinta fotografi rela datang lebih awal demi mengabadikan momen indah tersebut.

Baca Juga: 5 Spot Terbaik Melihat Sunrise Di Jawa Timur, Mempesona!

4. Puncak Suroloyo

7 Tempat Paling Sempurna Menikmati Sunrise di Kota Jogjatelusurjogja.com

Puncak Suroloyo berada di paling atas Pengunungan Menoreh, maka tak heran jika dari atas sana kamu bisa melihat pemandangan gemerlap lampu kota Jogja di malam hari yang mempesona. Tak hanya itu, kamu juga bisa berburu sunrise di Puncak ini. 

Jika kebetulan cuaca sedang cerah, kamu akan disuguhi matahari terbit berikut dengan deretan empat gunung besar di pulau Jawa yaitu, Merbabu, Merapi, Sumbing dan Sindoro. Serta kemegahan Candi Borobudur yang dikenal menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Namun bila saat tiba di Puncak Suroloyo cuaca sedang buruk, tak perlu khawatir karena kamu tetap bisa mendapatkan pemandangan indah yakni puncak gunung yang tertutup kabut. Itulah kenapa tempat ini sering juga disebut dengan "Negeri di Atas Awan".

5. Kebun Buah Mangunan

7 Tempat Paling Sempurna Menikmati Sunrise di Kota Jogjajogjawisatatour.com

Kebun Buah Mangunan merupakan salah satu objek wisata alam di desa Mangunan, Bantul, Yogyakarta.

Bagi kamu yang ingin berburu sunrise di tempat ini, bisa naik ke puncaknya yang mempunyai ketinggian sekitar 200 mdpl. Di sana terdapat gardu pandang yang bakal menyuguhkan pemandangan Pegunungan Sewu yang dibalut gumpalan awan putih. 

Tak hanya itu, sesuai namanya Kebun Buah Mangunan juga menyediakan wisata edukasi tentang berbagai jenis buah, sebut saja durian, mangga, jambu, jeruk, dan lain-lain.

6. Candi Prambanan

7 Tempat Paling Sempurna Menikmati Sunrise di Kota Jogjatripjogja.co.id

Ternyata untuk bisa menikmati sunrise, tak melulu harus dari tempat yang tinggi. Bahkan kamu tak perlu capai mendaki agar bisa melihat keindahan matahari terbit. Salah satunya dengan berkunjung ke candi Prambanan. Candi Hindu yang masuk ke dalam jajaran warisan dunia UNESCO ini berada sekitar 20 km dari kota Jogja. 

Ada tiga candi utama yang konon katanya paling apik dijadikan spot melihat sunrise yakni Candi Wisnu, Brahmana, dan Siwa. Sayangnya, untuk kunjungan di pagi buta hanya dibuka pada hari Minggu saja. 

7. Pantai Parangtritis

7 Tempat Paling Sempurna Menikmati Sunrise di Kota Jogjaalodiatour.com

Katanya, belum ke Jogja kalau belum berkunjung ke pantai Parangtritis. Nah, selain tersohor sebagai tempat menikmati matahari terbenam, di sana kamu juga bisa menunggu indahnya sunrise yang seolah muncul dari dalam laut. Ditambah lagi dengan suasana pantai yang masih terbilang sepi di pagi hari.

Berlama-lama memandangi cantiknya cahaya jingga matahari yang baru saja terbit bisa membuatmu terpukau sekaligus merinding.

Tertarik memburu sunrise di tujuh spot alam tadi? Yuk segera agendakan liburan ke Jogja!

Baca Juga: 8 Wisata di Yogyakarta yang Kental Nuansa Mistis, Berani Uji Nyalimu?

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya