Comscore Tracker

5 Air Terjun Indonesia dengan Nama Awalan Parang, Eksotis!

Meski punya nama seram, namun pemandangannya cantik!

Mengutip dari KBBI, parang artinya pisau besar. Ragam parang ada banyak. Salah satu jenisnya yang mudah dijumpai di sekitar kita yakni golok. 

Namun kali ini kita tidak sedang membahas tentang parang, ya. Melainkan wisata-wisata di Indonesia yang ternyata memiliki nama mengandung unsur kata parang di awal seperti lima air terjun dari berbagai daerah berikut.

Apakah ada air terjun berawalan parang yang berasal dari daerahmu?

1. Air Terjun Parang Ijo

5 Air Terjun Indonesia dengan Nama Awalan Parang, Eksotis!Air Terjun Parang Ijo (instagram.com/laataniarj)

Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah memang surganya wisata air terjun. Ada salah satu air terjunnya yang menarik perhatian lantaran menggunakan nama awalan parang yaitu Air Terjun Parang Ijo.

Aliran air terjun yang berlokasi di Desa Girimulyo, Kecamatan Ngagaryoso ini memang tidak begitu deras. Namun, pemandangan yang disuguhkan bikin berdecak kagum karena tebing di sekitar air terjun ditumbuhi lumut sampai tanaman hijau. Asri banget!

Hal menarik yang bisa kamu temui di sini yakni pedagang yang menjual sate kelinci atau sate landak. Bayangkan, menikmati kedua sate tersebut di bawah pepohonan rindang sambil menatap air terjun. Bikin betah liburan!

2. Air Terjun Parang Bugisi

5 Air Terjun Indonesia dengan Nama Awalan Parang, Eksotis!Air Terjun Parang Bugisi (instagram.com/bang_kem28)

Air Terjun Parang Bugisi terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Namanya masuk ke dalam daftar air terjun terindah di kawasan Malino, lho. 

Air terjun yang namanya mengandung unsur kata parang ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Air terjun ini mengalir dari tebing yang melebar dan bermuara pada kolam yang di sekitarnya disinggahi bebatuan alam beragam ukuran.

Keelokan rupa Air Terjun Parang Bugisi memang tidak perlu diragukan. Keindahannya sudah terasa dari akses menuju ke kawasan air terjun yang melalui area persawahan dan dan hutan bambu. Alami banget, ya!

Baca Juga: Air Terjun Tibumama Bali: Informasi Lokasi, Rute, dan Tips

3. Air Terjun Parang Kikis

5 Air Terjun Indonesia dengan Nama Awalan Parang, Eksotis!Air Terjun Parang Kikis (instagram.com/yudisembako57)

Bebatuan besar yang bertengger di bawah kaki Air Terjun Parang Kikis ini jadi spot incaran wisatawan untuk mengambil gambar. Aliran air terjun yang mengalir di antara tebing bebatuan akan memperindah hasil tangkapan kamera yang bakal menjadi kenangan seumur hidup. 

Nah, Air Terjun Parang Kikis ini masuk hidden gems-nya Tulungagung, Jawa Timur, lho. Lokasinya yang terbilang terpencil serta akses yang tidak mudah dilalui, membuat Air Terjun Parang Kikis tidak begitu padat oleh wisatawan sehingga cocok dipilih sebagai tempat untuk healing.

Dari sekian banyak waktu, musim hujan jadi waktu yang direkomendasikan untuk berkunjung ke air terjun di daerah Pagerwojo ini karena debit airnya yang masih banyak dibandingkan saat musim kemarau.

4. Air Terjun Parang Tejo

5 Air Terjun Indonesia dengan Nama Awalan Parang, Eksotis!Air Terjun Parang Tejo (instagram.com/benyaziz_)

Air Terjun Parang Tejo juga berada di Jawa timur. Tepatnya di Princi Gading Kulon, Kabupaten Malang. Air Terjun ini mengalir dari tebing nan tinggi yang dikelilingi oleh hutan berisi pepohonan hijau. Sungguh tempat yang tepat untuk segarkan pikiran, lho.

Terlebih, air terjun ini belum terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan sehingga kamu bisa menikmati keindahannya secara seksama! Menariknya lagi, di setiap sudut Air Terjun ini Parang Tejo kamu bisa menjumpai spot foto yang difasilitasi oleh pengelola air terjun. Ada spot berfoto berupa ayunan, rumah akar, sampai bunga raksasa. 

5. Air Terjun Parangloe

5 Air Terjun Indonesia dengan Nama Awalan Parang, Eksotis!Air Terjun Parangloe (instagram.com/nn_alamsyah)

Balik lagi ke Sulawesi Selatan dan masih di daerah yang sama yaitu Gowa, ada air terjun dengan nama mengandung unsur parang yang dapat kamu tuju yaitu Air Terjun Parangloe.

Sama-sama indah dan menakjubkan, perbedaan Air Terjun Parang Bugisi dengan Parangloe terlihat sekali dari penampakan alamnya di mana Air Terjun Parang Bugisi mengalir dari tebing bebayan bertingkat. 

Tingginya pun hanya 20 meter saja, tapi nampak eksotis sekali dengan muara bebatuan alam yang berbaris di bawahnya. Pepohonan hijau yang tumbuh di sisi kanan dan kiri tebing bikin Air Terjun Parang Bugisi makin sedap dipandang. 

Ternyata ada banyak air terjun di Indonesia yang namanya mengandung unsur kata parang, ya. Kendati berbeda riwayat penamaan maupun penampakan rupa, lima air terjun tadi patut banget masuk ke itinerary kamu saat pelesiran ke salah satu daerah asalnya. Jadi, kapan kamu mau berkunjung ke deretan air terjun di atas?

Baca Juga: 10 Wisata Indah Indonesia Tengah dan Timur, Serasa di Luar Negeri

Angela Calysta Photo Verified Writer Angela Calysta

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya