Comscore Tracker

5 Fakta Hutan Bakau Langsa, Cocok Jadi Destinasi Ekoturisme

Ada aneka jenis kepiting di hutan ini!

Bagi orang Aceh, khususnya warga Langsa yang berada di Aceh Timur, tentu sudah tidak asing lagi dengan wisata Hutan bakau Langsa. Hutan ini menjadi daya tarik tersendiri dan sangat populer untuk menjadi tujuan wisata masyarakat lokal maupun asing. 

Jika kamu menyukai wisata alam atau ekoturisme, tidak ada salahnya menjadikan hutan bakau Langsa sebagai tujuan wisatamu. Biar gak penasaran sama tempat wisata ini, berikut lima fakta tentang hutan mangrove Langsa yang perlu kamu ketahui.

1. Tempat ini sering jadi bahan penelitian

5 Fakta Hutan Bakau Langsa, Cocok Jadi Destinasi EkoturismeInstagram.com/syh.art

Tidak hanya sekadar tempat wisata, hutan bakau Langsa ini juga menjadi tempat bagi para siswa, mahasiswa hingga para peneliti untuk melakukan penelitian di hutan bakau Langsa. Adapun penelitian yang dilakukan di sini terkait tentang pemanfaatan mangrove atau bakau hingga spesies hewan yang ada di tempat tersebut.

2. Terdapat keanekaragaman kepiting di hutan bakau Langsa

5 Fakta Hutan Bakau Langsa, Cocok Jadi Destinasi EkoturismePixabay.com/sarangib

Mengacu hasil penelitian beberapa mahasiswa Universitas Samudra Langsa dan Universitas Mulawarman tentang kepiting di tempat ini, ditemukan bahwa terdapat 15 jenis kepiting yang ada di ekosistem hutan bakau ini.

Adapun kepiting merupakan hewan yang hidup berdampingan dengan bakau. Makanya peran kepiting pada ekosistem bakau sangatlah penting, sebab dengan adanya kepiting membuat ekosistem mangrove menjadi subur.

3. Hutan bakau Langsa jadi lokasi foto-foto bagi anak muda

5 Fakta Hutan Bakau Langsa, Cocok Jadi Destinasi EkoturismeInstagram.com/muji.burr

Hal ini karena hutan bakau tersebut menarik dan bagus untuk menjadi lokasi pengambilan foto. Apalagi terdapat beberapa spot foto seperti jembatan berwarna cokelat yang jadi favorit para pengunjung untuk berfoto di lokasi hutan ini.

Baca Juga: Ini Potret Pesona Hutan Bakau di Ekowisata Mangrove Lantebung

4. Terdapat habitat monyet pada hutan bakau ini

5 Fakta Hutan Bakau Langsa, Cocok Jadi Destinasi EkoturismeInstagram.com/rhinodesouza

Binatang ini kerap muncul dan menampakkan diri kepada pengunjung. Pengunjung pun disarankan agar tidak membawa makanan, atau barang-barang lain yang dapat menarik perhatian kawanan monyet. Ini bertujuan agar monyet tersebut tidak sampai mengganggu pengunjung.

5. Akses menuju lokasi wisata tidak sulit

5 Fakta Hutan Bakau Langsa, Cocok Jadi Destinasi EkoturismeInstagram.com/adestriw

Tidak semua tempat wisata memiliki akses yang mudah dijangkau wisatawan, misalnya daerah wisata yang masih belum banyak dikunjungi dan umumnya berada di hutan seperti wisata air terjun. Namun untuk wisata hutan bakau Langsa ini berbeda.

Ini karena tempat wisata ini tidak jauh dari kota Langsa. Hutan bakau ini hanya berjarak 5 kilometer dari Kota Langsa dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat atau roda dua.

Demikianlah 5 fakta tentang hutan bakau Langsa. Tempat wisata ini cocok untuk menjadi destinasi liburan keluarga, apalagi bagi orang tua yang ingin memberi edukasi anaknya tentang ekosistem alam.

Baca Juga: Pesona Pantai Duta, Perpaduan Hutan Cemara dan Mangrove di Probolinggo

Anggita RA Photo Community Writer Anggita RA

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You