Comscore Tracker

5 Fakta Unik Lhok Mee, Pantai Pasir Putih yang Memesona di Aceh 

Pantai yang bikin pengunjungnya betah!

Pantai Lhok Mee yang berada di kawasan Aceh Besar ini awalnya tidak populer lantaran belum banyak orang yang mengunjungi area tersebut. Lalu seiring berjalannya waktu, pantai Lhok Mee mulai banyak dikunjungi.

Daya tarik pantai ini adalah pesona pasir putihnya. Adapun lokasi pantai berada 35 kilometer dari pusat kota Banda Aceh. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Pantai Lhok Mee, berikut ini lima fakta unik tentang pantai tersebut yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Pantai dengan pasir putih halus dan air laut yang bening

5 Fakta Unik Lhok Mee, Pantai Pasir Putih yang Memesona di Aceh Instagram.com/ rencongdirgantara

Banyak orang yang sudah mengunjungi pantai ini menyebut pantai Lhok Mee seperti Pantai Kuta di Bali. Ini karena pesona pasir putih pantai Lhok Mee yang tidak semua pantai memilikinya. Alhasil, panorama pantai ini benar-benar memanjakan mata pengunjung.

Tidak hanya itu, air laut yang jernih dan bening juga menjadi daya tarik pantai Lhok Mee. Tempat ini cocok untuk menjadi tempat liburan bersama keluarga dan juga kerabat.

2. Pantai Lhok Mee merupakan bagian dari bekas kerajaan Lamuri

5 Fakta Unik Lhok Mee, Pantai Pasir Putih yang Memesona di Aceh Instagram.com/mulyaferdian

Jika melihat history pantai ini, ternyata Pantai Lhok Mee merupakan bagian dari peninggalan kerajaan Lamuri di Aceh. Ini karena pantai Lhok Mee berada di wilayah bukit Lamreh, yakni pintu gerbang kerajaan Lamuri.

Kerajaan Lamuri diyakini merupakan kerajaan tertua yang ada di Aceh yang diperkirakan sudah ada sebelum abad ke-13. Selain Lhok Mee, ada beberapa situs wisata lainnya yang juga berada di kawasan Lamreh yang dulunya menjadi bagian kerajaan Lamuri.

3. Di pantai ini pengunjung bisa langsung melihat aneka biota laut tanpa harus menyelam

5 Fakta Unik Lhok Mee, Pantai Pasir Putih yang Memesona di Aceh Instagram.com/tyameutia

Ada hal menarik yang bisa pengunjung temukan ketika berada di pantai Lhok Mee, khususnya ketika air laut sedang surut. Pantai ini menawarkan suguhan
aneka biota laut yang bisa dilihat langsung oleh mata tanpa perlu melakukan snorkeling.

Ini karena biota laut tersebut berada di sekitar pinggir pantai sehingga bisa diakses pengunjung. Pengunjung bisa menyaksikan sejumlah biota laut seperti ikan-ikan, bulu babi, karang, kepiting hingga biota lainnya. Lantaran air pada pantai Lhok Mee ini bening, maka biota laut tersebut bisa dilihat dengan jelas.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Masjid Bersejarah di Aceh, Cocok untuk Wisata Religi

4. Di tempat ini pengunjung bisa memancing di atas pohon yang tumbuh di permukaan laut

5 Fakta Unik Lhok Mee, Pantai Pasir Putih yang Memesona di Aceh Instagram.com/azmans_

Di pantai Lhok Mee terdapat beberapa pohon yang tumbuh di atas permukaan laut. Saat air laut surut, pohon-pohon ini asyik untuk menjadi tempat memancing bagi mereka yang menyukai dunia memancing. Sensasi memancing di atas pohon ini seru, sebab kegiatan memancing langsung di atas permukaan air.

Penduduk setempat menyebut pohon ini dengan nama pohon Geurumbang. Pohon ini memiliki tinggi sekitar 2 meter. Bagaimana, menarik bukan? Kapan lagi bisa memancing dengan suasana pantai yang bikin kamu semakin betah.

5. Tempat yang menjadi andalan untuk foto pernikahan

5 Fakta Unik Lhok Mee, Pantai Pasir Putih yang Memesona di Aceh Instagram.com/irvanjohansyah

Sebagian orang kerap menjadikan lokasi pantai Lhok Mee sebagai tempat untuk foto pernikahan atau pre-wedding. Ini karena lokasi pantai yang indah dan sangat cocok jadi tempat hunting foto. Makanya gak heran kalau pantai ini cocok jadi lokasi foto pernikahan dengan tema alam, yakni berfoto dengan latar pantai Lhok Mee yang bening dan biru ini.

Jika kamu ingin kemari, jangan khawatir jika tidak membawa bekal makanan. Sebab di tempat ini juga tersedia pondok yang menjual aneka menu makanan. Bagaimana, apa kamu tertarik mengunjungi pantai Lhok Mee?

Baca Juga: Bermakna Luas, Destinasi Wisata Halal di Aceh Layak Dikembangkan

Anggita RA Photo Community Writer Anggita RA

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You