Comscore Tracker

Mumpung Masih Musim Kemarau, 6 Wisata Air di Jogja ini Patut Dicoba

#PiknikAsik Yuk, segera kesana sebelum dihadang musim hujan!

Memasuki pertengahan bulan September, rasa-rasanya musim kemarau akan segera berakhir dan musim penghujan akan segera tiba. Tapi hal tersebut bukan jadi alasan untuk gak mengunjungi objek wisata air kan? Mumpung hujan masih jarang turun di Jogja, ada baiknya kamu gunakan momen ini untuk mengunjungi beberapa tempat wisata air bersama keluarga. 

Berikut 6 objek wisata air di Jogja yang bisa kamu kunjungi sebelum dihadang musim penghujan. Siapkan baju renangmu and check this out!

1. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark - Sleman

Mumpung Masih Musim Kemarau, 6 Wisata Air di Jogja ini Patut Dicobajogjabay.com

Waterpark tematik baru di daerah Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta ini bisa dibilang mejadi salah satu yang terluas dan terlengkap di Indonesia. Dengan total luas area 7 Ha, Jogja Bay memiliki 19 wahana permainan air yang siap kamu eksplor. Beberapa di antaranya adalah Memo Racer yang memiliki 8 lintasan seluncur, Bekti Adventure, Volcano Coaster, Jolie Raft River, Donte Wild River, Harbour Theater, dan lain sebagainya.

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark merupakan taman wisata air terbaru satu satunya di Indonesia dengan mengusung tema bajak laut yang memadukan unsur Pulau Jawa dan Eropa. Bukan cuma memiliki banyak wahana air, Jogja Bay juga dilengkapi dengan fasilitas toko merchandise bergaya Pirates, berbagai restoran dan cafe, museum air, mushola, penyewaan loker, dan masih banyak lagi.

Selama weekdays, Jogja Bay aka dibuka mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB sedangkan untuk weekend, water park ini akan buka lebih awal yaitu pada pukul 08.00 WIB. Tiket masuk ditawarkan mulai dari Rp 50.000, namun masih banyak pilihan paket lainnya dengan tarif yang bervariasi. Untuk info lengkapnya, kamu bisa mengunjungi http://www.jogjabay.com/.

2. Goa Pindul - Gunung Kidul

Mumpung Masih Musim Kemarau, 6 Wisata Air di Jogja ini Patut Dicobagoapindul.com

Kalau kamu berpikir bahwa wahana di waterpark terasa kurang alami, maka coba kunjungi Goa Pindul di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Gua Pindul terkenal oleh cara menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah dalam gua, atau lebih sering dikenal sebagai cave tubing.

Gak perlu takut, karena keamanan dan kenyamananmu sudah terjamin oleh para pemandu yang ramah dan profesional serta dilengkapi dengan fasilitas cave tubing yang memadai. Terdapat berbagai macam paket wisata yang ditawarkan oleh Goa Pindul dengan harga mulai dari Rp 40.000 per orang. Murah banget kan? Dengan tarif tersebut, kamu akan mendapatkan perlengkapan tubing berupa ban pelampung, jaket pelampung, sepatu karet dan head lamp. Gak lupa, kamu juga akan ditemani oleh seorang guide dan memperoleh asuransi jiwa.Tertarik?

3. Air Terjun Sri Gethuk - Gunung Kidul

Mumpung Masih Musim Kemarau, 6 Wisata Air di Jogja ini Patut Dicobapiknikasik.com

Air terjun Sri Gethuk salah satu spot wisata air di daerah Gunung Kidul yang keindahan alamnya masih sangat terawat dan asri. Air terjun yang memiliki tinggi 50 meter ini berasal dari 3 mata air yaitu mata air Ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul yang kemudian mengalir ke Sungai Oyo.

Sebenarnya air terjun ini mempunyai 2 nama yaitu air terjun Sri Gethuk dan air terjun Slempret. Nama ini berkaitan erat dengan mitos atau cerita masyarakat sekitar tentang seorang raja jin bernama Anggo Meduro yang sangat menyukai musik gamelan Jawa. Dipercaya bahwa air terjun inilah ia menyimpan alat musik tersebut. Menurut masyarakat sekitar air terjun, pada saat tertentu akan terdengar suara gamelan namun jika didekati maka suara tersebut akan menghilang. Waduh!

Jika ingin berkunjung ke air terjun ini kamu bisa datang ke Dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogjakarta. Akses menuju air terjunnya terbilang masih cukup jauh sehingga kamu di sediakan 2 pilihan, yaitu dengan tracking melewati jalanan yang di apit oleh sawah sejauh 450 meter atau menggunakan rakit sederhana menyusuri Sungai Oyo dengan biaya Rp 10.000 pulang pergi.

Baca Juga: Jangan Lewatkan 6 Wisata Budaya Ini Saat Liburan ke Kuningan

4. Air Terjun Kedung Kandang - Gunung Kidul

Mumpung Masih Musim Kemarau, 6 Wisata Air di Jogja ini Patut Dicobainstajogja.com

Air Terjun Kedung Kandang berada di kawasan Desa Wisata Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul Air terjun ini memiliki keunikan yaitu kontur bertingkat-tingkatnya yang terletak di tengah-tengah hamparan sawah nan hijau atau bahkan menguning ketika musim panen hampir tiba. Dijamin pemandangan ini bakal bikin mata dan pikiranmu kembali fresh walau cuma melihatnya dari kejauhan. Tapi sepertinya rugi banget kalau kamu gak menceburkan diri kesana kan?

Gak ada salahnya loh untuk mendekat ke area air terjun. Hanya saja kamu harus treking melewati pematang sawah dengan kondisi agak licin. Kamu harus selalu hati-hati dan waspada jika melewati daerah ini. Ingat! Kamu juga harus senantiasa menjaga kebersihan. Perhatikan pula untuk tidak menginjak-injak sawah milik warga sekitar kalau kamu tidak ingin mereka gagal panen. Waduh!

5. Pantai Nglambor - Gunung Kidul

Mumpung Masih Musim Kemarau, 6 Wisata Air di Jogja ini Patut Dicobadatawisata.com

Pantai Nglambor merupakan sebuah pantai eksotis yang terletak di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada sangat dekat atau persis di sebelah barat dari Pantai Siung dan sebelah timur dari Pantai Jogan, Gunung Kidul. Jika ingin ke pantai ini, kamu harus menempuh jarak kurang lebih 74 km dari pusat kota Jogja. Namun worth it kok, karena pantai ini menawarkan panorama yang sangat indah.

Di Pantai Nglambor, terdapat dua batu karang besar yang menyerupai kura-kura dan berada tepat di depan teluknya.Air lautnya yang jernih menjadikan para pengunjung dapat dengan leluasa melihat karang, rumput laut, ikan-ikan cantik berbagai warna saling berkejaran. Tak ketinggalan, kamu juga bisa melihat langsung aneka biota laut lainnya dari permukaan air.

Para pengunjung pun bisa berenang dan melakukan snorkeling di pantai ini tanpa perlu khawatir akan tergulung ombak besar. Kok bisa? Tentu saja bisa karena pantai Nglambor terletak di sebuah teluk sehingga memiliki arus yang cenderung tenang. Sudah terdapat banyak tempat penyewaan alat-alat snorkeling juga disana. Fasilitas homestay juga dapat dengan mudah kamu temui. Seringkali pantai ini bahkan dikunjungi oleh turis yang berasal dari luar kota bahkan luar negeri, seperti dari Belanda, Perancis dan Singapura. Yuk, ajak keluargamu liburan kemari!

6. Pantai Sadranan - Gunung Kidul

Mumpung Masih Musim Kemarau, 6 Wisata Air di Jogja ini Patut Dicobakitamuda.id

Bosan ke Parangtritis dan ingin snorkeling dengan biaya yang murah? Pantai Sadranan bisa jadi solusinya. Cukup dengan Rp 25.000 kamu sudah bisa snorkeling di lautan Pantai Sadranan. Gak cuma pemandangan bawah lautnya yang memukau, perbukitan di sekitar pantai ini juga sangat indah lho. Jadi bagi kamu yang kurang berminat untuk basah-basahan, bisa kok menikmati kesunyian Pantai Sadranan yang sangat istimewa dengan trekking di sekitarnya.

Pantai Sadranan terletak di Tepus, Gunung Kidul. Pantai ini juga merupakan rumah bagi beberapa spesies biota laut unik seperti ikan Lepu, Kerondong, Botana Kuning, Kepe-kepe, Areng-areng, dan masih banyak spesies lain yang akan menyambut kedatanganmu. Waktu terbaik untuk melakukan snorkeling di pantai ini adalah pada pagi, tengah, atau sore hari menjelang matahari terbenam. Segera tandai kalendermu buat mampir kesini!

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, cus kesana!

Baca Juga: Panorama Menakjubkan, Ini 5 Spot Wisata Yogyakarta di Atas Ketinggian

Annisa Rizki Photo Verified Writer Annisa Rizki

Instagram: @annisa9595

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You