Comscore Tracker

5 Fakta Unik Bosnia dan Herzegovina, Negara yang Merdeka pada 1 Maret 

Negara ini memiliki piramida tertua di dunia, lho

Di Eropa sebelah timur, terdapat sebuah negara yang bernama Bosnia dan Herzegovina. Negara ini resmi menyatakan kemerdekaannya pada 1 Maret 1992. Tahun ini, negara tersebut telah merayakan kemerdekaannya yang ke-29 tahun.

Negara yang memiliki ibu kota Sarajevo ini berbatasan langsung dengan Montenegro, Serbia, dan Kroasia.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang negara ini, berikut lima fakta unik Bosnia dan Herzegovina yang harus kamu ketahui.

1. Terdapat patung Bruce Lee di negara ini 

5 Fakta Unik Bosnia dan Herzegovina, Negara yang Merdeka pada 1 Maret cinemaescapist.com

Di bagian selatan negara Bosnia, terdapat sebuah kota yang bernama Mostar. Di kota tersebut terdapat sebuah patung yang berbentuk aktor ternama Bruce Lee. Patung ini mempunyai tinggi yang sama dengan manusia pada umumnya, yaitu 1,68 meter.

Patung ini merupakan simbol perlawanan terhadap perpecahan antar etnik di kota tersebut. Dalam sejarahnya, terdapat suku Serbs, Croats, dan Bosnians yang saling terpecah belah di kota ini. Bruce Lee dipilih menjadi simbol perlawanan karena diyakini dapat menyatukan perpecahan yang terjadi. 

2. Negara ini tidak mempunyai bahasa resmi  

5 Fakta Unik Bosnia dan Herzegovina, Negara yang Merdeka pada 1 Maret britic.co.uk

Bosnia dan Herzegovina merupakan salah satu dari sekian negara yang tidak mempunyai bahasa resmi. Secara de jure konstitusi di negara tersebut, tidak ada bahasa resmi yang wajib digunakan. Namun, secara de facto masyarakat Bosnia dan Herzegovina dapat menggunakan bahasa Bosnia, bahasa Serbia, hingga bahasa Kroasia.

Memang, ketiga bahasa tersebut merupakan bahasa yang paling sering digunakan oleh masyarakat di sana. Hal tersebut tak lepas dari keberagaman etnis di negara itu.

Baca Juga: 6 Potret Indah Mostar, Kota Negeri Dongeng di Bosnia-Herzegovina

3. Bosnia dan Herzegovina mempunyai piramida tertua di dunia

5 Fakta Unik Bosnia dan Herzegovina, Negara yang Merdeka pada 1 Maret sarajevotimes.com

Di sebelah utara negara ini, terdapat sebuah kota yang bernama Sarajevo. Kota ini ternyata memiliki sebuah perbukitan yang menjadi pemukiman warga di sana. Namun, ternyata kawasan tersebut bukanlah sebuah perbukitan. Kawasan ini merupakan piramida yang telah berevolusi sejak 30 ribu tahun lalu.

Hal tersebut menjadikan kawasan ini menjadi piramida tertua di dunia. Sebagai informasi, piramida ini mempunyai ketinggian hingga 213 meter, lho.

4. Masyarakat di sana melakukan tradisi menembakkan senjata api ke udara untuk merayakan momen penting  

5 Fakta Unik Bosnia dan Herzegovina, Negara yang Merdeka pada 1 Maret shouselaw.com

Negara ini pastinya memiliki tradisi-tradisi yang dilakukan oleh masyarakat di sana untuk merayakan acara-acara besar. Salah satu tradisi yang populer di negara ini ialah menembakkan senjata api ke udara untuk merayakan pernikahan ataupun kelahiran bayi. Kadang-kadang, tradisi tersebut juga dilakukan saat perayaan tahun baru.

Meskipun begitu, pada saat ini, tradisi tersebut mulai dibatasi oleh pemerintah setempat. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan. Bagi masyarakat yang ketahuan memiliki senjata api ilegal, mereka akan terjerat kasus hukum yang dapat memenjarakan sang pemilik.

5. Terdapat masjid pertama di dunia yang memakai listrik  

5 Fakta Unik Bosnia dan Herzegovina, Negara yang Merdeka pada 1 Maret kasadoo.com

Sebagian besar masyarakat Bosnia dan Herzegovina merupakan penganut agama Islam. Tak heran, jika terdapat banyak sekali masjid di negara tersebut. Pada abad ke-16, dibangun sebuah masjid yang bernama Gazi Husrev-bey di Kota Sarajevo.

Pada tahun 1898, masjid ini menjadi masjid pertama di dunia yang memakai aliran listrik untuk operasionalisasinya. Masjid tersebut merupakan salah satu ikon dan kebanggaan bagi masyarakat Bosnia dan Herzegovina.

Nah, itu dia lima fakta unik dari negara Bosnia dan Herzegovina yang telah merayakan kemerdekaannya. Selamat merayakan kemerdekaan bagi masyarakat Bosnia dan Herzegovina.

Baca Juga: 5 Film Mengisahkan Mengenai Kejamnya Perang Bosnia 

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya