Comscore Tracker

5 Tempat yang Wajib Kalian Kunjungi Ketika ke Pangandaran

Wajib masuk wishlist kamu

Nama Pangandaran mungkin masih kalah terkenal dibandingkan dengan Bali, Lombok, Gunung Kidul, dan Banyuwangi. Walaupun begitu, Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat ini sedang menjadi perbincangan banyak orang karena wisata alamnya yang menakjubkan. 

Pangandaran merupakan daerah baru, yakni hasil pemekaran dari Kabupaten Ciamis. Kabupaten ini resmi dimekarkan pada 25 Oktober 2012, terhitung sudah 8 tahun. Pangandaran berbatasan langsung dengan Kabupaten Ciamis di utara, Kabupaten Cilacap di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Tasikmalaya di barat.

Dalam bidang pariwisata, Pangandaran memiliki banyak destinasi yang menarik untuk didatangi oleh para wisatawan, baik lokal maupun internasional. Bahkan banyak artis, selebriti maupun influencer yang sudah ke sini, lho. Penasaran dengan keindahannya? Yuk, simak ulasan di bawah.

1. Pantai Timur

5 Tempat yang Wajib Kalian Kunjungi Ketika ke Pangandaranpotret Pantai Timur, Pangandaran (instagram.com/info_wisata_pantai_pangandaran)

Destinasi pertama adalah Pantai Timur. Pantai Timur merupakan bagian dari wisata Pantai Pangandaran yang wajib dikunjungi. Pantai Timur Pangandaran terletak di dalam kawasan Pantai Pangandaran, Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. 

Keberadaan Pantai Timur lebih dikembangkan menjadi area pelabuhan nelayan dan kawasan wisata kuliner pantai saja. Kebanyakan kapal untuk menangkap ikan milik nelayan berada disini dan nelayan bisa langsung menjualnya Pantai Timur. Mau beli seafood dengan harga yang lebih murah? Bisa langsung beli di sini. 

Sesuai dengan julukannya, Pantai Timur memiliki spot yang bagus untuk menikmati momentum matahari terbit atau sunrise. Pasalnya, posisinya menghadap langsung ke arah timur.

2. Pantai Barat

5 Tempat yang Wajib Kalian Kunjungi Ketika ke Pangandaranpotret pantai barat, Pangandaran (instagram.com/info_wisata_pantai_pangandaran)

Nah, untuk destinasi kedua ada Pantai Barat. Bukan hanya memiliki Pantai Timur yang cocok untuk menikmati matahari terbit, Pangandaran juga memiliki Pantai Barat untuk menikmati ketika matahari terbenam atau sunset.

Menjadi salah satu objek wisata andalan, Pemkab Pangandaran mengatur tata ruang dan taman di Pantai Barat. Perbedaan dulu dan sekarang terlihat jelas dari tatanannya. Sekarang Pantai Barat memiliki taman yang lebih tertata. 

Merupakan salah satu wisata paling populer di Jawa Barat. Kebanyakan orang memilih berlibur ke Pantai Barat dikarenakan pantai yang lebih luas, banyak penginapan, dan bisa menikmati sunset yang sangat indah

3. Pantai Pasir Putih

5 Tempat yang Wajib Kalian Kunjungi Ketika ke Pangandaranpotret Pantai Pasir Putih, Pangandaran (instagram.com/info_wisata_pantai_pangandaran)

Destinasi selanjutnya ada Pantai Pasir Putih. Sesuai namanya pantai yang terletak tak jauh dari Pantai Barat ini memiliki pasir yang berbeda dimana biasanya pasir lain berwarna hitam namun disini pasir tersebut berwarna putih.

Banyak sekali spot foto yang instagramable di Pantai Pasir Putih ini, seperti salah satunya berfoto dengan background bangkai kapal. Untuk mencapai Pantai Pasir Putih kita bisa dengan berjalan kaki dengan membeli tiket masuk ke dalam cagar alam atau menyewa perahu penduduk lokal dengan bonus menikmati indahnya biota bawah laut. 

Baca Juga: 5 Pantai dengan Garis Pantai Terpanjang di Gunung Kidul, Menawan!

4. Pantai Madasari

5 Tempat yang Wajib Kalian Kunjungi Ketika ke PangandaranPantai Madasari, Pangandaran (instagram.com/berandapangandaran)

Pantai Madasari masih tergolong sepi, karena masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Hanya penduduk lokal saja yang mengetahui. Namun belum lama ini Pantai Madasari sudah mulai ramai dikunjungi, berkat postingan salah satu artis ibu kota yang berfoto dengan background Pantai Madasari.

Pantai Madasari memiliki ciri khas berupa pulau-pulau karang kecil yang ada di lautan. Bukan hanya itu, salah satu daya tarik Pantai Madasari adalah pengunjung bisa melakukan aktivitas camping di pantai tersebut. 

5. Green Canyon

5 Tempat yang Wajib Kalian Kunjungi Ketika ke PangandaranGreen Canyon Pangandaran (instagram.com/berandapangandaran)

Destinasi terakhir adalah Green Canyon atau lebih dikenal sebagai cukang taneuh oleh warga sekitar. Green Canyon ini berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, kurang lebih 31 kilometer dari Pangandaran.

Asal-muasal nama Green Canyon sendiri adalah dari seorang turis asal Prancis yang datang pada tahun 1993. Hal ini dikarenakan karena airnya yang jernih kehijauan dari sungai dan lumut hijau berlimpah di sisi tebing. 

Untuk mencapai Green Canyon sendiri dari dermaga Ciseureuh, Anda harus menempuh perjalanan 30—40 menit dengan menggunakan perahu modern atau biasa disebut ketinting. Ketinting ini akan membawa anda menyusuri sungai. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi oleh pepohonan yang hijau dan tebing yang tinggi. Jika beruntung, anda dapat melihat satwa di tepi sungai. Bukan hanya itu, Anda juga dapat menikmati air terjun yang turun langsung dari sisi tebing.

Nah, itu dia tempat yang wajib kalian kunjungi ketika hendak berwisata ke Pangandaran. Masih banyak lagi wisata Pangandaran yang belum terekspos oleh dunia luar. Semoga bisa mengunjungi salah satu atau bahkan semuanya setelah pandemik COVID-19 ini berakhir, ya. 

Ari Fatah Asrofi Photo Writer Ari Fatah Asrofi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya