Comscore Tracker

5 Spot Sunrise Terpopuler di Jawa tengah dan Jawa Timur, Menakjubkan!

Keindahannya memukau

Keindahan dari momen terbitnya matahari atau sunrise, selalu dinantikan oleh banyak orang. Bahkan beberapa orang rela bangun lebih awal, untuk menantikan momen terbitnya matahari di tempat-tempat tertentu. 

Lima lokasi di Jawa Tengah dan Jawa Timur ini, selalu ramai dibicarakan oleh masyarakat. Karena tempat-tempat tersebut, punya spot untuk melihat sunrise yang keren banget. Untuk mengetahui dimana lima lokasi tersebut, yuk simak di bawah ini! 

1. Gunung Bromo

5 Spot Sunrise Terpopuler di Jawa tengah dan Jawa Timur, Menakjubkan!Bromo (dokumen.pribadi/FadhilaLuqyana)

Gunung Bromo, selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Karena gunung bromo memiliki pemandangan yang keren, terutama buat yang hobi fotografi. Gunung Bromo bisa jadi tempat yang pas untuk mengabadikan momen, dengan pemandangan yang ciamik. 

Gunung Bromo ramai dikunjungi wisatawan di waktu-waktu tertentu, misalnya saat sunrise akan tiba. Keindahan sunrise di Gunung Bromo, sudah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia.

Sejak pukul tiga pagi, warung-warung kopi di sekitar kawasan Bromo sudah mulai ramai dipadati oleh pengunjung yang ingin menyaksikan momen sunrise di Gunung Bromo. 

2. Gunung Ijen

5 Spot Sunrise Terpopuler di Jawa tengah dan Jawa Timur, Menakjubkan!Gunung ijen (unsplash.com/tandukuda)

Selain memiliki fenomena langka berupa api biru atau biasa disebut dengan blue fire, Gunung Ijen juga memiliki daya tarik lain, yaitu spot sunrise yang keren. Sunrise di Gunung Ijen, menjadi momen yang banyak ditunggu oleh wisatawan yang berkunjung ke Gunung Ijen. 

Biasanya pada tengah malam, kawasan Gunung Ijen sudah ramai dipadati oleh orang-orang yang mendaki. Sambil menunggu momen sunrise tiba, wisatawan dapat turun menuju kawah untuk melihat fenomena blue fire secara langsung. 

3. Punthuk Setumbu

5 Spot Sunrise Terpopuler di Jawa tengah dan Jawa Timur, Menakjubkan!Punthuk Setumbu (unsplash.com/kabutpelangi)

Punthuk Setumbu sempat menjadi lokasi wisata yang viral setelah tayangnya film AADC 2. Punthuk Setumbu menjadi tempat pertemuan antara Cinta dan Rangga. Adegan ini juga menampilkan momen sunrise yang mengagumkan, sehingga banyak penonton yang takjub dengan keindahannya. 

Pengunjung yang datang kesini, juga akan melihat pemandangan Candi Borobudur yang diselimuti oleh awan. Punthuk Setumbu, berlokasi di Magelang, Jawa Tengah dan letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur. 

4. Bukit Sikunir Dieng

5 Spot Sunrise Terpopuler di Jawa tengah dan Jawa Timur, Menakjubkan!Bukit Sikunir (unsplash.com/nusakelana)

Dinginnya udara Dieng, tidak menyurutkan semangat pengunjung untuk mengabadikan momen sunrise di Bukit Sikunir. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang populer di Jawa tengah, karena adanya golden sunrise. 

Julukan golden sunrise diberikan, karena pada saat itu langit berwarna kuning keemasan. Jika cuaca cerah, dari Bukit Sikunir pengunjung dapat melihat pemandangan Gunung-gunung seperti Merapi, Sindoro, Sumbing, Merbabu, dan Gunung Prau.  

5. Gunung Andong

5 Spot Sunrise Terpopuler di Jawa tengah dan Jawa Timur, Menakjubkan!Gunung Andong (unsplash.com/abdiemes)

Buat yang hobi naik gunung, pasti tahu mengenai kecantikan sunrise yang ada di Gunung Andong. Sunrise di Gunung Andong selalu dinantikan oleh para pendaki, dan dapat membuat orang ingin mendaki gunung ini. 

Gunung yang berlokasi di Magelang ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada hari-hari libur. Gunung Andong juga dikatakan memiliki golden sunrise, dan akan terlihat lebih jelas di musim kemarau. 

Itu dia, lima spot sunrise terpopuler di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kalau ada kesempatan, tempat mana yang ingin kamu pilih untuk liat sunrise

Baca Juga: 9 Fakta Gunung Wilis, Gunung di Jawa Timur dengan Banyak Puncak

fadhila luqyana Photo Verified Writer fadhila luqyana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya