Comscore Tracker

5 Tips Solo Traveling dengan Budget Minim, Cobain, yuk!

Perencanaan harus matang agar liburan tetap seru

Traveling dengan teman-teman ataupun keluarga, memang suatu hal yang menyenangkan. Tetapi menjadi solo traveler, tidak kalah menyenangkan, lho. Dengan melakukan solo traveling, kamu akan menjadi pribadi yang lebih mandiri dan kaya akan pengalaman berharga. 

Dengan solo traveling, kamu juga akan lebih leluasa untuk menentukan kemana kamu akan pergi. Namun sebelum memutuskan untuk jadi solo traveler, pastikan kamu memiliki anggaran yang cukup untuk traveling seorang diri. Jika masalah dana sudah aman, lima tips di bawah ini mungkin bisa kamu ikuti untuk meminimalisir pengeluaranmu selama traveling. Yuk, disimak!

1. Membuat planning sebelum berangkat

5 Tips Solo Traveling dengan Budget Minim, Cobain, yuk!Plan perjalanan (unsplash.com/thatsherbusiness)

Sebelum memulai traveling, alangkah baiknya jika kamu sudah membuat planning perjalanan. Pastikan juga planning yang kamu buat sesuai dengan anggaran yang kamu miliki. Dengan adanya planning, perjalananmu akan lebih terarah dan tentunya kamu akan lebih siap untuk mengeluarkan dana. 

Sebelum membuat planning, cari tahu dulu tempat apa saja yang nantinya akan kamu kunjungi. Mulai dari tempat makan, tempat wisata, transportasi apa yang akan kamu gunakan sebisa mungkin tercatat dengan baik. Buatlah plan perjalananmu saat sampai di kota tujuan, hingga kamu kembali ke rumah.

2. Gunakan transportasi umum untuk bepergian

5 Tips Solo Traveling dengan Budget Minim, Cobain, yuk!Transportasi umum (unsplash.com/ryohariantoo)

Buat yang mau traveling dengan budget minim, disarankan untuk berjalan kaki saat hendak bepergian. Selain hemat pengeluaran, dengan berjalan kaki kamu akan lebih menikmati suasana sekitar dan bebas untuk berhenti dimanapun dan kapanpun yang kamu mau. 

Namun jika dirasa jalan kaki terlalu jauh untuk menjangkau tempat tujuan, kamu bisa menggunakan transportasi umum yang ada di kota tersebut. Transportasi umum tarifnya cenderung lebih murah dibandingkan transportasi lainnya. Kalau kamu takut kesasar, jangan sungkan untuk bertanya pada petugas transportasi tersebut, ya!.

Baca Juga: 10 Bahasa Mandarin Dasar yang Perlu Dipahami saat Traveling ke China

3. Pilihlah hotel capsul atau dormitory

5 Tips Solo Traveling dengan Budget Minim, Cobain, yuk!Hotel capsul (unsplash.com/alecfavale)

Hotel capsul dan dormitory, saat ini sedang trend dikalangan traveler. Umumnya, capsul hotel dan dormitory memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan hotel-hotel pada umumnya. Kedua tempat tersebut, sangat cocok untuk para solo traveler. 

Di hotel capsul ataupun dormitory, masing-masing pengunjung akan mendapatkan satu tempat tidur yang hanya dapat digunakan oleh satu orang. Sedangkan untuk kamar mandi berada di area luar kamar, dan digunakan bersama dengan pengunjung lainnya. Buat kamu yang memilih hotel capsul ataupun dormitory, pastikan selalu taruh barang-barangmu di tempat yang aman ya. 

4. Buka jasa penitipan oleh-oleh

5 Tips Solo Traveling dengan Budget Minim, Cobain, yuk!ilustrasi berbelanja (unsplash.com/dylu)

Selain menekan pengeluaran, menambah pemasukan dengan membuka jasa titip oleh-oleh bisa jadi cara jitu untuk meminimalisir biaya selama traveling. Anggap saja uang hasil dari jasa titip tersebut, bisa menjadi pengganti dana transportasi perjalananmu. 

Kamu bisa menawarkannya pada kerabat, teman, atau mempostingnya di sosial media yang kamu miliki. Selain menambah pemasukan saat traveling, buka jasa titip juga bisa jadi ajang cuci mata di tempat oleh-oleh. 

5. Ikut open trip atau tour wisata

5 Tips Solo Traveling dengan Budget Minim, Cobain, yuk!ilustrasi tour guide (unsplash.com/bhurnal)

Salah satu pilihan yang tepat jika kamu adalah traveler yang menyukai hal-hal praktis dan anti ribet. Saat ini sudah banyak agen yang membuka jasa tour wisata dengan harga yang cukup terjangkau. Pastikan agen yang kamu pilih sudah berpengalaman dan terpercaya, ya!

Tips yang satu ini cocok banget buat para solotraveler. Umumnya, jasa tour wisata tersebut sudah menyiapkan segala hal yang kamu butuhkan, mulai dari akomodasi, makan, hotel, dll. Tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi juga sudah ditentukan, jadi kamu tinggal duduk manis deh. 

Saat berencana melakukan solo traveling, pastikan persiapanmu sudah matang ya!, mulai dari fisik yang sehat serta budget yang sudah disiapkan. Pastikan pengeluaran yang kamu gunakan nantinya sudah sesuai dengan rencana awalmu, jangan sampe over budget. Selamat berlibur!

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Rambut Tetap Sehat Buat yang Hobi Traveling Pakai Motor

Renjana Aksara Photo Verified Writer Renjana Aksara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya