Comscore Tracker

7 Fakta Unik Sikkim, Negara Bagian India dengan 11 Bahasa Resmi 

Yuk, lihat keunikan Sikkim yang tersembunyi!

Sikkim adalah negara bagian India yang terkurung daratan Asia Tengah dan berlokasi di Pegunungan Himalaya sama seperti Bhutan dan Nepal. Sikkim memiliki iklim subtropis dengan kondisi geografis berupa dataran tinggi yang indah dan bersalju.

Negara bagian ini memiliki penduduk kurang lebih 500.000 jiwa atau kira-kira sama dengan penduduk di kota Solo sehingga tidak mengherankan kalau di negara bagian ini terbilang sepi penduduk.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu banyak tentang keunikan apa saja di Sikkim, yuk langsung saja simak informasi berikut.

1. Hampir menjadi negara monarki (kerajaan) tertua di dunia

7 Fakta Unik Sikkim, Negara Bagian India dengan 11 Bahasa Resmi Pixabay/Devanath

Sebelum menjadi negara bagian di India, Sikkim merupakan wilayah yang memiliki bentuk negara monarki kecil yang sudah ada pada abad ke-9 masehi. Konon legenda setempat mengatakan bahwa Sikkim pernah dikunjungi orang suci Buddha abad ke-9. Kemudian menyebarkan ajaran Buddha kepada masyarakat serta membentuk pemerintahan monarki kecil di sana.

Namun pada pertengahan akhir abad ke-20 Sikkim memutuskan untuk bergabung ke India modern. Hal ini dikarenakan Sikkim memiliki banyak kendala dalam melakukan kegiatan pemerintahan.

Alasan yang lebih krusial yaitu keuangan di Sikkim semakin tidak menentu sehingga banyak sektor dihentikan secara permanen. Padahal monarki di Sikkim sudah berjalan selama seribu tahun lebih sehingga Sikkim akhirnya resmi bergabung ke India modern pada tahun 1975.

2. Memiliki 11 bahasa resmi

7 Fakta Unik Sikkim, Negara Bagian India dengan 11 Bahasa Resmi Pixabay/Pralay

Sikkim adalah salah satu negara bagian dengan bahasa resmi terbanyak di dunia yaitu memiliki 11 bahasa resmi. Bahasa resmi yang diakui Sikkim yaitu : Nepali, Bhutia, Lepcha, Limbu, Newari, Rai, Gurung, Mangar, Sherpa, Tamang, dan Sunwar.

Karena memiliki banyak bahasa resmi, membuat kondisi lalu lintas Sikkim pernah kacau karena banyak sekali bahasa yang ditampilkan sering membuat bingung atau tidak dimengerti.

Di kehidupan sehari hari, penduduk pun sulit berbicara pada penduduk lain yang berbeda bahasa.

3. Meskipun negara bagian India, mayoritas etnisnya adalah Nepal

7 Fakta Unik Sikkim, Negara Bagian India dengan 11 Bahasa Resmi Pixabay/sasint

Sikkim adalah negara bagian India dengan penduduk mayoritasnya adalah etnis dari negara tetangganya sendiri yaitu Nepal.

Uniknya, bahasa Nepal menjadi bahasa resmi dan bahasa yang sering digunakan di Sikkim.

Selain jadi bahasa resmi, bahasa Nepal juga menjadi bahasa pemersatu ( lingua franca ) bagi Sikkim.

Baca Juga: 10 Makanan Khas India yang Populer di Indonesia Selama Ramadan

4. Menjadi pintu terbuka antara India dan Tiongkok

7 Fakta Unik Sikkim, Negara Bagian India dengan 11 Bahasa Resmi Pixabay/wasyms

Karena letak Sikkim yang sangat strategis antara India dan Tiongkok, Sikkim menjadi wilayah yang dibuka khusus oleh Pemerintah India sebagai kawasan perbatasan terbuka bagi Tiongkok.

Tentu banyak orang Tiongkok dan India yang lalu lalang di Sikkim untuk melanjutkan perjalanan atau sekadar berwisata di Sikkim.

5. Bandara ke-100 dan tercantik di India adalah di Sikkim

7 Fakta Unik Sikkim, Negara Bagian India dengan 11 Bahasa Resmi travel.detik.com

Pada tahun 2018, pemerintah India memiliki bandara baru yang ada di Sikkim. Bandara ini berlokasi di daerah Pakyong, Sikkim. Karena berlokasi di Pakyong, bandara tersebut bernama Pakyong Airport.

Uniknya Pakyong Airport adalah bandara yang dibuat dan selesai di india pas ke-100. Selain itu Pakyong Airport adalah bandara terindah yang ada di India bahkan di dunia karna berada di Pegunungan Himalaya.

6. Sikkim memiliki gunung tertinggi ke-3 di dunia

7 Fakta Unik Sikkim, Negara Bagian India dengan 11 Bahasa Resmi Pixabay/apazo

Sikkim memiliki gunung tertinggi ke-3 di dunia setelah Everest dan Chogori. Gunung tersebut bernama gunung Kanchenjunga. Dalam bahasa setempat Kangchenjunga berarti 5 harta karun salju.

Arti tersebut melambangkan gunung Kanchenjunga yang memiliki 5 puncak yaitu : Kanchenjunga Utama, Kanchenjunga Barat, Kanchenjunga tengah, Kanchenjunga Selatan, dan Kanbachen.

7. Dijuluki negeri dongengnya Himalaya

7 Fakta Unik Sikkim, Negara Bagian India dengan 11 Bahasa Resmi Pixabay/Devanath

Fakta unik Sikkim terakhir yaitu sering disebut orang sebagai negeri dongengnya Himalaya. Julukan tersebut memang tepat untuk Sikkim dikarenakan banyak sekali warna-warni kehidupan di sana.

Warna-warni tersebut tidak cukup tercermin dari gaya arsitekturnya yang menawan, tetapi juga berbagai kebudayaan berpadu dan masyarakat yang ramah. Ditambah lagi pemandangan Pegunungan Himalaya yang sangat eksotis membuat Sikkim adalah salah satu destinasi terbaik di Himalaya.

Jika kamu kebetulan sedang traveling ke India, jangan lupa untuk singgah di Sikkim ya dan saksikan keunikannya dengan mata kepalamu sendiri.

Baca Juga: 6 Khasiat Teh Chai Latte Khas India Berdasarkan Rincian Bahannya

Aryohaji Istyawan Photo Writer Aryohaji Istyawan

Life is Beautiful. By living carefully. Look at me on IG Sizama77.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya